Pilkada di Tengah Pandemi, Mendagri Sarankan KPU Revisi Aturan

"Menggunakan sarana yang ada, baik aplikasi, kemudian saluran media massa, baik sosial media dan konvensional, termasuk juga jaringan TVRI dan RRI yang sampai ke daerah. Itu dapat dimanfaatkan,"

Pilkada di Tengah Pandemi, Mendagri Sarankan KPU Revisi Aturan

Telegraf – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, mengusulkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk merevisi sejumlah peraturannya (PKPU) demi memperkuat disiplin protokol kesehatan Covid-19. Dalam konteks penanganan Covid-19, yang diperlukan untuk menghindari adanya kerumunan sosial.

“Oleh karena itu, di dalam PKPU yang sudah ada, mohon maaf dengan tidak mengurangi hormat kepada mitra kami kolega dari KPU, ada hal yang perlu diperbaiki,” kata Tito dalam rapat kerja di Komisi II DPR, Senin (21/09/2020).

Tito memberikan contoh tentang aturan yang membolehkan rapat umum dengan konser maksimal 100 orang. Menurut Tito, hal demikian itu akan sulit dikendalikan saat berada di lapangan.

Selain itu, harus ada revisi PKPU demi menghindarkan potensi kerumunan sosial yang tidak bisa menjaga jarak. Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) merekomendasikan agar semua kegiatan kampanye terkait pilkada dilaksanakan secara daring.

“Menggunakan sarana yang ada, baik aplikasi, kemudian saluran media massa, baik sosial media dan konvensional, termasuk juga jaringan TVRI dan RRI yang sampai ke daerah. Itu dapat dimanfaatkan,” jelasnya.

“Kemudian di daerah dengan kesulitan sarana teknologi, dapat dilakukan rapat terbatas yang bisa menjaga jarak dan pengawasannya akan mengikutsertakan stakeholder, penegak hukum,” imbuhnya.

Tito mengatakan, Kemdagri mengusulkan agar mendorong tema sentral kampanye kepala daerah. Yakni peran kepala daerah dalam penanganan Covid-19 dan dampak sosial ekonominya.

Baca Juga :   Hadapi Pandemi Ini Langkah MRT Jakarta

Alasannya, berdasarkan prediksi dunia, kemungkinan dampak pandemi Covid-19 akan terjadi hingga 2023. Ini berarti kepala daerah yang terpilih pada 2020, pasti juga akan menghadapi berbagai masalah terkait pandemi Covid-19.

“Untuk itu kami mengusulkan agar tema sentral Pilkada tahun ini tentang peran kepala daerah dalam penanganan pandemi Covid-19 dan dampak sosial ekonomi di daerah masing-masing,” tandasnya.


Photo Credit: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat mengikuti rapat kerja dengan di Kompleks Parlemen, Senayan. ANTARA/Dhemas Reviyanto

 

Didik Fitrianto