Putin Puji CIA, Setelah Membantu Rusia Cegah Terorisme

“Informasi yang diterima dari CIA cukup untuk pencarian dan penahanan para penjahat. Kepala negara Rusia meminta presiden Amerika untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada direktur CIA dan para petugas intelijen yang menerima informasi ini,”

Putin Puji CIA, Setelah Membantu Rusia Cegah Terorisme


Telegraf, Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donlad Trump atas bantuan Badan Intelijen Pusat (CIA) untuk mencegah serangan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di kota sebelah utara Rusia, St. Petersburg.

Lewat pernyataan pujian yang langka di situs Kremlin, Putin menyatakan CIA telah menyediakan informasi untuk membantu menahan para teroris yang merencanakan ledakan.

Para penyerang merencanakan serangan di lokasi yang ramai termasuk Katedral Kazan, yaitu sebuah gereja Kristen Ortodoks yang terkenal. Serangan itu digambarkan telah dekat, direncanakan pada Minggu (17/12/2017) atau hanya dua hari setelah penangkapan pertama, Jumat lalu. Tidak jelas kapan CIA memberikan informasi rahasia tersebut.

“Informasi yang diterima dari CIA cukup untuk pencarian dan penahanan para penjahat. Kepala negara Rusia meminta presiden Amerika untuk menyampaikan ucapan terima kasih kepada direktur CIA dan para petugas intelijen yang menerima informasi ini,” sebut pernyataan Kremlin.

Pengumuman Kremlin tidak memberikan rincian mengenai informasi yang disampaikan CIA kepada Layanan Keamanan Federal, yaitu badan intelijen Rusia yang dulu bernama KGB. Badan intelijen Amerika biasanya memandang agen Rusia sebagai musuh, bahkan saat bekerja sama dalam operasi kontraterorisme.

Sebelumnya, media Rusia Interfax memberitakan perlucutan sel teroris di St. Petersburg tanpa menyebutkan berdasarkan informasi dari Layanan Keamanan Federal CIA. Tujuh tersangka yang merencanakan gelombang pengeboman telah ditangkap.
Media RT (Russia Today) menyatakan Putin mengungkapkan terima kasihnya lewat telepon sambil memastikan bahwa badan-badan intelijen Rusia juga akan melakukan hal sama untuk membagi informasi serangan teroris di tanah AS.

Baca Juga :   WHO Sebut Tahap Awal Gelombang Covid Baru Dimulai

Putin juga meminta Trump menyampaikan pujiannya kepada Direktur CIA, Mike Pompeo, juga kepada para petugas yang mengumpulkan informasi tentang para teroris. Dia menyatakan data CIA cukup untuk melacak dan menahan para anggota sel ekstremis.

Gedung Putih membalas ucapan Putin lewat sebuah pernyataan. “Presiden Trump menghargai telepon tersebut dan menyatakan kepada Presiden Putin bahwa dia dan seluruh masyarakat intelijen AS sangat senang untuk membantu menyelamatkan begitu banyak nyawa,” sebut pernyataan itu.

Gedung Putih juga mengonfirmasi bahwa badan-badan intelijen AS benar menyediakan informasi kepada Rusia mengenai rencana sebuah teror besar di St. Petersburg. (Red)

Photo Credit : Getty Images/ Dennis Grombkowski


KBI Telegraf

close