Perkuat Tata Ruang Wilayah Staff Kementrian ATR/BPN Belajar Ke Belanda

“Teman-teman adalah orang-orang terpilih, jadi harus bisa merubah institusi ini jauh lebih baik. Harus aktif mengambil semua kesempatan dan ilmu, serta menerapkannya di Indonesia, termasuk metode/instrumen penerapan sanksi administrasi yang sedang dikembangkan,”

Perkuat Tata Ruang Wilayah Staff Kementrian ATR/BPN Belajar Ke Belanda

Telegraf, Jakarta – Staf Kementrian Agraria dan Tata Ruang /Badan Pertahanan Nasional (ART/BPN) mendapat beasiswa dari pemerintah Belanda melaui Nuffic Neso.

Dua puluh staf ATR/BPN akan di kirim ke belanda untuk mengikuti pelatihan intensif selama seminggu yang akan di fokuskan pada instrumen aplikasi bagi Direktorat Jenderal Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Penguasaan Tanah (Ditjen. PPRPT).

Hal ini di lakukan untuk menghadapi berbagai isu penyimpangan alih fungsi lahan yang tidak sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), serta penegakan hukumnya.

Beasiswa dalam bentuk Tailor Made Training (StuNed-TMT) yang akan berlangsung dari tanggal 5 November hingga 23 Novemver mendatang di laksanakan di IHS Erasmus University Rotterdam dan Radboud University Nijmegen,Belanda.

Nuffic Neso Indonesia menyerahkan beasiswa StuNed dari pemerintah Kerajaan Belanda bagi 20 staf Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam bentuk Tailor Made Training (StuNed-TMT) di IHS Erasmus University Rotterdam dan Radboud University Nijmegen, Belanda.

Pelatihan intensif selama 3 minggu tersebut akan difokuskan pada instrumen aplikatif bagi Direktorat Jenderal Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Penguasaan Tanah (Ditjen. PPRPT), dalam menghadapi berbagai isu penyimpangan alih fungsi lahan yang tidak sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), serta penegakan hukumnya. Sesi penyerahan Scholarship Award dari Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl, yang diterima Dirjen. PPRPT, Budi Situmorang, berlangsung di gedung ATR/BPN, Senin (22/10).

Dari siaran pers yang diterima dimeja telegraf, hadir dalam penyerahan beasiswa Dirjen. PPRPT Budi Situmorang menyampaikan penghargaan kepada pemerintah Belanda yang telah memberikan kesempatan bagi stafnya untuk meningkatkan kapasitas mereka. Hal ini tentu akan berdampak pada meningkatnya kualitas serta kinerja kementerian.

“Teman-teman adalah orang-orang terpilih, jadi harus bisa merubah institusi ini jauh lebih baik. Harus aktif mengambil semua kesempatan dan ilmu, serta menerapkannya di Indonesia, termasuk metode/instrumen penerapan sanksi administrasi yang sedang dikembangkan,” ungkapnya dalam siaran pers.

Sementara itu Peter van Tuijl, Direktur Nuffic Neso Indonesia menjelaskan, selain mempererat hubungan Bilateral kedua Negara (belanda dan Indonesia), diharapkan Kementerian ATR/BPN dapat mengurangi problematika yang timbul antara manusia dengan alam serta dapat mengatur berbagai sektor dalam tatanan yang benar.

“Apa yang dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN sangatlah penting. Kementerian ATR/BPN mengurusi hal-hal untuk mengurangi konflik manusia dengan alam, dan bagaimana mengatur berbagai sektor untuk berada pada tatanan yang benar. We need to manage our land well,” kata Peter van Tuijl. (Red)


Photo Credit : Perkuat Tata Ruang Wilayah Staff Kementrian ATR/BPN Ke Belanda. FILE/Dok/Ist Photo

Share



Komentar Anda