Raja Salman Ingin Tingkatan Hubungan Bilateral Dengan Indonesia

“Semoga kunjungan ini dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan bilateral antara kedua negara kita di berbagai bidang,”

Raja Salman Ingin Tingkatan Hubungan Bilateral Dengan Indonesia


Telegraf, Jakarta – Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al Saud menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas sambutan hangat yang diberikan sejak di Indonesia, pada Rabu (1/3/2017) siang.

“Semoga kunjungan ini dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan bilateral antara kedua negara kita di berbagai bidang,” kata Raja Salman saat memberikan sambutan usai jamuan makan siang, di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3/2017).

Raja Salman berharap, kunjungannya ke Indonesia yang membawa sejumlah menteri dapat memenui harapan dan keinginan kedua bangsa  yang bersahabat.

“Kita berdoa kepada Allah SWT dapat memberikan kesuksesan kita bersama,” pungkas Raja Arab Saudi itu. Tampak hadir dalam kesempatan itu para menteri dari kedua negara.

Presiden Jokowi mengemukakan bahwa kunjungan Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud merupakan titik tolak bagi peningkatan hubungan kerja sama Indonesia dan Arab Saudi.

“Kunjungan Sri Baginda Raja ini menjadi titik tolak bagi peningkatan hubungan Indonesia dan Arab Saudi yang dipersatukan oleh Islam, oleh persaudaraan, dan hubungan yang saling menguntungkan,” kata Jokowi

Jokowi mengatakan bahwa sebagai negara dengan penduduk Muslim paling besar di dunia, tentunya Bangsa Indonesia akan selalu memiliki ikatan khusus dengan Arab Saudi.

“Indonesia dan Arab Saudi adalah dua negara besar yang memiliki pengaruh penting di kawasan. Sudah selayaknya dua negara kita dapat terus meningkatkan kerja sama, baik dalam konteks bilateral maupun internasional,” ujar  Jokowi.

Baca Juga :   Tracing dan Testing Covid-19 Alami Penurunan

Kemudian Jokowi juga mengatakan bahwa Indonesia tidak pernah lupa bahwa Arab Saudi merupakan satu dari tujuh negara Arab pertama yang memberi pengakuan terhadap kemerdekaan Republik Indonesia pada 1947.

Sementara itu, Raja Salman menyatakan kunjungannya dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan kedua negara di berbagai bidang, dan dapat mencapai harapan maupun keinginan kedua bangsa yang bersahabat.

“Bagi Indonesia, Arab Saudi merupakan salah satu mitra terpenting di Timur Tengah, baik dari segi hubungan antar masyarakat maupun hubungan ekonomi dan politik,” pungkas Jokowi.

Jokowi meyakini  Indonesia dapat menjadi mitra yang strategis dalam upaya mencapai visi 2030 Arab Saudi melalui kerjasama ekonomi yang erat sebagai sesama negara muslim. (Red)

Photo credit : Agung


KBI Telegraf

close