Persyaratan Tabungan 100 Juta Untuk Masuk ITB Jadi Viral

"25 juta rupiah untuk jurusan diluar SBM (Sekolah Bisnis Manajemen) dan 40 juta rupiah untuk jurusan SBM (Sekolah Bisnis Manajemen) Dwi menyebut jika ia mendaftar SM-ITB karena awalnya tak ada uang pangkal melainkan hanya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan biaya pendaftarannya SM-ITB tergolong murah yakni sebesar Rp 100.000."

Persyaratan Tabungan 100 Juta Untuk Masuk ITB Jadi Viral

Media sosial digegerkan terkait Persyaratan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB). Kejadian ini berawal dari M.Dwi Iranto yang menyampaikan keresahannya melalui cuitan di @murdirans.

Tertulis di awal persyaratan setelah lulus, mahasiswa harus melampirkan Jaminan Kemampuan Keuangan (JKK) Orang Tua untuk biaya pendidikan dalam bentuk tabungan sebesar 100 juta rupiah.

Selain itu, tertera juga update mengenai uang pangkal terbaru yakni sebesar 25 juta rupiah untuk jurusan diluar SBM (Sekolah Bisnis Manajemen) dan 40 juta rupiah untuk jurusan SBM (Sekolah Bisnis Manajemen) Dwi menyebut jika ia mendaftar SM-ITB karena awalnya tak ada uang pangkal melainkan hanya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan biaya pendaftarannya SM-ITB tergolong murah yakni sebesar Rp 100.000 Dwi menyayangkan pengumuman sepenting itu tidak disampaikan di awal seperti halnya PTN lain sehingga para calon mahasiswa dapat mempertimbangkan besaran biayanya.

Dwi pun merasa harus memupus mimpinya untuk berkuliah di ITB khususnya jurusan SBM mengingat besaran biayanya yang semakin melambung. Sementara itu, di laman website resmi ITB saat ini persyaratan Jaminan Kemampuan Keuangan (JKK) Orang Tua sebesar 100 juta sudah diubah menjadi Surat Pernyataan Kemampuan Pembayaran (SPKP).


Photo: itb.ac.id