Nuti SMA Darul Hijrah Putri Banjarbaru Gondol Tiket ke Jepang Dalam Kompetisi KRAN 2019

"Dari keseluruhan peserta yang berjumlah 147 dari 16 kota/kabupaten seluruh Indonesia akan diambil 6 terbaik dan akan di kirim ke Jepang tanggal 22 -- 25 November mendatang untuk mengikuti International Water Rocet Competotion"

Nuti SMA Darul Hijrah Putri Banjarbaru Gondol Tiket ke Jepang Dalam Kompetisi KRAN 2019

Telegraf, Depok – Nuti Nawaty Nur (15) siswa SMA Darul Hijrah Putri Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menggondol tiket ke Jepang di kejuaraan Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 2019 yang diadakan oleh Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementrian Riset, Teknologi. Dan Pendidikan Tinggi (Kemenriatekdikti), di Lapangan Rotunda UI Depok Jawa Barat, Minggu (29/9).

Nuti pangilan akrabnya menyingkirkan 136 peserta se Indonesia dengan scor 1,22 (m) mendekati zona sasaran  dan juara ke dua di peroleh pelajar Ferdian Irawan P, siswa kelas 10 MAN 3 Tambak Beras Jombang, dengan score 2,49 mendekati target dan untuk juara ke 3 diraih Zalfa Naila Az Zahra dengan score 2,89 mendekati target sasaran, Zalfa bersekolah di MTSN 1 Pontianak.

“Dari keseluruhan peserta yang berjumlah 147 dari 16 kota/kabupaten seluruh Indonesia akan diambil 6 terbaik dan akan di kirim ke Jepang tanggal 22 — 25 November mendatang untuk mengikuti International Water Rocet Competotion,” ungkap Direktur PP-IPTEK, Kemenriatekdikti M Syachrial Annas di Depok.

Syachrial menjelaskan untuk ajang yang di lakukan setiap tahun ini sebagai ajang adu kreatifitas di bidang teknologi kedirgantaraan dimana roket air digunakan sebagai medianya.

Diketahui PP-IPTEK sudah menyelenggarakan kompetisi roket air dari tahun 2006, sekaligus PP-IPTEK menjadi tuan rumah Kompetisi Roket Air Intemasional (KRAI) dengan acara bertajuk 2‘“1 Water Rocket Fun International bekerja sama dengan JAXA dan LAPAN.

Selain kompetisi, para peserta juga mengikuti kegiatan Run PP-IPTEK, yaitu kegiatan menjelajah galeri PP-IPTEK melalui berbagai alat peraga interaktif maupun program sains reguler PP-IPTEK, seperti Science Cinema dan Science Show. Para peserta dapat lebih mengenal Pusat Peragaan Iptek secara berkelompok berdasarkan masing-masing wilayah.

Kegiatan lainnya yang dilakukan bersamaan pada KRAN adalah workshop dengan judul “Gali Potensi: Guru Juga Bisa Meroket” yang dibawakan oleh Erudio Indonesia. Pelatihan ini dikhususkan bagi para guru pendamping peserta KRAN untuk menggali potensi guru dalam membuat roket air sebagai media pembelajaran sains di sekolah. (Red)

Baca Juga  Pelayanan Mobilitas Digital Hadir di Bandara Sukaro Hata

Credit Photo : Direktur PP-IPTEK, Kemenriatekdikti M Syachrial Annas meluncurkan 3 roket enandai kejuaraan KRAN 2019 di hari ke 2 dimulai, Minggu (29/9) di Lapangan Rotunda UI Depok Jawabarat/TELEGRAF


Bagikan Artikel



Komentar Anda