Saber Pungli Terima 16 Ribu Aduan Masyarakat

“Sebagian sudah kita sampaikan kepada instansi terkait, yang memang terlibat masalah pungli itu,”

Saber Pungli Terima 16 Ribu Aduan Masyarakat

Telegraf, Jakarta – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, mengevaluasi kinerja Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau Satgas Saber Pungli.

“Saya selalu melakukan kontrol pengawasan dan pengendalian terhadap Satgas Saber Pungli. Ini kemajuannya sudah sangat bagus, karena kita sudah mendapatkan sejumlah laporan, sekitar 16 ribu lebih yang lapor,” kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Jumat, (9/12/2016).

Wiranto menjelaskan, dari 16 ribu laporan yang masuk itu, sebagian sudah diklasifikasi dan diproses pada instansi terkait, agar bisa dilakukan perbaikan.

“Sebagian sudah kita sampaikan kepada instansi terkait, yang memang terlibat masalah pungli itu,” ujarnya

Purnawirawan Jenderal TNI ini mengklaim, meski baru beberapa bulan dibentuk, tapi sudah ada efek positif yang dihasilkan satgas ini. “Kami menilai bahwa semangat untuk pungli itu sebagian besar sudah kita kikis. Karena ternyata laporan dari masyarakat itu sangat efektif,” ujarnya.

Menurut Wiranto, ada semangat yang sama di masyarakat untuk melaporkan setiap aktivitas pungli. “Dan laporan ini sesungguhnya kita perlukan, karena dengan laporan ini sesungguhnya kita bisa bereaksi lebih cepat lagi,” ujarnya.

Wiranto meminta masyarakat agar terus memberikan laporan bila mengetahui telah terjadi pungli. Dia meminta masyarakat agar tak takut melaporkan.

“Kita kan sudah menjamin bahwa pelapor tidak kita ekspose (ungkap).” (Red)

Photo credit : Ist. Photo


 

KBI Telegraf

close