Resmi Sudah Marsekal Hadi Tjahjanto Gantikan Jenderal Gatot Nurmantyo

Resmi Sudah Marsekal Hadi Tjahjanto Gantikan Jenderal Gatot Nurmantyo

"Memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan mengangkat Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI,"

Resmi Sudah Marsekal Hadi Tjahjanto Gantikan Jenderal Gatot Nurmantyo


Telegraf, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang kini telah memasuki masa pensiun.

Dalam pelantikan yang diadakan di Istana Negara tersebut berdasarkan Keputusan Presiden No. 83/2017. Acara dijadwalkan pada 16.30 WIB, tetapi baru dimulai pada 17.00 WIB.

Presiden Jokowi memimpin pelantikan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima baru TNI menggantikan Gatot Nurmantyo yang pensiun.

“Memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan mengangkat Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI,” seperti dikutip dalam Kepres yang dibacakan, Jumat (08/12/2017).

Jokowi mengusulkan Hadi menjadi calon panglima TNI tunggal kepada DPR sejak 4 Desember 2017. Usulan penggantian muncul karena Jenderal Gatot Nurmantyo memasuki masa pensiun pada Maret 2018.

Hadi diketahui telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi Pertahanan Dewan Perwakilan Rakyat pada 6 Desember 2017. Usulan tersebut disetujui dalam rapat paripurna pada Kamis, (07/12/2017).

Hadi memulai kariernya sebagai pilot TNI Angkatan Udara di Skadron 4 Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur. Sebelumnya, dia menempuh pendidikan militer di Akademi Angkatan Udara pada 1986 dan Sekolah Penerbang TNI-Angkatan Udara pada 1987.

Kedekatan dengan Jokowi terbina saat Hadi menjabat sebagai Danlanud Adi Sumarmo, Solo pada 2010-2011. Pada periode tersebut, Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo waktu itu.

Pada 2013-2015, dia ditugaskan sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara. Kemudian pada 2015, Hadi menjadi Komandan Lanud Abdurachman Saleh, Malang.

Seiring Jokowi yang menjadi Presiden, peruntungan Hadi ikut membaik. Pada awal pemerintahan Jokowi, dia ditunjuk sebagai Sekretaris Militer di bawah lembaga Kementerian Sekretariat Negara.

Hadi juga mendapat promosi pada 2016 dengan menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan. Pada 18 Januari 2017, Jokowi melantik Marsekal Madya Hadi Tjahjanto sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Photo Credit : Dok/Ist. Photo


KBI Telegraf

close