PM India Gunakan Vaksin Covid-19 Buatan Dalam Negeri

“Luar biasa bagaimana dokter dan ilmuwan kami bekerja dalam waktu cepat untuk memperkuat perang global melawan Covid-19,”

PM India Gunakan Vaksin Covid-19 Buatan Dalam Negeri


Telegraf – Perdana Menteri India Narendra Modi telah menerima suntikan pertama dari vaksin Covid-19 Covaxin, yaitu vaksin yang diproduksi oleh India sendiri. India sedang memulai tahap kedua dari upaya inokulasi besar-besaran, yang sekarang difokuskan pada orang tua dan lanjut usia.

India memasuki tahap berikutnya dari kampanye vaksinasi massal pada hari Senin (01/03/2021). India berupaya untuk memperluas vaksinasi guna memasukkan orang-orang yang berusia di atas 60 tahun dan warga yang berusia di atas 45 tahun yang memiliki penyakit kronis.

Narendra Modi yang kini berusia 70 tahun itu menjadi orang pertama yang mendapatkan suntikan Covaxin di rumah sakit AIIMS Delhi.

“Luar biasa bagaimana dokter dan ilmuwan kami bekerja dalam waktu cepat untuk memperkuat perang global melawan Covid-19,” kata Modi di akun Twitternya.

Saat Modi sendiri tidak merinci vaksin mana yang dia ambil, rekaman dari tempat kejadian dengan jelas menunjukkan bahwa itu adalah solusi asli India, Covaxin.

Vaksin tersebut dibuat berdasarkan virus Covid-19 yang tidak aktif, dengan tergesa-gesa telah disetujui untuk penggunaan darurat pada bulan Januari.

Meskipun telah menerima persetujuan, produsen vaksin, Bharat Biotech, masih belum mengirimkan data kemanjuran dari uji klinis Fase III yang sedang berlangsung. Kurangnya data ini telah memicu kekhawatiran atas keamanan dan kemanjuran Covaxin.

Minggu lalu, pemerintah India mengatakan akan mengizinkan orang untuk memilih vaksin yang digunakan. Dengan demikian, orang bisa memilih antara Astrazeneca atau Covaxin, yang sebelumnya bukanlah pilihan.

Baca Juga :   Putin Sebut Vaksin Sputnik V Seandal Senapan Serbu Kalashnikov

India telah mencatat lebih dari 11 juta kasus Covid-19 sejak awal pandemi dengan lebih dari 150.000 orang meninggal karena penyakit tersebut. Negara ini telah menetapkan tujuan ambisius untuk memvaksinasi 300 juta orang pada bulan Agustus, lebih dari seperempat dari 1,37 miliar populasi penduduknya.


Photo Credit: Perdana Menteri India Narendra Modi pada hari Senin menerima dosis pertama vaksin Covid-19, Covaxin buatan dalam negerinya. AFP/Indian Express

 

Aris Maulana

close