PNS Wajib Masuk Kerja Usai Libur dan Cuti Lebaran

"Dalam SE yang ditandatangani Menteri Asman tersebut disebutkan juga jika laporan yang dimaksudkan dapat disampaikan melalui aplikasi https://sidina.menpan.go.id secara online. Dan apabila terdapat kesulitan dalam proses pelaporan, dapat menghubungi melalui aplikasi Whatsapp/SMS di nomor 081398568088."

PNS Wajib Masuk Kerja Usai Libur dan Cuti Lebaran

Telegraf, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengingatkan agar segenap pimpinan instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah, dapat melakukan pemantauan kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) usai cuti bersama dan libur Hari Raya Idulfitri 1439 H.

“Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri PANRB dengan nomor B/8/M.SM.00.01/2018,” kata Asman dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (13/06/18).

Dalam SE dijelaskan bahwa hal tersebut dilakukan sebagai upaya penegakan disiplin Aparatur Negara, serta optimalisasi pelayanan publik setelah pelaksanaan cuti bersama Hari Raya Idulfitri.

Menurut Asman, pemantauan kehadiran para aparatur akan dilakukan pada tanggal 21 Juni 2018, di mana sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018 pada tanggal tersebut ASN sudah diwajibkan kembali menjalankan pekerjaan di instansi masing-masing.

Dalam SE yang ditandatangani Menteri Asman tersebut disebutkan juga jika laporan yang dimaksudkan dapat disampaikan melalui aplikasi https://sidina.menpan.go.id secara online. Dan apabila terdapat kesulitan dalam proses pelaporan, dapat menghubungi melalui aplikasi Whatsapp/SMS di nomor 081398568088.

Surat dengan tembusan Presiden RI dan Wakil Presiden RI tersebut ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Para Kepala LPNK, Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Non Struktural, Gubernur, dan Bupati/Walikota.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) memutuskan jumlah hari cuti bersama Lebaran 2018 tetap berdasarkan kepada Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yang ditandatangani 18 April 2018.

Dalam SKB yang ditandatanganin Menteri PANRB, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Agama tersebut, diputuskan cuti bersama sebanyak tujuh hari, yakni 11-14 Juni dan 18 – 20 Juni 2018. (Red)

Baca Juga  Basarnas Terus Perluas Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Photo Credit : Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Menpan RB) Asman Abnur. Telegraf/Koeshondo W. Widjojo

Share