Connect with us

Politika

Puan Komentari Perangkat Desa Ikut Dukung Capres-Cawapres, Ini Katanya

Published

on

Ketua DPR RI Puan Maharani dalam konferensi pers di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Jakarta, Senin (20/11/2023). ANTARA/Sanya Dinda

Telegraf – Ketua DPR RI yang juga ketua DPP PDI Perjuangan Maharani menanggapi isu mengenai adanya sejumlah perangkat desa mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden(capres-cawapres) tertentu dalam Pilpres 2024.

“Saya baru membaca berita, kemudian Kemendagri mengatakan bahwa tidak ada aturan yang melarang untuk perangkat desa mendukung salah satu calon dalam pemilu,” kata Puan di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/11/2023).

Ditegaskan, meskipun tidak ada larangan bagi perangkat desa untuk mendukung salah satu pasangan calon dalam Pilpres 2024, dia tetap berharap Pemilu Serentak 2024 bisa diselenggarakan secara baik dan adil.

“Yang saya harapkan bahwa kita harus laksanakan pemilu ini secara baik, damai, jujur, adil, tanpa kemudian memecah-belah. Itu yang harus kita laksanakan bersama-sama,” ujarnya.

Dia berharap semua elemen bangsa bisa bersama-sama menjaga pemilu agar berjalan dengan baik tanpa menyebabkan masyarakat dan bangsa Indonesia terpecah belah.

Untuk diketahui, kehadiran Puan Maharani di Istana Kepresidenan untuk mengajak ketua dan perwakilan parlemen negara anggota MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia) bertemu dengan Presiden Joko Widodo, dalam rangkaian MIKTA Speakers Consultation ke-9.

Dalam keterangan sebelumnya, Puan menyebut pertemuan pimpinan parlemen anggota MIKTA dengan presiden merupakan bagian dari komitmen parlemen untuk berkontribusi secara aktif dan bersinergi dengan pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan internasional.

Baca Juga :   Tiadakan Debat Cawapres, RBPR Desak KPU Patuhi UU Pemilu

 

 

Advertisement
Click to comment

Politika

Ganjar Doakan Warga Sumbar dan Pendaki Korban Erupsi Gunung Marapi

Published

on

Calon presiden 2024 Ganjar Pranowo menyampaikan duka cita mendalam atas terjadinya erupsi Gunung Marapi di Sumatra Barat pada Minggu (03/12/2023). FILE/Telegraf

Telegraf – Calon presiden 2024 Ganjar Pranowo menyampaikan duka cita mendalam atas terjadinya erupsi Gunung Marapi di Sumatra Barat pada Minggu (03/12/2023). Ucapan bela sungkawa kepada 11 pendaki yang dikabarkan meninggal dalam musibah itu disampaikan Ganjar saat berkunjung ke Palu.

Ganjar mengajak ribuan masyarakat Palu mendoakan masyarakat Sumbar yang sedang tertimpa bencana.

“Hari ini masyarakat Sumbar berduka karena tertimpa bencana. Ada letusan Gunung Marapi. Mari kita berdoa bersama untuk saudara kita di sana. Berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing, mulai,” ucap Ganjar mengawali sambutannya di acara temu masyarakat di Sriti Convention Hall Palu, Senin (4/12/2023).

Ganjar mendoakan agar masyarakat Sumbar diberi kekuatan. Selain itu, akan banyak masyarakat yang datang memberikan bantuan.

“Mudah-mudahan masyarakat di Sumbar diberi kekuatan. Dan makin banyak nanti orang yang menolong seperti dikala kita sedang susah. Amin,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengatakan bahwa potensi terjadinya bencana di Indonesia sangatlah besar. Selain kewaspadaan, kepedulian serta gotong royong sangat diperlukan. Ketika bencana terjadi, tidak boleh ada alasan untuk tidak memberikan pertolongan.

“Bahwa ketika bencana terjadi, tidak boleh kita bicara apa sukumu, apa agamamu, apa golonganmu dan apa pilihan politikmu. Kita harus bergotong royong memberikan bantuan. Karena inilah rajutan persaudaraan dengan nilai kemanusiaan,” ucap Ganjar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gunung Marapi di Sumbar mengalami erupsi pada Minggu (3/12). Selain menyebabkan beberapa daerah mengalami hujan abu bercampur kerikil, musibah itu juga mengakibatkan 11 pendaki yang belum diketahui identitasnya dikabarkan meninggal dunia.

Berdasarkan data dari Tim SAR gabungan, ada 75 pendaki yang terjebak saat Gunung Marapi erupsi, Minggu (3/12/2023) sore. Sebanyak 49 orang berhasil dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit di Kota Bukittinggi dan Kota Padang Panjang pada Minggu malam. Sedangkan sisanya belum diketahui keberadaannya.
Silaturahmi ke Ponpes Gelar, Atikoh Ganjar Sapa Ratusan Emak-emak Cianjur

CIANJUR – Ratusan emak-emak Majelis Taklim antusias menyambut kedatangan Siti Atikoh Supriyanti di Pondok Pesantren Gelar, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (4/12/2023). Istri calon Presiden RI 2024 Ganjar Pranowo itu disebut memiliki pembawaan yang adem dan cocok jadi ibu negara.

Atikoh memulai safari politiknya untuk mendukung sang suami dan dimulai dengan berkeliling di sejumlah daerah di Jawa Barat. Kabupaten Cianjur menjadi titik pertama Atikoh menemui masyarakat. Ialah emak-emak Majelis Taklim di Pondok Pesantren Gelar yang menyambutnya secara antusias.

Baca Juga :   Ganjar Doakan Warga Sumbar dan Pendaki Korban Erupsi Gunung Marapi

“Ibu wilujeng sumping, selamat datang di Ponpes Gelar Cianjur,” ucap perwakilan Ponpes Gelar, Irma.

Cucu dari KH Hisyam A Karim, pendiri Pondok Pesantren PP Roudlotus Sholichin Sholichat Kalijaran, Karanganyar, Purbalingga itu juga disambut keluarga Ponpes Gelar, di antaranya KH Dadang Darussalam, KH Muhammad Faizal. Di kediaman, Nyai Hj. Halimah Qudsiyah, pengasuh Ponpes Gelar.

Atikoh kemudian diajak ziarah ke makam pendiri ponpes yakni KH. Zen Abdusomad yang memiliki sebutan Mama Gelar. Usai berziarah, Atikoh menyapa ratusan emak-emak jama’ah Majelis Taklim yang telah menunggunya di aula.

“Sampurasun ibu-ibu, kumaha damang sadayana?” ujar Atikoh menyapa para emak.

Atikoh menyampaikan kebahagiaannya bisa hadir dan bertemu emak-emak di Cianjur. Ia mengatakan, selain untuk silaturahmi, sekaligus mengakrabkan persaudaraan.

Dalam kesempatan itu, Atikoh berbagi banyak pengalaman dengan para ibu-ibu yang hadir. Di antaranya tentang pernikahan, pola pengasuhan anak, sampai menceritakan latar belakangnya.

“Kalau melihatnya saat ini, tentu banyak orang tahu saya karena Mas Ganjar pernah jadi gubernur dua periode. Tetapi sebenarnya kami melalui banyak hal sampai pada ke titik ini,” ucap Atikoh.

Sebelum berpamitan, Atikoh meminta doa dan dukungan dari emak-emak. Atikoh mengatakan, emak-emak punya peranan penting dalam kehidupan berbangsa.

“Kalau emak-emak sudah bergerak, Indonesia pasti akan teratasi semua masalahnya,” tegasnya.

Atikoh pun diburu emak-emak untuk berfoto dan bersalaman. Momen itu tak dilewatkan emak-emak untuk memeluk Atikoh dengan erat. Acapkali emak-emak meminta Atikoh menyampaikan salam kepada sang suami, Ganjar Pranowo.

“Ibu punten salam buat Pak Ganjar ya bu. Insyaallah menang jadi Presiden ya bu,” teriak mereka.

Sebagai informasi, Ponpes Gelar Cianjur dikenal sebagai salah satu pondok pesantren tertua di Cianjur, Jawa Barat. Pondok Pesantren ini berdiri sejak tahun 1932-an dan hingga saat ini masih berperan aktif membina dan melayani umat.

Usai dari Ponpes Gelar, Atikoh melanjutkan safari politik ke Kabupaten Bandung Barat. Atikoh akan menyapa UMKM binaan IWAPI dan Komunitas Perempuan KBB.

Continue Reading

Politika

Tiadakan Debat Cawapres, RBPR Desak KPU Patuhi UU Pemilu

Published

on

Pasangan Capres-Cawapres Pilpres 2024 usai pengambilan nomor urut di Komisi Pemilihan Umum (KPU). FILE/IST. Photo

Telegraf – Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Pemilu Rumah Bersama Pelayan Rakyat (RBPR) angkat bicara mengenai perubahan format debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mereka menilai KPU telah melanggar asas pemilu dan prinsip penyelenggara pemilu yakni mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif dan efisien.

“Bahwa menjelang terlaksananya debat capres dan cawapres, KPU telah merubah format debat dengan menghadirkan capres-cawapres dalam lima kali gelaran debat, semuanya akan dihadiri secara bersamaan oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden. Tidak ada putaran debat secara terpisah yang khusus hanya dihadiri capres atau cawapres,” kata Koordinator Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum RBPR, Sirra Prayuna melalui rilisnya, Sabtu (02/12/2023).

Sirra memaparkan bahwa debat capres-cawapres telah diatur secara tegas dalam ketentuan pasal 277 ayat 1 UU nomer 7 tahun 2017 tentang pemilu.

“Ayat (1) Debat pasangan calon sebagaimana dimaksud ayat 1 huruf h dilaksanakan 5 (lima) kali. Penjelasan pasal 277: ayat (1). Yang dimaksud dengan debat pasangan calon dilaksanakan 5 (lima) kali adalah dilaksanakan 3 (tiga) kali untuk calon Presiden dan 2 (dua ) kali untuk calon Wakil Presiden,” jelasnya.

Selanjutnya dalam Peraturan KPU Nomer 15 tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum:
Pasal 50

1. KPU melaksanakan debat pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 5 kali dengan rincian
a. 3 (tiga) kali untuk calon Presiden, dan
b. 2 (dua) kali untuk calon Wakil Presiden.
2. Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat 1, khusus untuk format rincian 5 (lima) kali, dapat dilakukan perubahan oleh KPU setelah berkoordinasi dengan DPR.

Baca Juga :   Tiadakan Debat Cawapres, RBPR Desak KPU Patuhi UU Pemilu

Sirra mengatakan perubahan format gelaran debat oleh KPU telah melanggar ketentuan pasal 277 serta penjelasan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Bahwa perubahan format debat oleh KPU adalah sebuah produk hukum yang bertentangan dengan asas hirarkis peraturan perundang-undangan yakni, asas lex superior derogate legi inferiori, artinya bahwa peraturan perundang-undangan yang mempunyai derajat lebih rendah dalam hirarki peraturan perundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan yang lebih tinggi,” tegas Sirra.

Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum RBPR menduga ada kekuatan besar yang mempengaruhi putusan perubahan format debat capres dan cawapres tersebut.

“Perubahan format gelaran debat patut kami duga ada sebuah kekuatan politik besar yang mempengaruhi perubahan tersebut sehingga tindakan KPU kami pandang telah melanggar asas pemilu dan prinsip penyelenggara pemilu yakni mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif dan efisien,” bebernya.

“Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum RBPR mendesak KPU agar gelaran debat capres dan cawapres untuk mematuhi perintah UU Pemilu dan Peraturan KPU Nomor 15 tahun 2023 tentang kampanye pemilu sehingga rakyat dapat menilai calon pemimpinnya akan dibawa kemana kapal besar 276 juta rakyat Indonesia,” tandasnya.

Continue Reading

Politika

Ubah Format Debat, Todung Mulya Lubis: KPU Menyimpang Dari Ketentuan Pemilu

Published

on

Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo–Mahfud MD, Todung Mulya Lubis saat melakukan konferensi pers bersama Wakil Ketua Koordinator Tim Pemenangan Nasional (TPN) Andika Perkasa. FILE/IST. Photo

Telegraf – Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo–Mahfud MD, Todung Mulya Lubis, mempertanyakan konsistensi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Hasyim Asy’ari dalam menjalankan perintah undang-undang terkait debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) peserta Pilpres 2024.

Todung menilai KPU RI seharusnya berpegang pada peraturan yang telah ditetapkan, yaitu pelaksanaan debat peserta Pilpres 2024 akan digelar sebanyak lima kali, yang terdiri atas tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres.

“Pernyataan Ketua KPU Hasyim Asy’ari yang mengatakan bahwa debat capres akan dilakukan dengan menghadirkan capres dan cawapres dalam 5 kali acara debat, menurut saya bukan saja menyimpang dari ketentuan yang diatur dalam pasal 277 UU No 7/2017 tentang Pemilu junto Pasal 50 PerKPU Nomor 15/2023, tetapi juga akan menghilangkan kesempatan publik untuk menilai secara utuh kualitas cawapres, yang akan menjadi orang Nomor 2 di republik ini,” kata Todung di Jakarta, Sabtu (02/12/2023).

Ia mengatakan, publik perlu mengetahui secara pasti kualitas, kecerdasan, dan komitmen para cawapres yang akan menjadi pemimpin negara ini.

Oleh sebab itu, debat antar cawapres itu perlu dan wajib dilakukan.

“UU Pemilu memang tak menjelaskan pemisahan debat capres dan cawapres, selain mengatakan bahwa debat akan dilakukan sebanyak 5 kali. Tetapi penjelasan pasal 277 UU Pemilu menegaskan bahwa debat itu terdiri atas 3 kali debat capres dan 2 kali debat cawapres,” jelasnya.

Baca Juga :   Membludak, Tokoh Adat Kupang Sambut Ganjar dan Sematkan Selendang Khas Daerah

Diakui bahwa capres dan cawapres adalah dwi tunggal yang tak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Namun rakyat tetap berhak mengetahui kualitas, pengetahuan, komitmen, dan kesiapan cawapresnya.

Sebab, bukan mustahil dalam keadaan di mana presiden tak bisa menjalankan fungsinya, wakil presiden yang akan mengambil alih tugas dan fungsi sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara.

“Di sini wakil presiden bukan semata-mata ban serep. Wakil presiden adalah pemimpin. Terus terang, saya menyayangkan kalau KPU memutuskan debat antar cawapres murni (tanpa didampingi capres) ditiadakan,” ujarnya.

Todung mengatakan, KPU seharusnya melihat arti penting dan strategis debat antarcawapres agar rakyat tidak memilih kuncing dalam karung.

“Kembali saja kepada format yang sudah diatur dalam UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 dan PerKPU Nomor 15 Tahun 2023. Ketua KPU atau KPU tak berwenang mengubah apa yang ditulis dalam UU Pemilu. KPU hanya pelaksana UU, bukan lembaga yang bisa mengubah UU. Kalau KPU hendak mengubah UU maka KPU harus meminta pemerintah dan DPR mengubah UU Pemilu,” tegasnya.

Ia berharap, KPU menghargai hak rakyat untuk mengetahui siapa cawapres yang akan dipilihnya.

KPU jangan sekali-kali mengurangi hak rakyat untuk mengetahui kualitas, pengetahuan, komitmen, dan kesiapan cawapres yang akan dipilihnya.

“Hanya dengan demikian kita akan memberikan integritas kepada pilpres yang akan kita adakan,” pungkasnya.

Continue Reading

Politika

Terinspirasi, Anak Muda NTT Ciptakan Lagu Untuk Ganjar

Published

on

Acara ngobrol bareng Ganjar Pranowo di Pantai Lusiana, Kota Kupang, Jumat (01/2/2023) malam berasa pesta seni lintas genre. FILE/Telegraf

Telegraf – Kreativitas anak muda Nusa Tenggara Timur memang sungguh luar biasa. Acara ngobrol bareng Ganjar Pranowo di Pantai Lusiana, Kota Kupang, Jumat (01/2/2023) malam berasa pesta seni lintas genre.
Bagaimana tidak, kehadiran Capres nomor urut 3 itu langsung disambut aksi Yusten Kaesmetan yang membawakan lagu ciptaannya yang berjudul “Dari NTT Nada Untuk Ganjar” diiringi gitar akustik. Menariknya, lagu yang dinyanyikan Yusten tersebut, diciptakan lima menit sebelum Ganjar tiba di lokasi.

Dari NTT nada untuk Ganjar
Lantunkan suara gitar kecil ku ini
Dan untuk negeri tercinta
Seorang lulusan Fakultas Hukum
Universitas Gadja Mada 1995
Betul Pak ?
Betul ya Pak..
Mari tersenyum
Tampan rupawan murah hati untuk rakyat
Berdedikasi tinggi
Hidup seadanya
Inilah Ganjar Pranowo
Sederhana murah senyum adil dan selalu sportif berdiri di samping rakyat
Untuk majukan Indonesia
Jadi lebih dahsyat…(maju) (maju) (maju)
Inilah Ganjar Pranowo

Demikian lirik lagu yang dinyanyikan Yusten ketika menyambut kedatangan Ganjar. Suasana malam itu semakin hangat dengan penampilan tari dan dilanjut tim dance modern. Suara tepuk tangan terus terdengar mengikuti tempo iringan musik .

Yusten Kaesmetan mengatakan, lagu ciptaannya itu dipersembahkan spesial buat Ganjar. Lagu yang dia buat tersebut terinspirasi sosok Ganjar Pranowo yang berprestasi.

“Lagu itu saya buat hanya dengan waktu lima menit. Itu merupakan suara atau nada-nada dari masyarakat NTT untuk Pak Ganjar,” tuturnya.

Baca Juga :   Tiadakan Debat Cawapres, RBPR Desak KPU Patuhi UU Pemilu

Di sela-sela penampilan, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu mengajak kalangan milenial dan Gen-Z berdialog. Yusten berharap, ke depan jika Ganjar terpilih menjadi presiden akan memberikan perhatian terhadap kreativitas anak-anak muda di NTT.

“Ya, harapannya ke depan anak-anak muda ini mendapat perhatian,” imbuhnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo memberikan apesiasi yang sangat tinggi kepada kalangan muda NTT. Dia berharap, ke depan anak-anak muda di NTT mempunyai wadah untuk semakin mengembangkan bakat dan kreativitas mereka.

“Mereka luar biasa. Mereka perlu mendapat ruang yang lebih dan mendapat apresiasi yang lebih,” tandasnya

Continue Reading

Politika

TPN Ganjar-Mahfud Paparkan Urgensi Terkait Industrialisasi Desa

Published

on

Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Ammarsjah Purba. FILE/Telegraf

Telegraf – Industrialiasasi pedesaan merupakan suatu langkah pembangunan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Kegiatan industri ini tidak dipusatkan di perkotaan, melainkan mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat pedesaan dengan tujuan agar pembangunan tersebar secara merata hingga ke lapisan akar rumput paling bawah.

Menyikapi hal itu, Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Ammarsjah Purba, dalam sesi FGD memantapkan agenda industrialisasi di pedesaan, Ammarsjah dalam penjelasannya mengungkapkan soal urgensi industrialisasi desa. Ia hadir menjadi penanggap dalam diskusi panel FGD yang diselenggarakan oleh AKSITARU Indonesia.

Ammar menyatakan bahwa urgensi industrialisasi di desa ditujukan untuk menciptakan nilai tambah bagi potensi komoditas unggulan di perdesaan. Ia juga mengungkapkan bahwa ketidakadilan dan ketimpangan pembangunan antara desa dengan kota terus dipelihara oleh subjek-subjek tertentu.

“Pastinya, kita punya contoh dari pengalaman Mas Ganjar membangun Jawa Tengah, bagaimana kita bisa memberikan nilai tambah terhadap masyarakat di desa, menciptakan masyarakat desa yang cerdas, upaya upaya melahirkan talent-talent sumber daya unggul di pedesaan,” katanya melalui FGD daring, Jumat (01/12/2023).

Menurut Ammarsjah, urgensi industrialisasi di perdesaan selain menciptakan nilai tambah bagi kelompok rentan, juga berangkat dari produktivitas tenaga kerja dan menciptakan efesiensi biaya logistik sebagai kunci dari manajemen rantai pasok antar kawasan mengingat banyak perusahaan merasakan over head cost dalam pengelolaan bisnisnya.

Baca Juga :   Membludak, Tokoh Adat Kupang Sambut Ganjar dan Sematkan Selendang Khas Daerah

Ammarsjah juga mengapresiasi beberapa produk dari pemateri yang hadir, seperti teknologi mesin pengeringan milik Parametrik dan teknologi minyak atsiri dari inventor Deddi Soepangkat Noer.

“Saya sampaikan disini, terlepas dari agenda timses. Saya aware dan concern terhadap hilirisasi komoditas desa. Hasil saya berkeliling di Jawa Timur dan Jawa Tengah, penting kita untuk tiap desa atau kawasan basis produksi memiliki teknologi pengering yang dimiliki Aris (Parametrik), disana ada rice mill yang perlu dimodernisasi. Selanjutnya, prospek jika minyak atsiri ini diteruskan kepada BUMDes dan koperasi, bisa kita terapkan nanti,” tandasnya.

Continue Reading

Politika

Ganjar Diamanti Uskup Agung Kupang Soal Pemerataan BBM dan Peningkatan SDM di NTT

Published

on

Uskup Agung Kupang amanati Ganjar soal pemerataan BBM dan tingkatkan SDM di NTT. FILE/Telegraf

Telegraf – Suasana keakraban tampak saat Ganjar Pranowo mengunjungi Keuskupan Agung Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (01/12/2023). Capres nomor urut 3 itu disambut peluk hangat oleh Uskup Agung, Mgr Petrus Turang.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu kemudian dipersilakan masuk ke ruang tamu untuk ramah-tamah dan berdiskusi. Suasana semakin hangat karena obrolannya berbalut humor.

Di hadapan Ganjar, Romo Petrus menyampaikan pesan dari masyarakat agar nanti jika terpilih menjadi presiden 2024, untuk bisa mendistribusikan bahan bakar minyak (BBM) merata ke seluruh Indonesia, termasuk daerah terpencil.

“Saya habis dari Rote Ndao. Ada pesan dari masyarakat di sana, kami sudah menjadi bagian Republik Indonesia sekian lama, tapi BBM di sini langka dan mahal. Dan jika jadi presiden maka BBM bisa merata di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Ia menambahkan, program pembangunan jangan hanya tersentral di satu daerah, terutama Jawa. Daerah lain termasuk perbatasan-perbatasan ungkapnya juga perlu mendapatkan prioritas.

“Kupang perlu diperhatikan industrialisasinya. Sehingga anak-anak Kupang tidak harus ke Jawa untuk bisa sukses,” imbuhnya.

Tak kalah penting, pemerintah ke depan ungkapnya perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan mempermudah akses pendidikan.

“SDM juga perlu ditingkatkan di sini,” paparnya.

Sementara, Ganjar Pranowo merasa senang mendapat banyak pengetahuan dan masukan dari Romo Petrus.

Baca Juga :   Tiadakan Debat Cawapres, RBPR Desak KPU Patuhi UU Pemilu

“Senang sekali, dapat masukan soal problem di beberapa daerah BBM langka, kedua pembangunan SDM dan ketiga lokalitas perlu dikembangkan di daerah seperti peternakan dan pertanian. Sehingga bisa mendapatkan nilai tambah dan masyarakat sejahtera. Kalau disimpulkan ini daerah yang perlu mendapatkan prioritas,” ujarnya.

Capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu juga telah mengagendakan untuk berkunjung ke Rote Ndao, besok pagi.

“Besok saya ke sana (Rote Ndao),” tandas Ganjar.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

MUSIK

Advertisement
Advertisement

TELEMALE

Advertisement

Lainnya Dari Telegraf

close