Pentingnya Perencanaan Investasi dan Pengaturan Keuangan Untuk Hidup di Kemudian Hari

“SR013 merupakan instrumen investasi berbasis syariah yang mudah dibeli melalui online, aman karena diterbitkan pemerintah dan dijamin Undang-Undang, serta terjangkau”

Pentingnya Perencanaan Investasi dan Pengaturan Keuangan Untuk Hidup di Kemudian Hari

Telegraf – Jika ingin memiliki hidup normal dimasa pensiun perencanaan investasi dan pengaturan keuangan sudah harus di rencanakan sejak usia muda, bahkan sejak first job, ini di lakukan untuk memiliki finansial pada saat masa yang akan datang.

Hal itu diungkapkan Financial Trainer Founder & CEO OM Financial, Ligwina Hananto dalam talkshow webinar dengan judul “Investasi yang Baik di Tengah Pandemi” yang di gelar oleh bank BNI Syariah dalam rangka sosialisasi produk investasi surat berharga syariah negara ritel atau Sukuk Ritel SR-013. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan memperkenalkan instrumen investasi perbankan yang aman dan sesuai prinsip syariah.

“Investasi dapat dilakukan apabila kewajiban seperti utang, cicilan, dan uang kebutuhan rutin harian sudah dilakukan dengan baik. Rasio investasi yang sehat adalah 10-30% dari penghasilan perbulan,” tuturnya.

Analis Senior Pengelolaan Transaksi SBSN Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Ricky Gigih Prayoga mengajak investor muda terutama dari generasi milenial untuk berinvestasi melalui instrumen surat berharga negara (SBN). Salah satu produk investasi untuk investor ritel yang terbaru dikeluarkan pemerintah adalah Sukuk Negara Ritel seri SR013.

“SR013 merupakan instrumen investasi berbasis syariah yang mudah dibeli melalui online, aman karena diterbitkan pemerintah dan dijamin Undang-Undang, serta terjangkau,” kata Gigih.

Sukuk Ritel mempunyai dengan tingkat imbal hasil 6,05 persen per tahun dibayar per bulan dengan pajak 15% dari imbalan. Dengan membeli Sukuk Ritel, menurut Ricky masyarakat turut berkontribusi terhadap pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia.

Pemimpin Divisi Dana Ritel BNI Syariah, Ida Triana Widowati mengatakan BNI Syariah ditunjuk sebagai mitra distribusi baru penjualan surat berharga syariah negara ritel atau Sukuk Ritel SR-013. Dalam penjualan perdana SR013. Keunggulan masyarakat membeli SR-013 di BNI Syariah diantaranya BNI Syariah menyediakan hadiah untuk pembelian SR-013 minimal Rp100 juta. Didukung oleh teknologi dan jaringan BNI, BNI Syariah siap memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dalam berinvestasi.

Proses pembelian Sukuk Ritel SR-013 sudah bisa dilakukan dengan sistem online melalui portal https://HaiSBSN.bnisyariah.co.id. HaiSBSN merupakan platform yang disediakan oleh BNI Syariah untuk mengakomodasi investor melakukan transaksi pemesanan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel Online yang ditawarkan oleh pemerintah. Informasi lebih lanjut bisa mengakses website BNI Syariah www.bnisyariah.co.id. (AK)


Credit Photo : Pemimpin Divisi Dana Ritel BNI Syariah, Ida Triana Widowati (layar kanan atas); Financial Trainer Founder & CEO OM Financial, Ligwina Hananto (layar kiri bawah); Analis Senior Pengelolaan Transaksi SBSN Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Ricky Gigih Prayoga (layar kanan bawah) ketika mengisi talkshow webinar: “Investasi yang Baik di Tengah Pandemi”, Selasa (15/9)/Istimewa


 

Atti K.