Seremoni Pelantikan Presiden Amerika Serikat Yang Harus Anda Ketahui

"Setelah selesai, acara dilanjutkan dengan parade dari Pensylvania Avenue ke Gedung Putih. Prosesi pelantikan Presiden ditutup dengan pesta dansa yang sudah menjadi tradisi pelantikan Presiden Amerika Serikat sejak tahun 1739. "

Seremoni Pelantikan Presiden Amerika Serikat Yang Harus Anda Ketahui


Donald Trump baru saja dilantik menjadi Presiden ke-45 Amerika Serikat (AS), pada Jumat, 20 Januari 2017 lalu. Seperti tradisi pelantikan Presiden AS yang sudah-sudah, inaugurasi itu berlangsung meriah dengan tradisi penyelenggaraan yang tidak berubah sejak lama. Menurut catatan kami, ada delapan prosesi inaugurasi yang telah dilakukan oleh Donald Trump. Berikut adalah urutannya.

Tradisi pelantikan Presiden Amerika Serikat dimulai dengan doa pagi di Gereja Episcopal Santo Yosep. Selanjutnya, Presiden terpilih dan Mantan Presiden Amerika Serikat, akan bertemu di Gedung Putih. Inilah tradisi pelantikan Presiden Amerika Serikat yang kedua. Mereka berdua selanjutnya menuju pelataran yang telah disiapkan (berukuran 929.0304 meter per segi) di Capitol Hill.

Tradisi pelantikan Presiden Amerika Serikat yang ketiga adalah pengambilan sumpah Wakil Presiden terpilih yang dibacakan oleh Hakim Agung Amerika Serikat.

Selanjutnya, tepat pukul 12.00 waktu Washington, Amerika Serikat, Tradisi pelantikan Presiden Amerika Serikat dilanjutkan dengan ucapan sumpah yang dibacakan oleh Ketua Mahkamah Agung AS. Setelahnya, korps musik akan memainkan lagu Hail to the Chief disusul tembakan meriam sebanyak 21 kali. Tradisi pelantikan Presiden Amerika Serikat yang kelima adalah pidato pelantikan Donald Trump, diikuti oleh tradisi makan siang digelar di ruang Statuary di Gedung Capitol. Ini termasuk pula pidato dan penyajian makanan dari negara bagian asal Presiden terpilih.

Setelah selesai, acara dilanjutkan dengan parade dari Pensylvania Avenue ke Gedung Putih. Prosesi pelantikan Presiden ditutup dengan pesta dansa yang sudah menjadi tradisi pelantikan Presiden Amerika Serikat sejak tahun 1739.


Photo: Reuters

 

Indra Christianto

close