Perhelatan Java Jazz di Hari Pertama Tetap Ramai Biarpun Sempat Diguyur Hujan

"Java Jazz Festival sendiri dimeriahkan oleh sederet musisi kenamaan Internasional maupun lokal yang memeriahkan JI EXPO tahun ini. Sejumlah nama-nama musisi yang dipastikan hadir yaitu Sergio Mendes, Chick Corea, Nik West, Bebel Gilberto, Incognito, Mezzoforte, King, Morgan James, Elliott Yamin, dan lainnya."

Perhelatan Java Jazz di Hari Pertama Tetap Ramai Biarpun Sempat Diguyur Hujan


Telegraf, Jakarta – Sukses mungkin itulah kata yang tepat untuk setiap gelaran musik Java Jazz Festival (JJF). Ajang pertunjukan para musisi jazz ini, selalu menarik perhatian masyarakat dan khalayak luas baik dalam ataupun luar negeri, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya penonton yang hadir di venue JJF 2017 pada hari pertama ini.

Sejumlah musisi lokal maupun mancanegara terlibat ikut mengisi dan meramaikan event jazz wajib tahunan yang bergengsi ini. Menariknya, dengan didukung oleh konsep budaya Indonesia yakni budaya betawi dan juga ada yang lain dari sisi penataan stage dan booth yang ada kali ini.

Sebut saja pada hari pertama digelar, ada penampilan yang sangat menarik dari Ema Larson, yang menghentak dengan begitu jazzinya, sesuatu yang sangat menarik ketika Ema membawakan track yang berjudul Sing To The Sky, seketika dengan warna jazz yang begitu dinamis, Ema berhasil memberikan sihir bagi para Jazzer semua yang hadir di venue dengan konsep stage yang mengusung tema beberapa tempat duduk ditaruh didepan panggung pertunjukan, sembari santai dan duduk penonton diajak menikmati aliran musik dari track-track yang disuguhkan.

Di stage yang lain ada penampilan dari Zap Mama, yang juga menghentak dengan lagu-lagunya yang dibalut dengan warna dan aransemen ala Timur Tengah dan Afrika, dimana penampilan dari Zap Mama ini juga menyedot banyak perhatian dari para penonton yang memadati area depan stage, dengan style dan warna musik jazz yang agak berbeda Zap Mama sukses menghibur penonton dihari pertama pembukaan JJF 2017 tersebut.

Kendati hujan turun pada waktu pertengahan jalannya acara, namun hal tersebut tidak membawa efek yang signifikan bagi para pengunjung JJF 2017 kali ini, justru para jazzer terlihat lebih menikmati pertunjukan dengan suasana berbeda yaitu diguyur hujan. Hal itu bisa dilihat di stage out door yang memang sempet diserang oleh turunnya hujan, dimana di stage out door tersebut tampil bang jazz lokal yaitu The Groove. Biarpun hujan mengguyur, namun pertunjukan tetap berjalan ramai dan lancar, bahkan banyak penonton yang justru memakai payung dibawah guyuran hujan untuk menyaksikan aksi dari salah satu band jazz lokal yang sudah memasuki umur ke dua puluh tahun itu.

Java Jazz Festival sendiri dimeriahkan oleh sederet musisi kenamaan Internasional maupun lokal yang  memeriahkan JI EXPO tahun ini. Sejumlah nama-nama musisi yang dipastikan hadir yaitu Sergio Mendes, Chick Corea, Nik West, Bebel Gilberto, Incognito, Mezzoforte, King, Morgan James, Elliott Yamin, dan lainnya.
Sedangkan musisi lokal yang ikut memeriahkan Java Jazz Festival 2017 ini, antara lain seperti Barasuara, Afgan, Andien, Tulus, Glenn Fredly, Endah n Rhesa dan masih banyak lagi ada sekitar seratusan musisi. (Red)

Photo credit : Telegraf/Koeshondo W. Widjojo


KBI Telegraf

close