Plt. Gubernur Soni: Ber KTP Ganda Indikasi Orang Iseng Yang Ingin Kacaukan Pilkada

"Apakah disengaja atau enggak sengaja, kami enggak tahu, tapi jelas orang bikin rusuh bisa juga, menggagalkan Pilkada, mengacau juga bisa. Ini orang-orang iseng yang bisa membahayakan Pilkada DKI ,"

Plt. Gubernur Soni: Ber KTP Ganda Indikasi Orang Iseng Yang Ingin Kacaukan Pilkada


Telegraf, Jakarta – Penemuan sejumlah e-KTP palsu dengan satu nama merupakan indikasi adanya pihak yang akan mengacaukan jalannya Pilgub DKI 2017.

Begitu kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono saat ditemui di Balaikota, Jakarta, Senin (6/2).

“Jadi itu orang iseng yang akan mengacaukan Pilkada DKI Jakarta,” ujarnya.

Namun begitu, Soni memastikan bahwa petugas dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pemprov DKI Jakarta, telah mendatangi nama-nama yang e-KTP nya diduga memiliki data yang sama.

Sumarsono menjelaskan, dari penelusuran yang dilakukan petugas, data e-KTP yang tersebar merupakan data asli. Namun, foto pemilik e-KTP itu diganti.

Sumarsono menyebut beredarnya foto-foto hoax itu dilakukan oleh orang iseng yang hendak mengacaukan Pilkada DKI.

“Tim Dukcapil sudah turun menemui orang yang bernama Mada, Saidi, dan di sana memang orangnya berbeda,” ujar Soni.

Soni menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta, KPUD DKI Jakarta, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), serta petugas kepolisian guna menindaklanjuti penyebar foto hoax itu.

“Apakah disengaja atau enggak sengaja, kami enggak tahu, tapi jelas orang bikin rusuh bisa juga, menggagalkan Pilkada, mengacau juga bisa. Ini orang-orang iseng yang bisa membahayakan Pilkada DKI ,” ujar Soni. (Red)

Photo credit : Telegraf/Koeshondo W. Widjojo


Koes W. Widjojo

close