Pesta Kesenian Bali, Buktikan Bali Bangkit Dari Pandemi

Tanggal:


Telegraf – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual membuka gelaran rutin tahunan Pesta Kesenian Bali ke-43, Sabtu (12/06/2021).

“Dengan memohon anugerah Tuhan Yang Maha Esa Pesta Kesenian Bali ke-43 tahun 2021, saya nyatakan dibuka,” katanya.

Dikatakan Jokowi, adanya kegiatan ini, membuktikan Bali tetap bersemangat bangkit dari keterpurukan akibat merebaknya Covid-19. Bermodalkan kreativitas yang dimiliki oleh para pelaku usaha, di sana selalu berupaya melakukan hal yang produktif.

Dengan pergelaran itu, secara khusus dapat berdampak positif bagi partisipasi masyarakat yang melestarikan lingkungan sekitar yang menjadi andalan pariwisata selama puluhan tahun. Kemudian, juga mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terkait dengan penanganan Covid-19 yang diterbitkan pemerintah.

“Pilihan tema pemuliaan flora fauna dan seluruh keragaman hayati menyebarkan semangat konservasi dan hidup harmonis. Tema lainnya yang mengajarkan cara mencegah dan beradaptasi perlu dibuka kembali serta dikembangkan untuk mengambil pelajaran dari pandemi sekarang ini,” tuturnya.

Dengan pergelaran itu, Bali dapat menunjukkan kepada dunia bahwa di masa mawabahnya virus global wilayah tersebut tetap mampu melestarikan alam. Dan telah menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam setiap destinasi pariwisata.

“Kita tunjukan pada dunia Bali adalah destinasi wisata yang sangat aman dikunjungi,” ungkapnya.

Jokowi melanjutkan, kunci utama dalam pemulihan perekonomian melalui sektor pariwisata di Bali adalah dengan menerapkan prokes secara ketat, vaksinasi yang digelar secara masif di berbagai wilayah strategis, dan melakukan kebijakan PPKM skala desa ketika ada infeksi Covid-19.

Baca Juga :   Pacu Pertumbuhan Ekonomi, Jokowi: Stop Beli Produk Impor

“Kunci utama untuk pemulihan ekonomi Bali adalah kemampuan kita dalam menangani pandemi,” imbuhnya.


Photo Credit: Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual membuka gelaran rutin tahunan Pesta Kesenian Bali ke-43. FILE/BPMI Setpres

 

Ishwari Kyandra

Artikel Terbaru

Artikel Lainnya
Telegraf

PLN Buka Program Tambah Daya, Bisa Lewat Aplikasi

Telegraf - PT PLN (Persero) mengajak masyarakat memanfaatkan program...

Membangun Generasi Emas Di Era Digital

Telegraf - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama...

Penyaluran Kredit Bank BTN di Wilayah Timur Indonesia Capai 171 Persen

Telegraf - Program Bank Tabungan Negara (BTN) Solusi yang...

Penanganan Covid-19 di Indonesia Dapatkan Apresiasi Dari PBB

Telegraf - Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia mendapatkan apresiasi...