Raih Bintang Satu, Kombes Yassin Jabat Dir Polair Baharkam Polri

Yassin Kosasih mengatakan menjaga perairan Indonesia merupakan sebuah tantangan, mengingat merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah laut yang sangat luas.

Raih Bintang Satu, Kombes Yassin Jabat Dir Polair Baharkam Polri

Telegraf, Jakarta,- Kombes Pol Mohammad Yassin Kosasih yang masih aktif sebagai pereli dan offroader sebagai hobi, meraih promosi dengan dipercaya sebagai Direktur Pol Air Baharkam Polri. Dengan jabatan baru ini sebentar lagi pangkat Kombes Pol Yassin akan naik menjadi Brigjen atau bintang satu.

Jabatan baru yang akan diemban Mantan Ketua Umum IMI Kepulauan Riau (Kepri) ini bagian dari mutasi besar-besaran yang dilakukan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

Sebelumnya, Kasubdit Patroli Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri Kombes Pol M. Yassin Kosasih termasuk jajaran perwira yang promosi dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1383/V/KEP/2020 yang dikeluarkan Mabes Polri Jumat, 1 Mei 2020 kemarin.

Dengan promosi jabatan menjadi Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri, secara otomotis Yassin Kosasih akan menyandang pangkat bintang satu di pundaknya alias menjadi Brigadir Jenderal Polisi.

Pasalnya, posisi Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri merupakan jabatan Perwira Tinggi (Pati) bintang satu.

Saat dikunjungi awak media di ruang kerjanya Baharkam Polri, lulusan Akpol 1991 ini merasa bersyukur dan terima kasih, promosi yang diberikan pimpinan kepada dirinya merupakan amanah yang luar biasa.

“Tanggung jawab menjaga perairan Indonesia merupakan amanah yang luar biasa yang harus dilakukan dengan kerja keras dan penuh dedikasi,” ungkap Yassin Kosasih.

Lebih lanjut Kombes Yassin Kosasih mengatakan menjaga perairan Indonesia merupakan sebuah tantangan, mengingat merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah laut yang sangat luas.

“Laut dan perairan yang luas tentu memiliki potensi kerawanan tindak kejahatan. Sesuai perintah Pak Kapolri melalui Pak Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto kita harus mencegah gangguan keamanan yang berpotensi merugikan negara,” tutup Kombes Yassin.

Alumni Akpol 1991 tak jemu membagi ilmunya di bidang otomotif (motor cross, speed offroad dan rally)/

Yasin Kosasih menggeluti balapan diawali dengan balapan motor, sejak SMP sekitar tahun 1980 Kombes Yasin sudah ikut lomba balapan motor yaitu grass track dan motorcross di Bandung dan menjuarai kejuaran hingga tingkat Nasional.

Waktu bertugas di Kepri, pria yang hobi otomotif ini dipercaya oleh komunitas di sana menjadi Ketua Umum IMI Kepri periode 2012-2016 secara aklamasi.

Dan, pada Kejurnas Sprint Rally di Meikarta, Kabupaten Bekasi, Desember 2019 lalu, Kombes Pol Yassin Kosasih berhasil menjadi juara satu kelas M2. Dia berlomba dengan bendera tim Jangkar Biru Indonesia.

Alumni Program Pendidikan Reguler Lemhannas Angkatan 54 tahun 2016 ini dengan navigator Haryasandi (putra sulungnya) sempat mengenderai Mitsubishi Evo VI (sedan 4WD non-homologated) di akhir musim akhirnya berhasil menjadi juara umum.

Disaat usia yang tak muda lagi, Sosok Kombes Yasin masih mengikuti berbagai ajang Sprint Raly yang penuh dengan adrenalin. Sosok Kombes Pol Yasin Kosasih masih terlihat bugar, ia menceritakan rahasianya dengan olahraga rutin yaitu renang setiap minggu dua kali selama 30 menit setelah itu menjaga pola makan, berpikiran positif, istirahat yang cukup dan beribadah.

Kombes Yasin mengungkapkan saat pengalaman di tahun 2017 saat lomba dimana ia dihadang dengan trek yang cukup menantang yang dikemas hanya 10 hari oleh IMI Jabar dan Team RC jelang lomba di Prabuwangi Park Sirkuit Arcamanik Bandung yang merupakan satu-satunya trek dalam kota Bandung, merasakan faktor skill jadi sangat berperan.4 Trek yang disajikan cukup menyita fokusnya sebagai driver di atas tunggangan UTV turbo kelas G.

Hoby di Balapan Mobil diikuti jejaknya oleh putera sulung yaitu Muhammad Haryasandi, Harya sering menjadi navigator, di Tahun 2018 dimana dikawal dengan akurasi navigasi rally dari putera sulungnya Harya Sandi, speed offroader nasional Yassin Kosasih mampu mewujudkan targetnya di 2 special stage hari pertama Banteng Motorsport Sprint Rally di Gading Serpong Tangerang, telah meraih juara ke 4 di kelas R1 dengan mobil retro Toyota Corolla DX yang baru di pegangnya.

Kombes Pol Yassin Kosasih yang dikenal bertipe fighter till the limit ini, melaju sangat kencang di duel neraka kelas J2 dengan mobil Polaris racikan Abah Iman Volcano Bandung hingga total memimpin 12 detik di hari pertama atas rival terdekatnya Agan Fauzi speed offroader Bandung dan perally nasional Adi Indiarto.

Bahkan setelah mencatatkan waktu fantastis 3 menit 36 detik di SS 1, Yassin Kosasih makin melesat lebih cepat 6 detik di SS ke-2. Hasil ini juga menempatkannya di posisi ke 1 di kelas yang dikenal sangat ketat persaingannya. (tim)

Edo W.