Telegraf, Jogjakarta – Pengerjaan revitalisasi pedestrian sisi timur Malioboro terus dikejar hingga masuk pertengahan November 2016 ini. Ditargetkan, pengerjaan selesai sebelum libur akhir tahun 2016 paling tidak hingga sebelah utara Pasar Beringharjo.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUP ESDM, Muhammad Mansyur mengatakan pihaknya optimis pada libur akhir tahun nanti pedestrian sisi timur sudah bisa dilakui wisatawan dengan nyaman. Menurut dia, nantinya ada dua keran air siap minum yang bisa diakses bebas oleh masyarakat dan wisatawan yang berada di Malioboro.

“Nanti saat libur Natal dan Tahun Baru sudah selesai sampai Pasar Beringharjo, jadi masyarakat dan wisatawan bisa nyaman berjalan di sisi timur Malioboro. Nanti ada dua keran air siap minum di depan Dinas Pariwisata DIY dan Kompleks Kepatihan, untuk minum masyarakat dan wisatawan kita akan awasi,” terang Mansyur saat ditemui di Kepatihan, Jumat (11/11/2016).

Mansyur juga mengingatkan para pedagang kaki lima di sepanjang sisi timur agar menjaga kebersihan teraso yang memang baru saja dipasang. “Kotoran dan sisa makanan harus benar-benar dibersihkan, jangan kemudian merusak teraso, kami berharap para pedagang memahami betul hal ini,” lanjutnya.

Para pekerja sendiri terus mengebut pengerjaan sisi timur pedestrian Malioboro. Di sebelah utara hingga depan Malioboro Mall tampak teraso sudah mulai terpasang hanya tinggal membenahi beberapa hal. Jalur difabel pun sudah terlihat tersusun rapi hingga depan kompleks DPRD DIY untuk memudahkan akses kaum disabilitas yang berada di kawasan Malioboro. (Krj)