Connect with us

Olahraga

Jonatan Christie Raih Juara Tunggal Putra di Swiss Open 2022

Published

on


Telegraf – Atlet Bulutangkis Nasional Indonesia kembali menorehkan prestasi membanggakan di Swiss Open 2022. Penantian 20 tahun terbayar dengan diraihnya gelar juara tunggal putra oleh Jonatan Christie. Dari kelas ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pun ikut menambah harum nama Indonesia di kancah dunia.

Final Turnamen Swiss Open 2022 telah rampung di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, awal pekan ini. Sebagai sponsor resmi Tim Bulutangkis Indonesia melalui Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), BNI merasa Banggga dan mengapresiasi kemenangan yang telah lama dinanti tersebut.

“Tentunya raihan ini merupakan hasil dari perjuangan yang tak kenal menyerah dari para putra terbaik bangsa yang berhasil membuktikan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang tangguh, dan memiliki mental juara,” ungkap Direktur Utama BNI Royke Tumilaar dalam rilis yang di terima telegra, Jumat (1/3).

Ia juga mengungkapkan keluarga besar BNI HI-Movers ikut merasakan suka cita dan kegembiraan yang dirasakan oleh Jojo dan teman-teman. Terlebih, kemenangan terakhir dalam perebutan Swiss Open 2022 merupakan sebuah penantian 20 tahun yang sejarah prestasi olahraga nasional.

Roy mengatakan BNI berkomitmen terus mendukung pengembangan dan pembinaan cabang bulutangkis yang dilakukan PBSI untuk terus mengukir pencapaian – pencapaian bersejarah selanjutnya.

“Kami pun berterima kasih karena BNI diberi kesempatan untuk dapat berkontribusi dalam pengembangan olahraga bulutangkis di Indonesia,” katanya.

Belum lama ini, Ketua Umum PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) Agung Firman Sampurna mengapresiasi langkah dan komitmen BNI yang proaktif mengalokasikan dana pengembangan bagi Bulutangkis Indonesia.

Photo Credit : Para Tim Nasional bulutangkis Swiss Open 2022 saat menyambangi kantor cabang BNI di London di kawasan king Street London, Inggris Senin, (21/3)/Doc/Ist

Atti K.

Bagikan Artikel
Advertisement
Click to comment

Olahraga

Jabar dan Jateng Wakili Indonesia ke Unified Football di Bangkok

Published

on

Sebelum berangkat tim Unified football putri Jawa Tengah berpamitan dan meminta restu ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, 11 November 2022, pukul 16.00 WIB. Pertemuan berlangsung di Rumah Dinas Puri Gedeh. SOina Jawa Tengah

Telegraf – Indonesia mengirim tim sepakbola putra dan putri untuk berpartisipasi dalam The 9th Special Olympics Southeast Asia Unified Football Tournament, 12-16 November 2022, di Bangkok. Kontingen Indonesia dijadwalkan berangkat dari Bandara Soekarno, Sabtu (12/11/2022) pagi.

Sebelum berangkat tim putri yang terdiri dari atlit-atlit beberapa kota di Provinsi Jawa Tengah berpamitan ke Gubernur Ganjar Pranowo bertolak ke Bangkok, Jum’at sore, (11/11/2022).

“Pokok semangat, kibarkan bendera Merah Putih di sana,” kata  Ganjar kepada rombongan yang dipimpin Wakil Ketua PP Soina Kristijani Kirana dan Ketua rombongan Halida Wibawati Djauhari.

Jawaban Gubernur disampaikan setelah para atlit dan official tim mengatakan bahwa tim Thailand adalah lawan paling berat yang bakal dihadapi. Tuan rumah baik menurunkan dua tim baik putera maupun puteri.

Tim putra Indonesia sendiri terdiri dari para atlit anggota Special Olympics Indonesia (SOina) Provinsi Jawa Barat, sementara tim putri berasal dari provinsi Jawa Tengah. Sebelum berangkat mereka secara terpisah menjalani persiapan di Bandung dan Solo.

Unified football merupakan salah satu cabang unified sport yang dipromosikan oleh Special Olympics International. Tujuannya adalah menunjukkan kepada dunia bagaimana kekuatan olahraga adalah pilar bagi masyarakat majemuk. The 9th Special Olympics menyatukan dan memperkuat manusia dengan keragaman kekuatan dan latarbelakang, terutama atlit difabel intelektual dengan non difabel.

Atlit Special Olympics yang berlatarbelakang difabel intelektual bersama atlit berlatarbelakang beda bersama-sama membentuk sebuah tim dan bertanding. Di sini difabel intelektual dapat membentuk tim bersama dengan didampingi atlit non difabel atau atlit difabel ragam lain. Di situlah dibentuk kerjasama tim hingga punya kekuatan untuk berlomba.

Tim Indonesia akan bertanding mengikuti aturan-aturan perlombaan yang merupakan turunan dari prinsip di atas. Setiap tim terdiri dari delapan anggota, yakni lima orang bermain dan tiga orang cadangan. Jumlah atlit difabel intelektual pada prinsipnya mesti sama atau malah lebih banyak ketimbang pendamping. Dengan demikian dalam tim yang bermain jumlah pendamping tak boleh lebih dari dua orang.

Sebelum berangkat tim putra menjalani pemusatan latihan di Lapangan Ladoya dan GOR Bima Footsal, Cisempur, Bandung di bawah arahan pelatih Sandi Pratiwi dan asisten Adis Anissa Suma. Sedangkan tim putri berlatih di Lapangan Gamawan, Colomadu, Kota Solo dibawah bimbingan pelatih Yuli Kristiawan dan asisten pelatih Rasyifa Silvera Arazzaq.

Para atlit itu berusia antara 14-20 tahun sesuai dengan aturan Special Olympics. Tiap tim terdiri dari delapan orang yakni, lima atlit difabel intelektual dan tiga atlit pendamping serta dua orang pelatih. Pada babak awal tiap tim peserta mesti mengikuti pertandingan dalam sistem round robin, mulai 13 November dan dilanjutkan putaran final.

Atti K.

Bagikan Artikel
Continue Reading

Olahraga

Bukan Saja Sepatu Tetapi Ini Tips Rio Malhotra Untuk Olahraga Lari

Published

on

By

Credit Photo : Rio Malhotra atlate lari Gawang/Doc/Antara Prasetyo Utomo

Telegraf – Pandemi Covid-19 membuat masyarakat a ware dengan kesehatan, olah raga lari adalah salah satu olahraga yang di pilih banyak masyarakat saat ini untuk tetap bugar dan sehat, selain murah olah raga lari tidak memerlukan tempat yang khusus.

Untuk memaksimalkan olahraga lari untuk tubuh, salah satu atlate lari gawang Rio Malhotra memberikan tips untuk pelari pemula.

1. Sebelum melakukan olahraga lari harus mengetahui kondisi tubuh badan kita, bagaimana kondisi badan kita sehat atau tidak.
2. Memilih sepatu yang benar.
3. Memilih rute yang tepat yang aman untuk kaki saat lari nanti.
4. Mulai merencanakan program latihan seperti mulai berjalan, berjalan dengan ada lari lari sedikit, dan mengindari lari dengan buru buru.
5. Latihan lainnya seperti angkat beban hindari juga angkat beban terlalu banyak, lebih baik bergabung pada club club runner (ini membuat kita terus semangat).

Dalam rangka meningkatkan kualitas performa latiahan untuk para pelari pemula Under Armour memperkenalkan UA HOVR™ Phantom 3 sepatu lari netral dan responsif yang dirancang untuk runner untuk meningkatkan performa lari dari latihan sebelumnya.

Rio juga mengungkapkan selain untuk latihan Under Armour juga cocok untuk gaya “jadi kita semakin panas, karena warnanya banyak,” tuturnya dalam peluncuran Under Armour UA HOVR™ Phantom 3 di Jakarta.

Dikesempatan yang sama Yudhistira Soelaeman selaku Assistant Marketing Communication Manager Under Armour Indonesia menjelaskan, Under Armour UA HOVR™ Phantom 3 memiliki 6 kelebihan yaitu pertama, bagian atas UA IntelliKnit yang lembut dan elastis untuk kenyamanan & rasa seperti memakai kaos kaki yang super breathable, ke dua panel kaki tengah yang dibentuk untuk struktur tambahan & bantalan dalam yang nyaman, ke tiga mengunakan Knit Collar untuk kemudahan pemakain & rasa yang menyenangkan dengan tambahan support untuk tumit untuk menambah stabilitas.

Lanjutnya yang ke empat,  Sockliner SpeedForm® 2.0 yang Ultra Breathable, yang  mampu memberikan support di bagian bawah kaki yang lebih lembut dan yang ke lima, bantalan UA HOVR™ yang responsif mengurangi benturan,  adalah mengembalikan energi (energy return) & membantu mendorong Anda maju dan yang terakhir Outsole berupa karet penuh dengan pola yang didesain khusus untuk traksi & daya tahan yang lebih maksimal.

Atti K.

Bagikan Artikel
Continue Reading

Olahraga

Menhub Budi Karya Sumadi Bersedia Dukung Disabilitas Intelektual

Published

on

By

Keterangan Foto Menhub Budi Karya Sumadi, baju putih, berdiskusi dengan Ketua Umum PP Soina Warsito Ellwein, kanan, menyangkut persiapan kontingen Indonesia ke Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023 di Berlin. FILE/Dok Soina
Keterangan Foto Menhub Budi Karya Sumadi, baju putih, berdiskusi dengan Ketua Umum PP Soina Warsito Ellwein, kanan, menyangkut persiapan kontingen Indonesia ke Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023 di Berlin. FILE/Dok Soina

Telegraf – Kesempatan anak-anak disabilitas intelektual di Indonesia untuk mendapatkan hak-hak hidupnya dan merasakan kehadiran negara semakin terbuka. Dukungan atas kehadiran mereka dalam kehidupan bernegara semakin besar menyusul komitmen sejumlah pejabat tinggi negara, perusahaan swasta, serta sejumlah pesohor.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Pengurus Pusat Special Olympics Indonesia (SOina) dengan Menteri Budi Karya Sumadi, di kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Merdeka Barat, pada Selasa (25/10/2022).

Menurut Ketua Umum SOina Warsito Ellewein, dalam pertemuan itu Menhub menyatakan bersedia untuk berpartisipasi menjadi bapak asuh bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Upaya seperti itu mesti digaungkan agar mendapatkan dukungan yang lebih luas. Dalam hal ini Menhub akan memberikan rekomendasi agar koleganya memberikan kontribusi.

“Dukungan seperti itu penting karena kami tengah menyiapkan kontingen untuk berpartisipasi dalam Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023 di Berlin,” kata Warsito.

Pesta olahraga empatahunan sedunia bagi disabilitas intelelktual itu merupakan ajang untuk menunjukkan bagaimana Indonesia membangun inklusi. Sehingga akan memperkuat Indonesia dalam persaingan menjadi tuan rumah SOWSG 2031. Bila benar terpilih tentu peluang menjadi tuan rumah Olimpiade 2034 juga terbuka.

Galla Dinner

Topik lain yang menjadi bahan diskusi dalam pertemuan itu adalah biaya untuk mengirim 25 orang atlit dan pelatih serta official.

“Kami meminta kesediaan pak Menhub untuk tampil dalam acara kami bersama kelompok musiknya Elek Yo Band,” ujar Ismarilda, Ketua Panitia Galla Dinner.

Acara itu rencananya akan digelar akhir bulan November mendatang, di Hotel Kempenski, Jakarta. Selain Menhub beberapa anggota kabinet lain diharapkan akan bersedia datang dan mendukung.

Menurut Ismarilda, pihaknya menyiapkan acara sedemikian rupa untuk mengetuk hati orang untuk memberikan donasi. Salah satu yang tengah disiapkan adalah lelang barang-barang berharga. Selain itu tentu saja atraksi seni dan budaya.

Tentang Special Olympics Indonesia

Special Olympics Indonesia (SOIna) adalah satu-satunya organisasi yang mendapat akreditasi dari Special Olympics International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi olahraga sepanjang tahun di Indonesia dalam rangka pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual agar menjadi warga masyarakat yang lebih berguna dan produktif.

Gerakan Special Olympics telah berkembang dengan sangat pesat, dan hingga saat ini menjaring lebih dari 4 juta atlet di 180 negara di dunia, melalui pelatihan sepanjang tahun, kompetisi-kompetisi olahraga dan program-program pendukung lainnya. Saat ini, SOIna telah menyelenggarakan pelatihan dan kompetisi untuk 7 cabang olahraga, yaitu Atletik, Bulutangkis, TenisMeja, Bocce, Renang, Sepakbola ke-5an, Bola Basket, mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Propinsi, Wilayah hingga tingkat Nasional.

Saat ini SOIna juga berencana untuk menambah cabang olahraga baru yaitu Bola Volley, Bowling, Bola Tangan, MATP, dan Senam. SOIna juga memiliki kegiatan Special Olympics Athlete Leadership Programs (ALPs), yaitu pelatihan kepemimpinan bagi para atlet agar memiliki kesempatan untuk berkiprah aktif baik di dalam maupun luar lapangan.

Mereka dibimbing menjadi pengurus organisasi, official pertandingan, pelatih atau menjadi juru bicara dan membuat keputusan tentang masa depan Special Olympics. Disamping itu juga ada program Healthy Athlete, yaitu program pemeriksaan kesehatan bagi para atlet untuk menjaga kebugaran atlet, terutama menjelang pertandingan. Selain itu saat ini SOIna tengah menyerukan penghilangan kata Retardasi Mental/cacat mental dari bahasa sehari-hari pemuda-pemudi di Indonesia melalui kegiatan Campaign R-Word “Spread The Word To End The Word” yang di lakukan oleh Youth Leader Special Olympics Indonesia.

Atti K.

Bagikan Artikel
Continue Reading

Olahraga

Tak Ingin Kompetisi Sepak Bola Terhenti Lama, Ini Kata Menpora

Published

on

Stadion Kanjuruhan, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (06/10/2022) usai tragedi Kanjuruhan, tempat korban meninggal berdesak-desakan akibat gas air mata. TELEGRAF/Koeshondo W. Widjojo
Stadion Kanjuruhan, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (06/10/2022) usai tragedi Kanjuruhan, tempat korban meninggal berdesak-desakan akibat gas air mata. TELEGRAF/Koeshondo W. Widjojo

Telegraf – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali tak ingin kompetisi sepak bola Liga 1, Liga 2 maupun Liga 3 terhenti terlalu lama karena ia anggap hal itu akan menyulitkan klub dan pemain.

Namun Menpora juga tidak dapat memastikan kapan kompetisi sepak bola nasional bisa kembali bergulir di saat pemerintah juga masih melakukan audit stadion yang biasa digunakan untuk pertandingan Liga 1.

“Sejalan dengan arahan Pak Presiden, kita akan ada kepastian kapan akan mulai lagi liga, dan yang diaudit itu adalah stadion-stadion yang sudah ada dan digunakan. Terkait kapan liga mulai, kami belum tahu ya kami akan mensimulasikan lagi,“ kata Menpora Zainudin Amali dikutip laman resmi Kemenpora di Jakarta, Selasa (12/10/2022).

Menurutnya, nasib kelanjutan kompetisi menjadi hak PSSI dan Kepolisian Negara Republik Indonesia yang akan sama-sama merumuskan sistem pertandingan yang bisa diterapkan.

“Jadinya seperti apa nanti biarlah PSSI, pengelola kompetisi dan Polri yang merumuskan seperti apa. Posisi pemerintah hanya memfasilitasi dan membantu. Pemerintah tak sampai turut campur termasuk dalam menentukan jam pertandingan dan sebagainya,” tuturnya.

Zainudin menegaskan pemerintah saat ini sedang fokus pada penyelesaian kasus dan penanganan korban Tragedi Kanjuruhan agar dapat tuntas secepat-cepatnya.

Sementara itu, PSSI mengatakan bahwa liga sepak bola nasional baru bisa dilanjutkan setelah ada persetujuan FIFA.

Anggota Komite Eksekutif PSSI Ahmad Riyadh menyatakan bahwa federasi saat ini masih perlu menata ulang prosedur pengamanan dan format kompetisi yang lebih baik.

“Berhenti dulu sampai format pengamanan dan format kompetisi tertata ulang dengan bagus. Kalau sudah baik, nanti disetujui FIFA baru akan kami laksanakan lagi,” kata Ahmad.

Atti K.

Bagikan Artikel
Continue Reading

Olahraga

Pemkab Malang Ajukan Rp580 Miliar Untuk Renovasi Stadion Kanjuruhan

Published

on

Bupati Malang M. Sanusi saat rapat di rumah dinas bupati di Malang, Jawa Timur. TELEGRAF/Koes W. Widjojo
Bupati Malang M. Sanusi saat rapat di rumah dinas bupati di Malang, Jawa Timur. TELEGRAF/Koes W. Widjojo

Telegraf – Pasca tragedi Kanjuruhan yang memilukan, pada Sabtu malam (01/10/2022) lalu, membuat Pemkab Malang mengajukan anggaran sebesar Rp580 miliar untuk melakukan renovasi stadion Kanjuruhan. Dana itu akan digunakan untuk pembenahan konstruksi bangunan dan membenahi safety atau keamanan stadion agar layak bagi penonton.

Bupati Malang M. Sanusi mengatakan, rencana pengajuan anggaran renovasi stadion Kanjuruhan itu, semuanya akan dibiayai langsung oleh pemerintah pusat. Karena itu, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang juga telah melakukan kajian kebutuhan anggaran renovasi itu.

“Renovasi Stadion Kanjuruhan itu yang membiayai langsung dari pusat. Pengajuannya sekitar Rp580 miliar,” kata Sanusi usai memimpin rakor penanganan korban tragedi Kanjuruhan di rumah dinas bupati, Selasa malam (11/10/2022).

Dia mengatakan, Kemenpora juga sempat melakukan pengajuan anggaran renovasi Stadion Kanjuruhan sebesar Rp400 miliar. Namun, berdasarkan kajian DPKPCK Kabupaten Malang, pihaknya kemudian mengajukan sebesar Rp580 miliar.

“Menpora kemarin mengajukan Rp400 miliar. Tapi, kami ajukan Rp580 miliar. Renovasinya di beberapa bagian, terutama safety untuk penonton,” bebernya.

Sanusi mengatakan, sebelumnya pihaknya juga sempat mengajukan anggaran renovasi khusus tribun Stadion Kanjuruhan sebesar Rp800 miliar.

“Kalau tribun keliling, dulu proposal yang saya ajukan Rp800 miliar. Kemarin juga saya sampaikan ke presiden,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi juga telah menginstruksikan Kementerian PUPR untuk mengaudit kelayakan konstruksi seluruh stadion untuk Liga 1, 2, dan 3 di Indonesia pasca terjadinya tragedi yang membuat 132 suporter meninggal dunia itu.

Atti K.

Bagikan Artikel
Continue Reading

Lainnya Dari Telegraf

close