Pabrik Baru Compressor AC di Bekasi untuk Penguatan Production Base

Pabrik Baru Compressor AC di Bekasi untuk Penguatan Production Base

“Perusahaan menambah investasi, menambah karyawan baru, serta meningkatkan jumlah dan kepemilikan supplier lokal dalan kegiatan produksi. Semuanya potensial mendukung pertumbuhan industri nasional,”

Pabrik Baru Compressor AC di Bekasi untuk Penguatan Production Base

Telegraf, Bekasi – PT TD Automotive Compressor Indonesia (TACI) dari awal pendirian pabrik baru sudah punya berbagai planning (perencanaan) termasuk captive market dan segmen (pasar). Pendirian pabrik baru TACI patungan antara Astra Otoparts dengan Toyota Industries Co., Denso International Asia dan Toyota Tsusho Indonesia sudah merencanakan bahwa Indonesia pantas sebagai production base. “Awal pendirian pabrik baru, (planning) kami tentukan mana market yang akan dibidik. Thailand sebagai production base tapi bukan competitor untuk industri compressor. Semua mobil di Thailand terutama merek Toyota, impor dari kami juga. Kami bisa tembus (pasar) kesana, karena induk perusahaan sudah buat planning seperti itu,” A.K. Hadi, Wakil Presiden Direktur PT TD Automotive Compressor Indonesia (TACI) mengatakan kepada Redaksi.

TACI meresmikan pabrik baru compressor AC di Indonesia, tepatnya di kawasan industri MM2100, Bekasi (14/10). Hadir pada acara peresmian pabrik antara lain Sekjen Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Syarif Hidayat, bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, perwakilan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia Shuichi Akamatsu, serta perwakilan dari kementerian perdagangan, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan lain sebagainya. Pabrik seluas 4,3 hektar dengan luas lahan 10 hektar diresmikan langsung dengan prosesi gunting pita. Para undangan sempat mengelilingi pabrik untuk melihat langsung proses produksi compressor AC tersebut. “Dari dulu, compressor punya perusahaan sendiri. Toyota Industry Co., awalnya (produksi compressor) tapi pemasaran oleh Denso International Asia karena ikut jaringan besar AC unit. Di Indonesia juga berlaku khusus karena technologynya. Porsi teknologi AC dimana induk perusahaan TACI lebih besar. Kami anggap (teknologi AC) lebih strategis kalau produksinya di ndonesia. Penetrasi (pasar) bisa lebih luas.”

Pabrik pertama TACI telah memproduksi sekitar 10 juta compressor AC untuk kendaraan roda empat pasar original equipment manufacturer (OEM). Compresor tersebut membidik pasar domestik dan internasional. Beberapa merek seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, Suzuki, Perodua, Ford dan General Motors sudah menggunakan compressor produksi TACI. Peresmian pabrik baru ini, TACI diharapkan memberikan kontribusi positip untuk industri otomotif Indonesia tertama aspek kualitas. “TACI bukan hanya bidik pasar Asia, tapi seluruh dunia. Karena untuk compressor fixed life, salah satu production base di Indonesia, ekspor kita ke Mexico, Venezuela, Thailand, dan lain sebagainya. Local content mencapai 80 persen. Karena sebagian barang yang key point dari komponen, seperti alumunium hose, cilinder, plate, piston, semua semi finished, dan Added value (nilai tambah).”

Sementara itu, Syarif Hidayat (Sekjen Kemenperin) mengapresiasi kepada TACI atas pembangunan pabrik pertamanya yang akan memproduksi komponen otomotif khususnya compressor dengan clutch. Pembangunan pabrik ini tentunya akan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian Indonesia. “Perusahaan menambah investasi, menambah karyawan baru, serta meningkatkan jumlah dan kepemilikan supplier lokal dalan kegiatan produksi. Semuanya potensial mendukung pertumbuhan industri nasional,” Syarif mengatakan kepada Redaksi.

Secara nasional saat ini terdapat sekitar 1500 perusahaan komponen otomotif di Indonesia. Dari 1.500 tersebut, ada tiga bagian yakni Tier 1, Tier 2 dan Tier 3. Selain berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan komponen untuk industri perakitan kendaraan bermotor dalam negeri, pembangunan pabrik juga menjadi wahana alih teknologi. “Ada kesempatan pengembangan sumber daya manusia di bidang industri otomotif, selain alih teknologi.” (S. Liu)

Foto : Ilustrasi asembling otomotif di Cikarang sebagai salah bentuk penguatan production base. | Antara Photo

KBI Telegraf

close