Pence Tolak Hadiri di Pidato Pertama Trump Pasca Lengser

"Presiden ke-45 itu juga akan mengkritik kebijakan President Biden tentang amnesti dan masalah perbatasan,”

Pence Tolak Hadiri di Pidato Pertama Trump Pasca Lengser

Telegraf – Mantan Presiden Amerika Serikat ke 45 Donald Trump akan berpidato di ajang kelompok konservatif di Orlando, Florida, pada pekan depan, tetapi mantan Wakil Presiden Mike Pence menolak undangan untuk hadir di acara yang sama.

Pada Konferensi Aksi Politik Konservatif nanti, Trump akan muncul di muka umum untuk pertama kalinya sejak ia meninggalkan Gedung Putih pada 20 Januari.

Panitia acara masih berharap Pence akan berubah pikiran dan bersedia hadir untuk ikut berpidato, menurut berita CNN, Minggu (21/02/2021).

Pence dikabarkan ingin istirahat dan menjauh dari politik selama setidaknya enam bulan ke depan.

Hubungan Pence dan Trump menghadapi ujian berat setelah kerusuhan di Gedung Capitol 6 Januari lalu. Ketika itu massa pendukung Trump menyerbu Capitol untuk menggagalkan sidang Kongres dalam penetapkan Joe Biden sebagai presiden terpilih.

Pence, yang juga menjabat sebagai presiden Senat dan memimpin sidang, harus dievakuasi bersama keluarganya yang juga turut hadir di Gedung Capitol.

Dalam sejumlah video, massa pendukung Trump berteriak “gantung Pence, gantung Pence!”

Tidak seperti Trump, Pence mengakui kemenangan Biden dan hadir dalam pelantikan presiden baru, sembari menolak undangan acara perpisahan Trump pada hari yang sama.

Pada konferensi pekan depan, Trump akan bicara tentang masa depan Partai Republik dan gerakan konservatif.

“Presiden ke-45 itu juga akan mengkritik kebijakan President Biden tentang amnesti dan masalah perbatasan,” kata seorang sumber CNN.

Baca Juga :   Situasi Semakin Kacau Puluhan Orang Tewas di Myanmar

Saat ini Trump sendiri tinggal di wisma Mar-a-Lago, Florida, properti bisnis Trump yang juga disewakan sebagai ruang konferensi dan penginapan papan atas.

Selama sepekan terakhir, Trump menerima kunjungan sejumlah petinggi Partai Republik seperti Senator Utah Mike Lee dan anggota DPR Louisiana Steve Scalise.

Namun, Ketua Fraksi Partai Republik Mitch McConnell bertekad tidak akan menemui Trump.

McConnell terlibat sengketa dengan Trump setelah ia mengakui kemenangan Biden, dan hubungan mereka makin memanas setelah McConnell mengatakan, bahwa Trump bertanggung jawab secara moral pada kerusuhan 6 Januari di Capitol, dalam sidang pemakzulan pekan lalu.

Tiga hari setelah sidang, Trump pun kemudian membuat pernyataan panjang untuk mengecam McConnell.


Photo Credit: Mantan Presiden AS Donald Trump dan mantan Wakil Presiden AS Mike Pence dari Republik. GETTY IMAGES

 

Koes Anindya