Pertamina Raup Laba 1 US Miliar di 2020, Ini Rahasianya

Pertamina Raup Laba 1 US Miliar di 2020, Ini Rahasianya

"Ini lalu kami simpan di floating storage dan kilang kilang kami. Jadi ini yang bisa menekan BPP kita. Disatu sisi, kami juga lakukan efisiensi luar biasa untuk melakukan adjustment,"

Pertamina Raup Laba 1 US Miliar di 2020, Ini Rahasianya


Telegraf –  PT Pertamina (Persero) pada 2020 lalu berhasil mencetak laba sebesar satu miliar dolar AS. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan meski di tengah pandemi, perusahaan tetap berhasil mencetak laba.

“Laba bersih di 2020 kemarin satu miliar dolar AS atau setara Rp 14 triliun. Ini bisa tercapai karena beberapa upaya yang perusahaan lakukan dan juga melakukan efisiensi dan prioritas anggaran,” katanya, Kamis (04/02/2021).

Ia menjelaskan pada 2020 yang lalu perusahaan melakukan peningkatan produktifitas hulu migas dan kilang. Disatu sisi, efisiensi yang dilakukan oleh perusahaan sehingga bisa mencetak laba adalah melalui pemotongan opex sampai 30 persen. Selain itu, kata Nicke, perusahaan juga memprioritaskan anggaran investasi ke proyek-proyek yang bernilai strategis.

“Upaya yang dilakukan adalah meningkatkan produktifitas hulu migas dan kilang, serta efisiensi pada semua bidang (pemotongan opex 30 persen, dan prioritasi anggaran investasi),” imbuhnya.

Selain itu Nicke juga menjelaskan, bahwa salah satu yang membuat Pertamina meraup laba di 2020 yang lalu adalah karena Pertamina menekan BPP. Hal itu didapat saat harga minyak dunia sedang turun di awal tahun lalu Pertamina melakukan pembelian minyak mentah dalam jumlah besar.

“Ini lalu kami simpan di floating storage dan kilang kilang kami. Jadi ini yang bisa menekan BPP kita. Disatu sisi, kami juga lakukan efisiensi luar biasa untuk melakukan adjustment,” tandasnya.


Photo Credit: Salah satu kilang minyak milik Pertamina hulu energi. REUTERS

 

Ishwari Kyandra

close