Connect with us

Olahraga

Lewis Hamilton Akui Kesalahannya Sebabkan Kecelakaan Pada Alonso

Published

on

Lewis Hamilton mengatakan dia “bersyukur masih hidup” tetapi mengakui dia bersalah setelah tersingkir dari Grand Prix Belgia setelah menabrak Fernando Alonso di lap pembukaan. Justin Cooper/Cal Sport Media/Sipa USA
Lewis Hamilton mengatakan dia “bersyukur masih hidup” tetapi mengakui dia bersalah setelah tersingkir dari Grand Prix Belgia setelah menabrak Fernando Alonso di lap pembukaan. Justin Cooper/Cal Sport Media/Sipa USA

Telegraf – Pebalap Mercedes Lewis Hamilton mengakui kesalahannya saat menyebabkan tabrakan dengan Fernando Alonso dari tim Alpine di lap pembuka Grand Prix Belgia, Minggu, (29/08/2022).

Alonso dan Hamilton, start dari P3 dan P4, melesat dengan baik setelah lampu merah padam untuk menyalip pebalap Red Bull Sergio Perez dan hampir merangsek ke posisi kedua menuju chicane Les Combes, sebelum Hamilton yang mencoba menyalip Alonso dari luar, menutup jalan sang pebalap Spanyol.

Ban belakang mobil Hamilton bersinggungan dengan ban depan mobil Alonso, sehingga melontarkan mobil W13 Mercedes ke udara sebelum mendarat keras ke aspal.

Hamilton terpaksa menyudahi balapan lebih dini, karena kerusakan mobil yang diakibatkan benturan tersebut.

“Melihat kembali rekaman gambar, dia berada di titik buta saya dan saya tidak memberinya ruang yang cukup hari ini. Saya minta maaf untuk tim,” kata Hamilton dikutip laman resmi F1.

Alonso pun dibuat geram dan mengutarakan kekesalannya lewat radio.

“Dasar bodoh, menutup pintu dari luar. Kita punya start yang sangat baik, tapi orang ini hanya tahu cara membalap dan start dari pertama,” kata Alonso.

Steward menginvestigasi insiden itu, tapi memutuskan tidak mengambil tindakan lebih lanjut.

Alonso mengapresiasi Hamilton yang telah mengakui kesalahannya itu dan namanya balapan, hal serupa sering terjadi.

“Steward tidak bertindak apa-apa karena hal ini sering terjadi, khususnya di tikungan itu. Ini terjadi di masa lalu, saya ingat dengan Lewis dan (Nico) Rosberg (pada 2014). Itu tikungan yang sulit,” kata Alonso.

“Saya frustasi setiap kami start dari baris terdepan, kedua atau kami bertarung untuk posisi dua, tiga besar, sesuatu terjadi. Tapi untungnya mobil saya sangat kuat, dan tidak mengalami apa-apa,” ujarnya lagi.

Alonso finis balapan di P6 namun berhak naik satu posisi, setelah pebalap Ferrari Charles Leclerc terkena penalti tambahan lima detik, karena kedapatan melanggar batas kecepatan di jalur pit saat ia melakukan pitstop di lap terakhir.

Max Verstappen dari tim Red Bull keluar sebagai pemenang balapan tersebut, setelah start dari P14 imbas penalti terkait komponen mesin dan girboks. Sergio Perez membantu Red Bull finis 1-2 dan Carlos Sainz melengkapi podium setelah harus mengakui Ferrari tak dapat menandingi kecepatan mobil tim rival.

Fajri Setiawan

Bagikan Artikel
Advertisement
Click to comment

Olahraga

Serena Williams Berhasil Singkirkan Petenis Peringkat Dua Dunia

Published

on

Serena Williams pada saat usai berlaga di US Open 2022. GETTY Images
Serena Williams pada saat usai berlaga di US Open 2022. GETTY Images

Telegraf – Petenis Amerika yang kini sudah berusia 40 tahun, Serena Williams memperpanjang kariernya setelah mengalahkan peringkat dua dunia Anett Kontaveit pada babak kedua US Open, Kamis (01/09/2022). Pemenang Grand Slam 23 kali itu menang 7-6 (7/4), 2-6, 6-2 di Arthur Ashe Stadium Court untuk mencapai babak ketiga turnamen major yang telah dia menangi enam kali tersebut.

Serena yang sudah memutuskan akan pensiun seusai US Open ini mengatakan kalau kemenangan ini membuktikan kalau dirinya belum habis.

“Tidak perlu terburu-buru. Masih ada sedikit yang tersisa dalam diri saya, jadi kita lihat saja. Saya pemain yang cukup bagus. Saya suka tantangan,” katanya usai pertandingan.

Meski demikian Serena mengatakan kalau dirinya melihat kemenangan ini sebagai bonus. Dia tidak perlu membuktikan apa pun.

“Saya hanya Serena, anda tahu. Jujur setelah saya kalah pada set kedua, saya berpikir ‘ya ampun, saya harus memberikan upaya terbaik saya,” imbuhnya.

Ia tiba di lapangan dengan diperkenalkan sebagai yang terhebat sepanjang masa oleh penyiar stadion. Sementara Kontaveit menunggu dengan sabar di kursinya.

Sementara itu, Kontaveit, yang dalam karier Grand Slamnya hanya menghasilkan satu penampilan perempat final, tampil memesona saat memulai laga. Namun Serena Williams dengan cepat menyamakan kedudukan.

Petenis Estonia berusia 26 tahun itu berhasil mendapatkan dua break point pada gim ketiga tetapi kemudian tidak mampu mengonversi salah satu dari miliknya sendiri pada gim keempat.

Kontaveit menyelamatkan empat break point pada gim ketujuh, masing-masing keberhasilan disambut dengan tepuk tangan yang lembut dan sopan dari penonton.

Serena yang sekarang berperingkat 609 membuat penonton berdiri ketika dia mengonversi break point keenam untuk memimpin 5-4. Serena Williams memainkan tie break yang tenang untuk merebut set pembuka setelah 63 menit berkat ace kelima.

Namun, Kontaveit langsung membalas, melakukan double break untuk 3-0 sebelum Williams merebut satu gim, yang menjadi jeda singkat petenis Estionia itu untuk kembali mematahkan servis untuk memimpin 4-1 dalam perjalanannya untuk menyamakan kedudukan.

Serena Williams unggul 2-0 pada set penentuan tetapi kemudian Kontaveit merebut gim berikutnya.

Petenis Estonia itu kembali kehilangan servis saat Williams mengubah kedudukan menjadi 3-1 dan kemudian 4-1 dengan pertahanan yang kokoh. Kemenangan sudah terlihat pada angka 5-2 dengan Williams memenangi reli 19-pukulan, yang tidak dapat ditahan Kontaveit.

Selanjutnya Serena akan menghadapi petenis Australia Ajla Tomljanovic untuk memperebutkan satu tempat di babak 16 besar.

Fajri Setiawan

Bagikan Artikel
Continue Reading

Olahraga

Setelah Enam Tahun, Andy Murray Akhirnya Lolos 32 Besar US Open

Published

on

Petenis asal Inggris, Andy Murray lolos ke putaran kedua Amerika Serikat (US) Open 2022. REUTERS
Petenis asal Inggris, Andy Murray lolos ke putaran kedua Amerika Serikat (US) Open 2022. REUTERS

Telegraf – Mantan juara Andy Murray yang kini berusia 35 tahun, mencapai babak ketiga US Open untuk pertama kalinya dalam enam tahun atas petenis Amerika yang mendapat wildcard Emilio Nava, Rabu waktu setempat.

Murray, yang terkenal mengakhiri penantian 76 tahun Inggris untuk gelar Grand Slam putra ketika dia memenangi US Open pada 2012, keluar sebagai pemenang dengan skor 5-7, 6-3, 6-1, 6-0.

“Secara fisik ini adalah yang terbaik yang saya rasakan dalam beberapa tahun terakhir,” kata Murray dilansir dari AFP.

“Pergerakan saya sejauh ini adalah yang terbaik dalam waktu yang lama. Saya semakin dekat ke tempat yang saya inginkan dan mudah-mudahan saya bisa berlari jauh di sini.” ungkapnya.

Nava, peringkat 203 dunia, merebut set pertama selama 84 menit yang melelahkan dengan pukulan forehand menyilang lapangan.

Namun, petenis berusia 20 tahun itu, membutuhkan lima set untuk mengalahkan John Millman pada babak pertama itu akhirnya kehabisan tenaga, hanya memenangi empat gim lagi dan mengakhiri pertandingan dengan 56 unforced error.

“Dia mendikte poin di set pertama, dia memainkan pertandingan lima set pertamanya pada babak pertama dan itu bisa sangat sulit, saya pikir levelnya turun tetapi dia akan memiliki masa depan yang cerah.” kata Murray mengenai lawannya itu.

“Tapi kemudian saya memukul lebih baik dan mampu mengontrol poin.” bebernya.

Murray terakhir mencapai babak ketiga pada 2016 lalu dalam perjalanannya ke perempat final.

Jika dia ingin maju lebih jauh, dia mungkin harus melewati petenis nomor 14 dunia Matteo Berrettini, semifinalis di New York pada 2019.

Berrettini mengalahkan Murray di final turnamen lapangan rumput Stuttgart pada Juni.

“Dia mengalami tahun yang kurang beruntung,” kata Murray.

“Saya tahu dia terkena Covid pada awal Wimbledon. Ketika dia berada di lapangan, dia melakukannya dengan sangat baik.” bebernya.

“Kami memainkan pertandingan tiga set yang sulit di Stuttgart. Saya memperkirakan ini akan sangat sulit, tetapi jika saya bermain bagus dan pengembalian bola saya tepat sasaran, maka saya punya peluang bagus,” tandasnya.

Fajri Setiawan

Bagikan Artikel
Continue Reading

Olahraga

Swiatek dan Alcaraz Masuk ke Babak Kedua US Open

Published

on

Iga Swiatek dari Polandia saat merayakan kemenangannya dalam pertandingan semifinal melawan Daria Kasatkina dari Rusia REUTERS/Benoit Tessier
Iga Swiatek dari Polandia saat merayakan kemenangannya dalam pertandingan semifinal melawan Daria Kasatkina dari Rusia REUTERS/Benoit Tessier

Telegraf – Petenis nomor satu dunia Iga Swiatek melaju ke putaran kedua US Open, Selasa waktu setempat, dengan kemenangan dua set langsung atas petenis Italia Jasmine Paolini.

Unggulan teratas asal Polandia, yang belum pernah melewati babak keempat di New York, itu meraih kemenangan 6-3, 6-0 dalam satu jam tujuh menit di Stadion Louis Armstrong.

Swiatek, juara bertahan French Open, akan menghadapi juara US Open 2017 Sloane Stephens pada babak kedua.

Swiatek menguasai pertandingan pada awal set pertama, merebut servis break pada gim ketiga dan kelima untuk memimpin 4-1.

Meski Paolini bangkit untuk mencoba menyamakan kedudukan menjadi 2-4, petenis Italia itu kembali dipatahkan servisnya saat Swiatek melaju dengan 5-2, dan melakukan break untuk merebut set pembuka.

Perlawanan Paolini runtuh pada set kedua, dengan Swiatek mendominasi lawannya itu dengan mencetak tiga break untuk meraih kemenangan.

Sementara itu, pada sektor putra, petenis remaja asal Spanyol Carlos Alcaraz berjuang ke babak kedua US Open, ketika lawannya dari Argentina Sebastian Baez mundur karena cedera.

Alcaraz, perempat finalis di New York pada 2021, menang 7-5, 7-5, 2-0 dalam dua jam 31 menit di Arthur Ashe Stadium.

“Tidak ada yang ingin melihat pertandingan berakhir seperti ini. Sebastian adalah pemain hebat, berjuang sampai bola terakhir dan pantas mendapatkan hal-hal yang lebih baik,” kata petenis berusia 19 tahun itu, seperti disiarkan AFP.

Setelah set kedua yang melelahkan selama 83 menit, petenis peringkat 37 dunia Baez memanggil pelatih untuk meminta timeout medis tetapi menyerah pada pertarungan dua gim hingga set ketiga.

“Tahun lalu adalah salah satu momen terbaik dalam hidup saya,” kata Alcaraz yang mencapai delapan besar di New York dari peringkat 54.

“Ini adalah tempat yang istimewa bagi saya untuk bermain di stadion terbesar dalam olahraga kami.”

Alcaraz akan menghadapi petenis Argentina Federico Coria untuk memperebutkan satu tempat di babak 32 besar. (Antara)

Fajri Setiawan

Bagikan Artikel
Continue Reading

Olahraga

Bangun Perspektif Seni Anak Bertalenta Khusus Lewat Pesonas

Published

on

Salah satu anak peserta Pesonas 2022. TELEGRAF

Telegraf – Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) menggelar acara bernuansa seni disamping pertandingan olah raga untuk anak-anak bertalenta khusus. Acara ini diadakan untuk mengasah rasa yang mereka miliki melalui berbagai bentuk karya seni.

“Kelemahan anak-anak bertalenta khusus ini adalah soal intelektual, tapi mereka memiliki sensitifitas yang tinggi, yang bisa dimunculkan melalui karya seni. Rasa sensitif yang terkelola dengan baik bisa ditampilkan melalui berbagai bentuk, seperti lukisan, nyanyian atau tarian,” kata Warsito Ellwein, Ketua Special Olympic Indonesia (Soina), Rabu (06/07/2022).

Diakuinya, berbagai karya seni yang dihasilkan anak-anak bertalenta khusus bisa sangat berbeda dengan karya seni pada umumnya. Namun bersandar pada pendapat Ki Hajar Dewantoro, kata Warsito, apapun yang dihasilkan dapat masuk kategori karya seni.

“Seluruh coretan berpotensi jadi lukisan, apapun bentuk gerakan bisa jadi tarian, suara yang dihasilkan bisa jadi nyanyian dan bunyi yang diperdengarkan bisa menjadi musik,” ujarnya mengutip pendapat Ki Hajar Dewantoro.Untuk itulah perlu disediakan ruang yang luas agar perspektif yang berkembang mengenai anak-anak bertalenta khusus ini tetap positif. Lukisan, tarian, dan nyanyian anak-anak yang memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata-rata ini tetap membawa kebahagian untuk semua pihak.

Melalui berbagai kegiatan yang diadakan selama berlangsungnya Pesonas, Soina berupaya membangun ruang perspektif seni yang baru berdasarkan perspektif para disabilitas intelektual tersebut. Yang pasti, ujarnya, mereka memiliki kecerdesan khusus dan sensitivitas dalam melihat alam dan situasi di sekitar mereka. Potensi inilah yang harus dieksplorasi lebih lanjut sehingga menjadi kelebihan mereka.

Secara terpisah, koordinator kegiatan non cabang olah raga Daniel Agung Wahyudiono menjelaskan, untuk para peserta disediakan berbagai fasilitas permainan dan berkreasi seni. Ada peralatan ular tangga, dakon, dan jarangan. Gamelan sebagai alat musik diletakkan di beberapa titik di aula Museum Ronggowarsito untuk mereka mainkan bersama.

“Ada parade budaya berupa tarian dan nyanyian lagu daerah, serta melukis bersama di atas kain sepanjang 50 meter. Peserta juga diajak berkeliling museum untuk menikmati karya seni para leluhur, kemudiannonton cinema tiga dimensi,” kata Daniel.

Untuk diketahui, Pesonas dibuka pada 4 Juli 2022 di Holy Stadium, Semarang oleh Menpora Zainudin Amali dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berlangsung meriah. Acara ini diikuti oleh 1.118 atlet dari 21 provinsi, dan mempertandingkan 12 cabang olah raga.

Fajri Setiawan

Bagikan Artikel
Continue Reading

Olahraga

Apresiasi Formula E Jakarta, Bamsoet: Prestasi Membanggakan

Published

on

Pembalap melaju usai start pada balapan Formula E seri kesembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (4/6/2022). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Pembalap melaju usai start pada balapan Formula E seri kesembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (4/6/2022). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Telegraf – Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bahwa kesuksesan penyelenggaraan balapan Formula E di Jakarta, Sabtu (04/06/2022), merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi Indonesia.

“Sebuah prestasi yang membanggakan mengingat untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia menjadi yang pertama menyelenggarakan Formula E musim 2022,” katanya yang juga sebagai Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Apa lagi, kata Bamsoet usai menyaksikan Jakarta e-Prix 2022 di JIE Circuit, Ancol, Jakarta, Formula E bukan sekadar ajang balap, tapi juga membawa pesan dan misi penting bagi penduduk dunia untuk mempercepat migrasi kendaraan berbahan bakar minyak ke bermotor listrik yang lebih ramah lingkungan.

“Hal ini sangat sejalan dengan visi dan misi IMI,” ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi langkah panitia pelaksana Formula E Jakarta 2022 yang turut memberikan kesempatan kepada lebih dari 260 UMKM menjajakan produknya di arena JIE Circuit (Jakarta International e-Prix Circuit).

Para pelaku UMKM ini bukan hanya berasal dari binaan Jakpreneur, tetapi juga berasal dari 10 provinsi di Indonesia, yakni Jambi, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

“Apresiasi juga harus diberikan kepada para pembalap Formula E yang telah bekerja keras menaklukan JIE Circuit. Memacu adrenalin sekaligus menghibur para penonton yang menyaksikan langsung di sirkuit maupun melalui tayangan televisi,”paparnya.

Hingga Sabtu pukul 13.00 WIB saja, dilaporkan sebanyak 24.000 penonton Formula E sudah diberangkatkan dari lokasi penukaran tiket sekaligus kantong parkir kendaraan di JIExpo Kemayoran menuju lokadi balap di Jakarta International e-Prix JIE Circuit. Untuk penonton televisi, diperkirakan tidak kurang dari 500 juta pasang mata penduduk dunia menyaksikan kejuaraan bergengsi ini.

Bamsoet juga turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Grid Walk dan membuka Jakarta e-Prix 2022 dan menyerahkan trofi juara kepada Mitc Evans dari Jaguar Racing.

Selain itu juga mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022 di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Chairman Organizing Committee Jakarta e-Prix 2022 Ahmad Sahroni serta Steering Committee Tinton Soeprapto, yang telah membuat Indonesia semakin dikenal di kancah event motorsport dunia.

Dlam gelaran tersebut, turut hadir juga antara lain Dewan Penasehat IMI yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menpora Zainudin Amali, dan Menaker Ida Fauziah.

Fajri Setiawan

Bagikan Artikel
Continue Reading

Lainnya Dari Telegraf

close