Pandemi, Perubahan Hidup Masyarakat Dari Offline Menjadi Online Guna Penuhi Kebutuhan

Pandemi, Perubahan Hidup Masyarakat Dari Offline Menjadi Online Guna Penuhi Kebutuhan

"BNI Syariah mengangkat value proposition Hasanah Banking Partner, dimana keberadaan BNI Syariah dapat menjadi partner yang Hasanah untuk nasabah, tidak hanya berorientasi pada keuntungan dunia, melainkan juga memberikan kebaikan (Hasanah) untuk kehidupan akhirat (Hasanah Way),"

Pandemi, Perubahan Hidup Masyarakat Dari Offline Menjadi Online Guna Penuhi Kebutuhan

Telegraf – Pandemi Covid merubah prilaku manusia dalam menjalani hidup, baik masalah kesehatan ataupun dalam sisi memenuhi kebutuhan, untuk kesehatan masyarakat lebih aware dengan kesehatan. Mau gak mau masyarakat harus rajin bercuci tangan dan melakukan lebih bersih dari biasannya sebelum pandemi, sementara untuk memenuhi kebutuhannya masyarakat sudah beralih dari off line menjadi online.

Berbelanja online, bekerja online harus dilakukan di karenakan masyarakat sadar bahwa virus covid-19 harus di putus mataranti penyebarannya serta mendukung pemerintah adanya aturan di rumah saja serta pembatasan sosial baik bersekala besar maupun new normal. Kebiasaan lainpun mengikuti perubahan seperti tren berdonasi masyarakat Indonesia pun mengalami perubahan.

“Sejak bulan Maret lalu, pengguna Tokopedia telah berdonasi lebih dari Rp33 miliar yang disalurkan ke seluruh Indonesia melalui lembaga sosial terhubung berupa barang atau pun jasa yang disesuaikan dengan kebutuhan penanggulangan wabah COVID-19 seperti, Alat Pelindung Diri (APD), Ventilator, Rapid Test Gratis di Sarana Publik, Bantuan Disinfektan untuk Masjid, dan THR serta Sembako. Di sisi lain, masyarakat pun dipermudah dalam membayar zakat selama PSBB melalui fitur Zakat di Tokopedia Salam,” ungkap Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda dalam Talkshow Webinar bertema “Yang Muda Yang Peduli Sesama” Selasa (27/10/2020).

Hal serupa juga di katakan Kepala Divisi Pengumpulan Ritel Nasional Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Fitriansyah Agus Setiawan saat ini donasi BAZNAS melalui channel digital mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Dengan cara digital dapat menguatkan memudahkan donasi dan trend pengumpulan donasi luar biasa. tren pengumpulan donasi jakat psaat donasi pertumbuhannya pesat sekali. Perbandingan di tahun 2019 dan 2020 ternyata ada pergeseran untuk layanan ofline ternyata 51 persen smentara chanel digital kta sekitar 49 persen dan di tahun 2020 ini karena adanya kebijakan di rumah saja membuat chanel online merangkak naik hingga mencapai 89 persen sementara chanel off line hanya mencapai 21 persen ini terlihat perubahan yang sangat signifikan,” tutur Fitriansyah.

Melihat fenomena tersebut perbankan syariah bersama stakeholders lainnya harus berperan aktif untuk menangkap peluang, seperti PT Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah terus berkontribusi mengembangkan ekosistem halal di Indonesia. diantaranya melalui kerja sama dengan Tokopedia Salam, BAZNAS, dan Ruangguru.

Baca Juga :   BTN Umumkan Pertumbuhan Laba Bersih Kuartal III 2021 Naik 35,32 Persen

“BNI Syariah mengangkat value proposition Hasanah Banking Partner, dimana keberadaan BNI Syariah dapat menjadi partner yang Hasanah untuk nasabah, tidak hanya berorientasi pada keuntungan dunia, melainkan juga memberikan kebaikan (Hasanah) untuk kehidupan akhirat (Hasanah Way),” kata Pemimpin Divisi Kartu Pembiayaan BNI Syariah, Rima Dwi Permatasari.

Ia juga mengungkapkan BNI Syariah mengeluarkan BNI iB Hasanah Card yang merupakan produk bisnis kartu pembiayaan BNI Syariah sebagai solusi transaksi hijrah Hasanah. Diharapkan kartu BNI iB Hasanah Card bisa digunakan sebagai jalan keluar bagi masyarakat yang ingin bertransaksi sesuai prinsip syariah.

Lanjutnya hingga saat ini jumlah pengguna kartu pembiayan BNI iB Hasanah Card sebanyak 350 ribu nasabah. Sejalan dengan peningkatan jumlah pengguna, Sales Volume BNI iB Hasanah Card pada 2019 juga mengalami peningkatan hingga menembus Rp1,2 Triliun. Dengan nasabah BNI iB Hasanah Card diharapkan kerjasama bersama Tokopedia Salam, Ruangguru dan BAZNAS ini dapat mengoptimalkan implementasi commercial dan social finance. (AK)


Photo Credit : Pemimpin Divisi Kartu Pembiayaan BNI Syariah, Rima Dwi Permatasari; Kepala Divisi Pengumpulan Ritel Nasional Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Fitriansyah Agus Setiawan; Head of Tokopedia Salam, Bapak Garri Juanda; Head of Public Policy Ruangguru, Amri Ilmma
(Dari kiri atas sampai kiri bawah) dalam acara Talkshow Webinar dengan judul “Yang Muda Yang Peduli Sesama”, Selasa (27/10). FILE/Doc/Ist

 

Atti K.

close