Permudah Pengajuan Pencatatan Fintech OJK Luncurkan Gesit

"Memudahkan pecatatan diri sebagai pihak yang tercatat di OJK, dengan adanya minisite ini fintech lebih mudah mengajukan permohonan pencatatan, dan OJK juga lebih mudah dalam melakukan pengawasan karena nanti sudah secara elektronik"

Permudah Pengajuan Pencatatan Fintech OJK Luncurkan Gesit

 


Telegraf, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) luncurkan minisite dengan nama “GESIT” (Gerbang Elektronik Sisitem Informasi Digital) yang memudahkan para fintech pencatatan diri di OJK yang selama ini pencatatannya dilakukan secara manual.

“Memudahkan pecatatan diri sebagai pihak yang tercatat di OJK, dengan adanya minisite ini fintech lebih mudah mengajukan permohonan pencatatan, dan OJK juga lebih mudah dalam melakukan pengawasan karena nanti sudah secara elektronik,” ungkap Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida usai memotong timpeng menandai di bukanya Minnisite Gesit. Di kantornya Jl Gatot Subroto, Jakarta.

Nurhaida mengatakan hingga saat ini sudah ada 121 yang sudah mendaftarkan untuk mencatatkan diri di OJK, dari jumlah tersebut termasuk yang mencatatkan secara manual sebanyak 48 fintech.

Lanjut Nurhaida karena minisite sudah di luncurkan dengan resmi diharapkan para fintech yang belum mencatatkan di OJK bisa mencatatkan diri melalui online, dengan waktu yang efisien dan cepat.

“Waktu yang dibutuhkan sekitar 2 minggu tergantung kelengkapan dokumen dokumen yang dipenuhi walaupun dokumennya kita buat sesimple mungkin. Karena jika terlalu banyak perayaratan tentunya perncatatan akan terlalu susah oleh karena itu ada beberapa dokumen yang disampaikan dan prosesnya sesegera mungkin karena pencatatan tujuan akhirnya adalah masuk ke sandbox,” Kata Nurhaida Selasa (3/9).

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menambahkan OJK membangun minisite “GESIT” sebagai bentuk awal dari pengembangan supervisory technology (suptech) untuk IKD, dan berharap pengurusan pencatatan, pendaftaran serta pemenuhan aspek kepatuhan hukum lainnya untuk Inovasi Keuangan Digital menjadi semakin mudah.

Terkait Inovation Center atau Fintech Center (OJK Invinity) Wimboh mengatakan OJK Invinity secara aktif membangun ekosistem fintech yang dapat menjadi bagian dari sistem keuangan Indonesia, dan memberikan manfaat bagi masyarakat, dengan menghadirkan layanan jasa keuangan yang inovatif, efektif, efisien namun tetap mengedepankan perlindungan konsumen.

Baca Juga :   Indhex Diharapkan Mampu Dorong Pasar Global

“Lahirnya OJK infinity ini adalah memberikan platform tempat dukungan atas kehadiran teknologi yang dimanfaatkan sebesar besarnya oleh sektor jasa keuangan dan masyarakat untuk memajukan bangsa dan negara. karena teknologi ini tidak bisa di hindari yang hanya bisa dilakukan adalah marilah kita bekerja sama agar kehadiran teknologi ini memberikan manfaat kepada kita semua, ” jelas Wimboh. (Red)


Photo Credit : Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida memberikan potongan tumpeng kepada Ketua Dewan Komisioner OJK wimboh Santoso menandai di resmikannya misisite Gesit, di Jakarta, selasa (03/09). TELEGRAF



Komentar Anda