Pertamina Salurkan Dana CSR 33T Untuk 61 Ribu Mitra Binaan

"Program kemitraan adalah salah satu program pemerintah dimana sebagai BUMN harus bisa membina ke Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) hingga mandiri dan bersaing tidak hanya di level nasional tetapi juga ke global:

Pertamina Salurkan Dana CSR 33T Untuk 61 Ribu Mitra Binaan

Telegraf, Jakarta – PT Pertamina (Persero)/Pertamina adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang wajib menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) nya, hingga saat ini sudah 26 tahun dan sudah menyalurkan dana sebesar Rp33 triliun.

Hal itu diungkapkan oleh Rudi Ariffianto, Manager SMEPP (Small Medium Entreprise Partnership Program), PT Pertamina (Persero) dalam konfrensi pers di Jakarta.

“Program kemitraan adalah salah satu program pemerintah dimana sebagai BUMN harus bisa membina Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) hingga mandiri dan bersaing tidak hanya di level nasional tetapi juga ke global,” ungkap Rudi, Jumat (13/9).

Rudi menjelaskan dari dana yang disalurkan tersebut Pertamina mempunyai mitra binaan sebanyak 61500, dan menjangkau ke 7 industri seperti fashion, craft, perdagangan, perkebunan, sektor jasa dan sektor pertanian.

“Hingga saat ini sudah mencapai 61.500 dan dana yang di gulirkan sebanyak Rp33 triliun. Untuk setiap tahun Pertamina mengulirkan dana sekitar Rp200 miliyar bahkan target pemerintah hingga mencapai 600 milyar,” kata Rudi.

Lanjut Rudi dalam menjalankan kemitraannya Pertamina memberikan akses modal yang berbeda jauh dari sisem bank ptalform Pertamina mencapai Rp200. 000.- dengan masa tenor 3 tahun dan bunganya sebesar 3 persen per tahun.

Selain memeberikan modal Pertamina juga membimbing mereka dengan pelatihan pelatihan dari Nasional hingga internasional yang sifatnya basic hingga advance.

Rudi mencontohkan dari sebagaian UMKM yang di kenal Pertamina, banyak UMKM yg tidak menerapkan pembukuan, Pertamina melatih pembukuan bahkan hingga pelatihan yang sifatnya advance seperti digital marketing hingga akses pasar yang mencapai Internasional.

Seperti yang dilakukan Pertamina dikirim ke fashion internasional yaitu internasional Indonesia – Slovakia Fashion Day bertajuk “Bratislavske Modne Dny”, pada 17 September 2019, di Slovakia, pertamina mengirim 6 designer binaannya untuk mengikuti ajang tersebut.

Baca Juga  Wakaf Saham Syariah Melenggang Ke Bursa Melalui SOTS

Diajang Slovakia Fashion Day bertajuk “Bratislavske Modne Dny” salah aatu designernya akan mengangkat tema etnik budaya Indonesia, sepertin kain tenun lombok, tapis Lampung yang dipadu padankan dengan berbagai boardir untuk memperindah hasil akhir. (Red)


Photo Credit : Fashion yang akan dibawa ke Slovakia Fashion Day bertajuk “Bratislavske Modne Dny” diperagakan oleh model Indonesia, Jumat (13/9)/TELEGRAF


Bagikan Artikel



Komentar Anda