Pembiayaan ALAMI Tembus Hingga Lebih Rp2 Triliun

Tanggal:


Telegraf – ALAMI ( perusahaan teknologi keuangan peer-to-peer lending berbasis syariah) mencatat penyaluran pembiayaan mencapai Rp2,19 triliun per bulan Maret 2022. hal itu di ungkapkan oleh Direktur Utama PT ALAMI Fintek Sharia, Harza Sandityo dalam rilis yang di terima telegraf.

Harza mengatakan pencapaian ini didorong oleh pemaksimalan teknologi yang dimiliki ALAMI untuk memudahkan UMKM di berbagai wilayah memperoleh akses pembiayaan secara syariah. Hingga saat ini, ALAMI telah mendanai lebih dari 8.500 proyek pembiayaan UMKM di Indonesia.

Kinerja positif ini masih tetap diikuti dengan kualitas pembiayaan yang baik, dimana di industri P2P lending diukur dengan TKB90 (Tingkat Keberhasilan Pembayaran lebih dari 90 hari) berada di level 100% atau jika dianalogikan pada perbankan syariah dikenal dengan Non-Performing Financing (“NPF”) berada di level 0%.

“End to end process yang dilakukan secara digital mengakibatkan proses yang dilalui oleh calon penerima pembiayaan menjadi lebih cepat. Dari mulai upload dokumen di aplikasi sampai proses pencairan dana, seluruhnya dilakukan secara digital. Dengan demikian, keamanan data nasabah juga lebih terjaga,” ungkap Harza.

Tercatat per bulan Maret 2022, pendana (funder) ALAMI tumbuh signifikan sebesar 370% secara tahunan (year on year) dan jumlah pengguna aplikasi ALAMI mencapai lebih dari 83 ribu tersebar di 482 kota/kabupaten yang berada di 34 provinsi.

Akselerasi pencapaian tersebut memperlihatkan bahwa awareness dan kepercayaan masyarakat terhadap P2P lending syariah terbukti terus meningkat. Selain karena faktor teknologi yang membuat pengalaman pengguna menjadi lebih mudah dan praktis dalam satu aplikasi, risiko investasi lebih terukur karena terinformasi secara transparan di awal.

ALAMI terus mengedepankan prinsip syariah yang berkeadilan dan transparan dalam menjalankan kegiatan bisnisnya, diantaranya melalui penyampaian biaya-biaya baik ujrah maupun biaya layanan secara transparan kepada nasabah. ALAMI pun tidak mengenakan biaya penalti untuk pelunasan yang dipercepat. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki ALAMI, semakin membuka kesempatan bagi para pemilik usaha untuk memilih ALAMI sebagai mitra dengan SLA yang lebih cepat dan aman.

Photo Credit : Infografis Pembiayaan ALAMI/Doc/Ist

 

Atti K.

Artikel Terbaru

Artikel Lainnya
Telegraf

Kemampuan Digital Harus Beradaptasi Dengan Pemanfaatannya

Telegraf - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Dewan...

Jokowi dan Ganjar Pranowo Takziah ke Kediaman Buya Syafii

Telegraf - Kabar duka menyelimuti tanah air. Cendekiawan muslim...

Sosok Panutan Itu Telah Pergi, Buya Syafii Wafat Hari Ini

Telegraf - Umat Islam bahkan bangsa Indonesia kehilangan sosok...

PLN Buka Program Tambah Daya, Bisa Lewat Aplikasi

Telegraf - PT PLN (Persero) mengajak masyarakat memanfaatkan program...