Rebut Pasar Kurma Dalam Negeri ini Caranya

Oleh : Atti K.

Telegraf – Jelang ramadhan kebutuhan kurma dalam negeri dipastikan meningkat, karena saat berbuka puasa buah kurma menjadi makanan yang dianjurkan untuk di konsumsi, selain salah satu buah yang dikonsumsi oleh Rasullullah SAW, kurma juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.

Banyaknya jenis kurma yang masuk ke Indonesia Marlina Iryatie, CEO of Insight First Asia, marketing strategist company of Kurma Hijra mengatakan ada 2 strategi untuk merebut pasar dalam negeri.

“Untuk merebut pasar dalam negeri kita memiliki dua strategi, yaitu strategi push dan pull,” ungkap Marlina dalam konfrensi pers yang di gelar melalui media daring, Rabu (16/2).

Untuk strategi push, Marlina menjelaskan produk kurma hijra harus ada di setiap outlate, tidak hanya exis tetapi juga availible, “artinya secara orang masuk kedalm dia (produk kurmanya) langsung kelihatan dan feasible,” tutur Marlina. Sementara untuk strategi pull, menancapkan brand ke benaknya konsumen dengan cara melakukan marketing strategi, yang menginformasikan ke konsumen bahwa kurma hijrah itu manis dan berkah.

Marlina menerangkan bahwa untuk tahun 2022 kebutuhan mencapai 50 kontainer dan di impor langsung dari Tunisia. Ia juga mengatakan bahwa Muasim Pandemi Covid -19 permintaan justru meningkat. “Tahun lalu bulan Januari sudah ada permintaan sebelum gelombang kedua covid. Jastru awal awal covid kita full permintaan, bahkan 1 minggu di Ramadhan kita stocnya sudah habis,” imbuhnya.

Untuk pasar sendiri, menurut Herlina, Indonesia sangat besar. Masih banyak daerah yang belum terjamah.

Misalnya, untuk kurma Hijra sendiri dijual di toko ritel dan online. Selama ada toko ritel, maka disitu ada kurma Hijra. Penjualan juga tidak hanya pas Ramadhan saja.

Selain dua strategi yang di lakukan kurma Hijra juga melakukan kampanye #Hijra30HariPenuhBerkah, mengajak masyarakat tularkan ide, pesan, atau perilaku bermakna untuk meningkatkan energi semangat baru di tengah pandemi saat ini.

“Kurma Hijra dengan kampanye #Hijra30HariPenuhBerkah yang mengajak konsumen mengikuti tantangannya dengan berbagi kisah heroik, inspiratif, bermakna dan berkah dalam bentuk video dan foto dan berkesempatan memenangkan hadiah mingguan dan hadiah utama 1 unit motor listrik Gesit,” kata marlina.

Photo Credit : Petani Kurma Tunisia sedang memanen/Doc/Ist 

Lainnya Dari Telegraf