Panglima TNI Tegaskan Bahwa Gotong-Royong Membuat Indonesia Merdeka

Panglima TNI Tegaskan Bahwa Gotong-Royong Membuat Indonesia Merdeka

"Gotong royong yang membuat Indonesia merdeka. Dulu para pahlawan kita berjuang untuk merdeka selama 350 tahun, namun tidak membuahkan hasil karena bersifat kedaerahan. Setelah Sumpah Pemuda lahir, seluruh pahlawan bergotong royong untuk melawan penjajah, dan Indonesia berhasil merebut kemerdekaan. Inilah yang membuat bangsa indonesia kuat. Budaya dengan budaya saling menguatkan. Bhinneka Tunggal Ika ya dari budaya ini,"

Panglima TNI Tegaskan Bahwa Gotong-Royong Membuat Indonesia Merdeka


Telegraf, Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, mengatakan, berbagai macam suku, adat dan budaya yang dimiliki oleh Indonesia telah memperekat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kekuatan budaya yang dijaga secara berkesinambungan membuat Indonesia aman. Budaya perekat yang luar biasa,” kata Panglima TNI di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, (05/07/2017).

Menurut dia, hingga kini Indonesia masih banyak peninggalan budaya dan warisan leluhur yang masih terjaga dengan baik di tengah-tengah masyarakat.

Ia menjelaskan, Indonesia memiliki banyak suku dan adat istiadat yang unik dan berbeda dari Sabang sampai Merauke, tetapi keberadaannya tetap terjaga karena sikap ke-Indonesiaannya tetap terjaga.

“Tidak ada satu suku pun yang tidak punya ciri khas. Setiap daerah, suku sekecil apapun punya senjata dan tarian perang yang unik. Kumpulan orang-orang yang memiliki ciri khas merupakan kekuatan yang dimiliki bangsa ini,” tegas Panglima TNI.

Mantan KSAD ini menjelaskan, kekuatan budaya Indonesia juga memiliki ciri khas, yakni ketika jati dirinya diusik maka mereka tidak akan takut mati. Ciri khas yang dimiliki tersebut akhirnya bersatu dalam semangat gotong royong.

“Gotong royong yang membuat Indonesia merdeka. Dulu para pahlawan kita berjuang untuk merdeka selama 350 tahun, namun tidak membuahkan hasil karena bersifat kedaerahan. Setelah Sumpah Pemuda lahir, seluruh pahlawan bergotong royong untuk melawan penjajah, dan Indonesia berhasil merebut kemerdekaan. Inilah yang membuat bangsa indonesia kuat. Budaya dengan budaya saling menguatkan. Bhinneka Tunggal Ika ya dari budaya ini,” tegas Gatot.

“Ratusan tahun kami dalam lingkup kebersamaan. Kami dari berbagai agama tetap menjunjung tinggi toleransi keberagaman. Tidak ada yang mempermasalahkan dari agama manapun,” pungkasnya.

Photo Credit : Antara


KBI Telegraf

close