Telegraf – PT PGN Tbk (PGN) kembali melaksanakan program Mudik Gratis Bersama PGN pada 26 Maret 2025, sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Program ini menyediakan transportasi mudik yang aman dan nyaman, serta berfokus pada tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).
Direktur Utama PGN, Arief S. Handoko, mengungkapkan bahwa program ini merupakan bagian dari kontribusi BUMN untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “PGN, bersama dengan BUMN lainnya, berkomitmen untuk menyediakan solusi mudik gratis, yang diharapkan dapat menciptakan arus mudik yang kondusif, aman, dan nyaman,” ujar Arief saat menghadiri keberangkatan pemudik di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada Rabu (26/03/2025).
Sebanyak 1.267 pemudik diberangkatkan menggunakan 27 bus yang telah menjalani pemeriksaan menyeluruh, termasuk pengecekan kesehatan setiap supir. Hal ini dilakukan untuk memastikan perjalanan yang aman dan mengurangi potensi kecelakaan. Rute perjalanan meliputi berbagai kota di Pulau Jawa, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.
Selain itu, PGN juga berkolaborasi dengan program Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM. Sebanyak empat bus juga diberangkatkan untuk mendukung program tersebut, yang akan berlangsung pada 27 Maret 2025. Kolaborasi ini semakin memperluas manfaat program Mudik Gratis Bersama PGN bagi masyarakat yang ingin merayakan Lebaran di kampung halaman.
Atik, salah seorang pemudik dengan tujuan Klaten, Jawa Tengah, menyampaikan kebahagiaannya mengikuti program Mudik Gratis Bersama PGN. “Saya sangat senang bisa mudik gratis dan berkumpul dengan keluarga. Terima kasih PGN, saya sangat terbantu dengan program ini,” ujarnya.
Pemudik lainnya, Sunarti, juga mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan dari program ini. “Biaya mudik biasanya cukup tinggi, sekitar Rp600 ribu per orang. Program ini sangat membantu kami yang kurang mampu. Semoga program ini terus ada setiap tahun,” ungkap Sunarti.
Arief juga menekankan pentingnya keselamatan selama perjalanan. “Kami berharap program ini dapat membawa kebahagiaan bagi para pemudik dan menularkan energi positif bagi PGN. Kami juga mengingatkan semua pemudik untuk mengutamakan keselamatan di sepanjang perjalanan agar bisa sampai tujuan dengan selamat dan penuh suka cita,” katanya.
PGN juga memperhatikan kebutuhan energi gas bumi selama libur Lebaran. Untuk itu, PGN telah membentuk Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2025 yang siap membantu memastikan pasokan gas berjalan lancar di 73 kabupaten/kota. Masyarakat yang menghadapi ma!salah terkait gas bumi dapat menghubungi Pertamina Call Center di nomor 135 atau Kantor Area PGN terdekat.
Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina, menambahkan bahwa program Mudik Gratis yang diadakan oleh Pertamina Group adalah bentuk apresiasi kepada pelanggan setia yang telah menggunakan produk-produk Pertamina, seperti BBM, gas, pelumas, dan lainnya. “Kami ingin berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara kita yang ingin merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman,” ujarnya.
<span;>Pertamina juga terus berkomitmen mendukung transisi energi dan capaian Sustainable Development Goals (SDGs), dengan menerapkan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) dalam seluruh lini bisnis dan operasinya, sejalan dengan target net zero emission pada 2060.