Semarang Sebagai Tuan Rumah IQE ke Tujuh

“Jawa Tengah telah membuktikan komitmennya dalam menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang pada tahun 2018 kami atas nama pemerintah RI memberikan penghargaan Tokoh Standardisasi kepada Bapak Ganjar Pranowo, Kepala Daerah Provinsi Jawa Tengah.Oleh karenanya, kami menilai Jawa Tengah sangat tepat untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan IQE"

Semarang Sebagai Tuan Rumah IQE ke Tujuh

Telegraf, Jakarta – Kembali Badan Standardisasi Nasional (BSN) selenggarakan Indonesia Quality Expo (IQE) yang ke-7, di Semarang Jawa Tengah.

Kepala Biro Humas, Kerjasama, dan Layanan Informasi BSN, Nasrudin Irawan dalam Ngobrol Bareng Santai Standar Nasional Indonesia (NGOBRAS SNI) di Jakarta (26/04/2019) mengatakan, Jawa Tengah sangat tepat bagi penyelenggaraan IQE 2019.

“Jawa Tengah telah membuktikan komitmennya dalam menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang pada tahun 2018 kami atas nama pemerintah RI memberikan penghargaan Tokoh Standardisasi kepada Bapak Ganjar Pranowo, Kepala Daerah Provinsi Jawa Tengah.Oleh karenanya, kami menilai Jawa Tengah sangat tepat untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan IQE,” ungkapnya.

Terbukti Jawa tengah dari tahun 2015 hingga akhir tahun 2018 industri yang sudah menerapkan SNI mengalami peningkatan dari 11.842 industri pada tahun 2018 mencapai 13.819 industri, dan 115 industri yang sudah memiliki sertifikasi SNI.

Nazarudin menjelaskan untuk Lembaga Penilaian Kesesuaian (Laboratorium pengujian/kalibrasi/medik, Lembaga Sertifikasi, Lembaga inspeksi) yang sudah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) di Jawa Tengah yang siap mendukung kegiatan sertifikasi SNI sebanyak 63 LPK.

“Berkaitan dengan infrastruktur mutu, saya menilai Jawa Tengah sangat siap memperkuat daya saing produk baik lokal maupun nasional dengan meningkatkan kualitas infrastruktur mutunya,” kata Nasrudin

Dukungan atas penyelenggaraan IQE juga diungkapkan Kepala Bidang Standarisasi Perlindungan Konsumen Disperindag Provinsi Jawa Tengah, Mukti Sarjono. Ia mengatakan bahwa pihaknya mendukung pelaksanaan IQE serta terus melakukan bimbingan dan sertifikasi kepada IKM.

Hal sama juga disampaikan Kepala Bidang Aneka Industri Dinas Perindustrian Kota Semarang Solekan yang menyampaikan Pemkot semarang setiap tahun melakukan sosialisasi SNI dan setelah dilakukan pembinaan pada tahun 2017-2018.

Baca Juga  BPH Migas Usulkan Dana Iuran 1 Triliun Untuk BBM Satu Harga

Bersamaan dengan IQE juga diadakan kampanye konvoi kendaraan listrik dan sepeda ber SNI, yang bertujuan menyuarakan pentingnya produknya ber SNI, serta pengunaan kendaraan listrik dan produk-produk lain yang ber-SNI serta mendukung program pemerintah Langit Biru.

“Dalam rangkaian IQE 2019, acara akan diawali dan dimeriahkan dengan Konvoi Kampanye Kendaraan Listrik & Sepeda Ber-SNI 2019. mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik dan produk-produk lain yang ber-SNI serta mendukung program pemerintah Langit Biru,” tandas Solehan

Nasrudin menegaskan Jawa Tengah dipilih BSN menjadi tempat pelaksanaan kegiatan karena BSN menilai Provinsi Jawa Tengah berkomitmen tinggi dalam mewujudkan langit biru yang ditandai dengan diterimanya penghargaan Pengembangan Green Energy “Anugerah Energi Prabawa 2018” oleh Menteri ESDM. Jateng menjadi satu-satunya provinsi yang menerima penghargaan tersebut. (Red)


Credit Photo : Semarang Sebagai Tuan Rumah IQE ke Tujuh/istimewa /ati kurnia



Share



Komentar Anda