Para Pemimpin Dunia Ucapkan Turut Berbela Sungkawa Atas Meninggalnya Bhumibol Adulyadej

Para Pemimpin Dunia Ucapkan Turut Berbela Sungkawa Atas Meninggalnya Bhumibol Adulyadej

"Rakyat India dan saya bersama dengan rakyat Thailand yang tengah berduka atas kehilangan salah satu pemimpin tertinggi di masa ini, Raja Bhumibol Adulyadej."

Para Pemimpin Dunia Ucapkan Turut Berbela Sungkawa Atas Meninggalnya  Bhumibol Adulyadej

Telegraf, Jakarta – Para pemimpin dunia menyampaikan belasungkawa atas kematian Raja Thailand Bhumibol Adulyadej pada Kamis (13/10). Mulai dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama hingga Presiden Rusia Vladimir Putin memuji kepemimpinan Raja Bhumibol di Thailand.

Obama mengatakan bahwa monarki Thailand adalah “sahabat dekat” dan mitra AS. Dia mengatakan bahwa Bhumibol adalah “juara yang tidak pernah lelah” bagi pembangunan Thailand, memuji Raja terlama di dunia itu atas “pengabdiannya yang tulus” dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Saya mendapat kehormatan bertemu dengan Yang Mulia Raja dalam kunjungan ke Thailand pada 2012, dan mengenang kembali kebaikan dan kehangatannya, begitu juga dengan kasih sayang dan perhatiannya yang dalam kepada rakyat Thailand,” ujar Obama, dikutip AFP.

Rival Obama di kancah internasional, Presiden Rusia Vladimir Putin mengirimkan telegram ucapan duka cita atas kematian Bhumibol. Putin mengatakan “selama puluhan tahun kepemimpinannya dia telah mendapatkan kasih yang tulus dari rakyat dan penghormatan di luar negeri.”

Pemerintah Singapura dan Malaysia juga menyampaikan hal yang sama. Singapura dalam pernyataannya mengatakan bahwa Raja Bhumibol adalah orang “bekerja tanpa lelah bagi kebaikan rakyat Thailand.”

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan Bhumibol telah “membimbing Kerajaan Thailand dengan hormat, berdedikasi dan visi sepanjang hidupnya. Dia akan sangat dirindukan.”

Sementara itu Presiden China Xi Jinping memuji Bhumibol atas perkembangan Thailand. Xi mengatakan bahwa Bhumibol memiliki peran besar dalam hubungan yang baik antara China dan Thailand.

Perdana Menteri Narendra Modi menyampaikan duka cita melalui Twitter: “Rakyat India dan saya bersama dengan rakyat Thailand yang tengah berduka atas kehilangan salah satu pemimpin tertinggi di masa ini, Raja Bhumibol Adulyadej.”

Presiden Indonesia Joko Widodo turut dalam barisan pemimpin yang menyampaikan belasungka. Menurut Jokowi, Bhumibol merupakan raja yang dekat dengan rakyat dan mampu membawa kedamaian, persatuan, dan kesejahteraan bagi negeri gajah itu.

“Kesederhanaan Raja Bhumibol dan perhatiannya terhadap rakyat patut kita teladani,” kata Jokowi.

Sekretaris Jenderal Ban Ki Moon mengatakan rakyat Thailand harus  meneruskan cita-cita Bhumibol. “Sekretaris Jenderal menyatakan harapan Thailand akan melanjutkan warisan Raja Bhumibol dalam komitmennya terhadap nilai-nilai universal dan penghargaan terhadap hak asasi,” ujar pernyataan Ban. (den/ist)

Foto : Presiden Amerika Serikat Barack Obama juga turut berbela sungkawa atas meninggalnya Bhumibol Adulyadej. | Reuters/Chrystia Freeland

KBI Telegraf

close