Connect with us

Olahraga

Marc Marquez Nantikan Persaingan Ketat di MotoGP Mandalika

Published

on

Photo Credit: Para pebalap MotoGP yang akan berlaga di sirkuit Mandalika melakukan parade di sepanjang Jalan MH Thamrin dari Istana Negara menuju Bundaran Hotel Indonesia pada Rabu (16/3/2022). Rhyiady BN

Telegraf – Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 diyakini akan menyajikan adu cepat para pebalap dengan ketat dan menantang. Karakter berbeda dari sirkuit Jalan Raya Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi alasannya.

Salah satu pebalap yang diprediksi tampil luar biasa dan meraih posisi puncak podium adalah juara dunia enam kali kelas premier, Marc Marquez.

Pebalap asal Spanyol yang jadi primadona saat sesi penyambutan para rider di Bandara Lombok pada Rabu malam, pun mengutarakan keyakinannya untuk mempertajam pencapaian dari balapan pertama di MotoGP Qatar, yang finis di peringkat kelima.

“Saya merasa bagus, balapan di Qatar adalah perasaan terbaik saya selama dua tahun belakangan,” kata Marquez.

Pol Espargaro yang memuncaki dua dari tiga sesi tes pramusim di Sirkuit Mandalika bulan lalu, dianggap Marquez jadi salah satu ancaman.

“Pol adalah salah satu rider tercepat di Tes sehingga ia akan jadi salah satu pebalap (yang harus diwaspadai) akhir pekan ini. Enea (Bastianini), Fabio (Quartararo), dan Brad (Binder) juga kencang. Banyak muka baru tetapi mereka membalap dengan cepat,” tuturnya.

Pol Espargaro pun mengungkapkan akan dapat mengulangi capaian sesi pra musim, dan meraih podium tertinggi saat balapan nanti. Ia pun menyelesaikan MotoGP Qatar di podium setelah sempat memimpin balapan selama setengah lebih balapan.

“Pramusim di sini (Mandalika) bagus, saya menikmati tempat ini. Tak mudah menghadapi tiga hari tes di sini tetapi saya bukan satu-satunya rider yang cepat di Mandalika”, ungkapnya.

Tiga pembalap dianggap Espargaro sebagai saingan terdekat dalam Pertaminan Grand Prix of Indonesia.

“Enea sangat cepat, Marc sangat cepat, Fabio sangat cepat. Saya menantikan balapan yang sangat ketat, semua akan bisa bersaing, sama seperti di Qatar,” katanya.

Catatan waktu gabungan di tes pramusim pun menunjukkan potensi persaingan yang ketat pada balapan nanti. Sebanyak 21 rider tercepat, dari Pol Espargaro hingga Fabio Di Giannantonio (Ducati) hanya terpaut kurang dari 1 detik.

Photo Credit: Para pebalap MotoGP yang akan berlaga di sirkuit Mandalika melakukan parade di sepanjang Jalan MH Thamrin dari Istana Negara menuju Bundaran Hotel Indonesia pada Rabu (16/3/2022). Rhyiady BN

 

Didik Fitrianto

Bagikan Artikel
Advertisement
Click to comment

Olahraga

Apresiasi Formula E Jakarta, Bamsoet: Prestasi Membanggakan

Published

on

Pembalap melaju usai start pada balapan Formula E seri kesembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (4/6/2022). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Pembalap melaju usai start pada balapan Formula E seri kesembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (4/6/2022). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Telegraf – Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bahwa kesuksesan penyelenggaraan balapan Formula E di Jakarta, Sabtu (04/06/2022), merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi Indonesia.

“Sebuah prestasi yang membanggakan mengingat untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia menjadi yang pertama menyelenggarakan Formula E musim 2022,” katanya yang juga sebagai Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Apa lagi, kata Bamsoet usai menyaksikan Jakarta e-Prix 2022 di JIE Circuit, Ancol, Jakarta, Formula E bukan sekadar ajang balap, tapi juga membawa pesan dan misi penting bagi penduduk dunia untuk mempercepat migrasi kendaraan berbahan bakar minyak ke bermotor listrik yang lebih ramah lingkungan.

“Hal ini sangat sejalan dengan visi dan misi IMI,” ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi langkah panitia pelaksana Formula E Jakarta 2022 yang turut memberikan kesempatan kepada lebih dari 260 UMKM menjajakan produknya di arena JIE Circuit (Jakarta International e-Prix Circuit).

Para pelaku UMKM ini bukan hanya berasal dari binaan Jakpreneur, tetapi juga berasal dari 10 provinsi di Indonesia, yakni Jambi, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

“Apresiasi juga harus diberikan kepada para pembalap Formula E yang telah bekerja keras menaklukan JIE Circuit. Memacu adrenalin sekaligus menghibur para penonton yang menyaksikan langsung di sirkuit maupun melalui tayangan televisi,”paparnya.

Hingga Sabtu pukul 13.00 WIB saja, dilaporkan sebanyak 24.000 penonton Formula E sudah diberangkatkan dari lokasi penukaran tiket sekaligus kantong parkir kendaraan di JIExpo Kemayoran menuju lokadi balap di Jakarta International e-Prix JIE Circuit. Untuk penonton televisi, diperkirakan tidak kurang dari 500 juta pasang mata penduduk dunia menyaksikan kejuaraan bergengsi ini.

Bamsoet juga turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Grid Walk dan membuka Jakarta e-Prix 2022 dan menyerahkan trofi juara kepada Mitc Evans dari Jaguar Racing.

Selain itu juga mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022 di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Chairman Organizing Committee Jakarta e-Prix 2022 Ahmad Sahroni serta Steering Committee Tinton Soeprapto, yang telah membuat Indonesia semakin dikenal di kancah event motorsport dunia.

Dlam gelaran tersebut, turut hadir juga antara lain Dewan Penasehat IMI yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menpora Zainudin Amali, dan Menaker Ida Fauziah.

Didik Fitrianto

Bagikan Artikel
Continue Reading

Olahraga

Jokowi: Formula E Ajang dan Tontonan Masa Depan

Published

on

Presiden Jokowi saat di Sirkuit Formula E Ancol, Sabtu (04/06/2022). BPMI Setpres/Laily Rachev
Presiden Jokowi saat di Sirkuit Formula E Ancol, Sabtu (04/06/2022). BPMI Setpres/Laily Rachev

Telegraf – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan secara langsung gelaran balap Formula E yang digelar di Sirkuit Formula E, Jakarta, Sabtu (04/06/2022). Presiden Jokowi bersyukur ajang balap mobil listrik tersebut berjalan dengan baik dan menilainya sebagai ajang dan tontonan masa depan.

“Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar dan baik. Saya kira ini event masa depan karena kita tahu nanti akan ada pergeseran dari mobil yang sekarang ke banyak nanti pemakai mobil listrik, sehingga ini menjadi sebuah tontonan yang ke depan menurut saya akan makin digemari,” katanya selepas acara.

Ia juga memandang bahwa ajang balap tersebut juga bagus untuk Indonesia terutama karena ke depannya Indonesia akan membangun ekosistem kendaraan listrik. Mulai dari nikel sebagai bahan mentahnya, smelter, industri litium baterai, hingga mobil listriknya.

“Saya kira ini teknologi yang dipertontonkan di Formula E ini akan juga mendukung ke arah sana. Semua akan menuju ke ramah lingkungan,” imbuhnya.

Jokowi juga menyatakan akan mendukung semua bentuk dan upaya yang baik bagi Indonesia, termasuk soal adanya wacana balapan Formula E di Jakarta digelar dalam dua seri seperti di sejumlah negara lain. Menurutnya, pemerintah pusat turut memberikan dukungan dalam berbagai bentuk.

“Saya kira mulai dari pembangunan sirkuitnya, saya juga turun untuk melihat kesiapan, kemudian juga semua yang berkaitan dengan barang-barang masuk, bea cukai di Kementerian Keuangan, kemudian Menparekraf juga saya kira izin-izin semuanya dikeluarkan, itu bentuk dukungan,” jelasnya.

Jokowi pun berharap ke depannya akan lebih banyak lagi penyelenggaraan ajang kompetisi balap serupa Formula E.

“Ya lebih baik, semua sirkuit lebih banyak event-nya akan makin produktif dan baik. Kalau bisa setiap minggu ada terus akan lebih baik. Setiap tahun 10 kali, 15 kali akan lebih baik,” ungkapnya.

Sebelumnya, Jokowi turut menyerahkan trofi kepada pemenang balapan bertajuk 2022 Jakarta E-Prix, yakni Mitch Evans. Pembalap asal Selandia Baru yang bertarung untuk tim Jaguar TS Racing tersebut finis di posisi pertama dengan catatan waktu balap 48 menit 28,424 detik.

Sementara itu, pembalap asal Prancis Jean-Eric Vergne dari tim DS TECHEETAH menempati posisi kedua, sedangkan Edoardo Mortara pembalap asal Swiss dari tim ROKiT Venturi Racing menyusul di tempat ketiga.

 

Didik Fitrianto

Bagikan Artikel
Continue Reading

Olahraga

Mendadak Akan Operasi, Marc Marquez Bakal Absen Balapan

Published

on

By

Marc Marquez (ESP/ Honda) dan Isaac Vinales (ESP/ Husqvarna). Photo: GEPA pictures/ Gold and Goose/ David Goldman

Telegraf – Pembalap Repsol Honda Marc Marquez membuat keputusan mengejutkan, Sabtu (28/05/2022), untuk menjalani operasi lengan kanan yang artinya membuat dia harus absen di sejumlah balapan musim ini.

Rencana operasi bedah di lengan kanan itu akan menjadi yang keempat kalinya sejak dia jatuh di Sirkuit Jerez pada balapan pembuka musim 2020.

Keputusan disampaikan secara mendadak di Sirkuit Mugello, Italia, di mana dia juga kembali jatuh di babak kualifikasi.

Berikut ini pernyataan tertulis Marquez

“Disayangkan, saya harus rehat dulu dari musim 2022 yang akan membuat saya tidak akan mengikuti kompetisi untuk sementara waktu.

Setelah kerja keras dengan tim medis saya yang baru di Madrid beberapa bulan ini, kondisi fisik saya telah membaik dan mampu mengurangi rasa tidak nyaman di lengan kanan sehingga saya bisa ikut di sejumlah grand prix, tetapi saya masih merasakan adanya keterbatasan yang signifikan di tulang humerus yang menghalangi saya untuk mengendarai sepeda motor sebagaimana mestinya dan mencapai tujuan yang selalu saya canangkan untuk diri sendiri.

Atas alasan tersebut, bersama tim medis yaitu Dr Samuel Antuña dan Dr Angel Cotorro, dan setelah berkonsultasi dengan dokter-dokter spesialis di Mayo Clinic, saya telah memutuskan untuk menjalani operasi baru dengan tujuan memperbaiki posisi saya di atas motor dan akan membuat saya bisa mengendara tanpa batasan-batasan yang terjadi sekarang.

Secara pribadi, saya masih memiliki motivasi and antusiasme yang maksimal untuk terus bekerja dan berupaya kembali berkompetisi di level tertinggi.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan yang selalu ditunjukkan oleh keluarga saya, orang-orang kepercayaan di sekitar saya, tim Repsol Honda, seluruh anggota tim medis saya, dan khususnya para penggemar yang selalu mendampingi saya di saat senang dan susah.”

Didik Fitrianto

Bagikan Artikel
Continue Reading

Olahraga

Jonatan Christie Raih Juara Tunggal Putra di Swiss Open 2022

Published

on

By


Telegraf – Atlet Bulutangkis Nasional Indonesia kembali menorehkan prestasi membanggakan di Swiss Open 2022. Penantian 20 tahun terbayar dengan diraihnya gelar juara tunggal putra oleh Jonatan Christie. Dari kelas ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pun ikut menambah harum nama Indonesia di kancah dunia.

Final Turnamen Swiss Open 2022 telah rampung di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, awal pekan ini. Sebagai sponsor resmi Tim Bulutangkis Indonesia melalui Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), BNI merasa Banggga dan mengapresiasi kemenangan yang telah lama dinanti tersebut.

“Tentunya raihan ini merupakan hasil dari perjuangan yang tak kenal menyerah dari para putra terbaik bangsa yang berhasil membuktikan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang tangguh, dan memiliki mental juara,” ungkap Direktur Utama BNI Royke Tumilaar dalam rilis yang di terima telegra, Jumat (1/3).

Ia juga mengungkapkan keluarga besar BNI HI-Movers ikut merasakan suka cita dan kegembiraan yang dirasakan oleh Jojo dan teman-teman. Terlebih, kemenangan terakhir dalam perebutan Swiss Open 2022 merupakan sebuah penantian 20 tahun yang sejarah prestasi olahraga nasional.

Roy mengatakan BNI berkomitmen terus mendukung pengembangan dan pembinaan cabang bulutangkis yang dilakukan PBSI untuk terus mengukir pencapaian – pencapaian bersejarah selanjutnya.

“Kami pun berterima kasih karena BNI diberi kesempatan untuk dapat berkontribusi dalam pengembangan olahraga bulutangkis di Indonesia,” katanya.

Belum lama ini, Ketua Umum PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) Agung Firman Sampurna mengapresiasi langkah dan komitmen BNI yang proaktif mengalokasikan dana pengembangan bagi Bulutangkis Indonesia.

Photo Credit : Para Tim Nasional bulutangkis Swiss Open 2022 saat menyambangi kantor cabang BNI di London di kawasan king Street London, Inggris Senin, (21/3)/Doc/Ist

Didik Fitrianto

Bagikan Artikel
Continue Reading

Olahraga

Alexander Zverev Kena Diskors Selama 8 Pekan, Ini Penyebabnya

Published

on

By

Photo Credit: Alexander Zverev Kena Diskors. (Instagram @alexzverev123)

Asosiasi Tenis Putra Profesional (ATP) memberikan skors delapan pekan kepada petenis nomor tiga dunia Alexander Zverev karena memukulkan raketnya ke kursi wasit dalam pertandingan di Acapulco bulan lalu, yang membuatnya dikeluarkan dari turnamen.

Zverev didenda 20.000 dolar AS atau sekitar Rp 287 juta karena perilaku tidak sportif dan kehilangan lebih dari 31.000 dolar AS atau sekitar Rp 445 juta hadiah uang dan semua poin peringkat yang diperoleh dari aksi tunggal dan ganda di turnamen Abierto Mexicano.

Setelah peninjauan, ATP menemukan bahwa petenis Jerman berusia 24 tahun itu telah melakukan “perilaku yang diperparah” dan didenda tambahan sebesar 25.000 dolar AS atau sektiar Rp 359 juta dan larangan delapan pekan bertanding di acara apapun yang disetujui ATP.

Melansir Reuters, Rabu (09/03/2022), ATP mengatakan bahwa larangan dan denda tambahan, dengan ketentuan bahwa selama masa percobaan yang berakhir satu tahun setelah insiden itu, Zverev tidak akan dikenakan denda lagi untuk perilaku tidak sportif.

Setelah kalah di nomor ganda di Acapulco dan kesal karena panggilan telepon dalam pertandingan, Zverev mendekati kursi wasit Alessandro Germani dan nyaris memukulnya saat dia mengayunkan raket sebelum menuju ke kursi tepi lapangannya.

Runner-up AS Terbuka 2020 itu kemudian mendekati kursi wasit untuk kedua kalinya dan memukulnya lagi sambil meneriakkan sumpah serapah.

Sesaat sebelum pertandingan berakhir, Germani memberikan pelanggaran kepada Zverev karena berteriak dan mengumpat sebagai protes atas pukulan yang dianulir. Zverev, yang merupakan juara bertahan tunggal, meminta maaf atas perilakunya.

Hukuman terbesar dalam tenis putra hingga saat ini dijatuhkan kepada petenis Australia Nick Kyrgios pada 2019 karena merusak kursi wasit dan menghancurkan dua raket. Setelah didenda awal 113.000 dolar AS, dia diberi larangan 16 pekan dan denda tambahan 25.000 dolar AS usai penyelidikan ATP.

Fabio Fognini dari Italia juga diskors sementara untuk dua turnamen Grand Slam dan didenda 96.000 dolar AS setelah AS Terbuka 2017, saat dia melontarkan bahasa vulgar kepada wasit ketua asal Swedia Louise Engzell dalam kekalahannya pada babak pertama.

Photo Credit: Alexander Zverev Kena Diskors. (Instagram @alexzverev123)

Didik Fitrianto

Bagikan Artikel
Continue Reading

Lainnya Dari Telegraf

close