Nama SANKEN Kembali Digunakan Untuk Kasus Penipuan di Internet

Nama SANKEN Kembali Digunakan Untuk Kasus Penipuan di Internet

"Ada penipuan SANKEN lagi dan SANKEN tidak pernah menjual produk yang meminta untuk langsung ditransfer ke rekening SANKEN"

Nama SANKEN Kembali Digunakan  Untuk Kasus Penipuan di Internet


Memasuki dunia teknologi membuat kita sebagai penguna harus berhati hati, apa lagi melakukan pembelian melalui e-commerce. Kembali nama merek SANKEN dan nama rekening digunakan untuk penipuan.

Sebelumnya, pada tahun lalu, kasus ini sudah dilaporkan ke pihak kepolisian. Tapi, ternyata pelaku kembali berulah. SANKEN baru menyadari kasus ini terulang lagi setelah beberapa korban penipuan melapor ke pihak SANKEN. Hal itu diungkapkan oleh Teddy Tjan, Direktur Pemasaran PT Istana Argo Kencana (SANKEN), dalam siaran persnya, Sabtu (25/07/20).

“Ada penipuan SANKEN lagi dan SANKEN tidak pernah menjual produk yang meminta untuk langsung ditransfer ke rekening SANKEN,” ungkapnya.

Lanjut Teddy untungnya beberapa korban belum melakukan transaksi pembayaran, tetapi ada juga yang sudah membayar.
Seperti samsi calon pembeli di internet yang sudah order dan belum melakukan tra saksi pembayaran.

“Saya belum sempet transfer, baru order, tapi kok ada sesuatu yang membuat saya tidak transfer-transfer. Terus tanya sana sini, termasuk pak Teddy. Jadi Alhamdulillah belum sempet keluar uang,” ungkap Samsi salah satu calon pembeli produk SANKEN saat dikonfirmasi.

Sementata itu Pengamat Media Sosial, Dr. Rulli Nasrullah, M.Si, mengatakan, dalam dunia digital yang menjadi masalah adalah kita tidak tahu siapa sosok di balik si penjual. Ini menjadi rentan terjadinya kasus penipuan di dunia digital.

Karenanya, Rulli meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap kejahatan dunia maya, seperti penipuan (fraud) transaksi online saat berbelanja online. Masyarakat diminta untuk tidak terjebak dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran atau diskon besar-besaran yang tidak masuk akal,” kata Rulli yang juga dosen UIN.

Rulli yang akrab dipanggil Kang Arul, juga meminta masyarakat bisa memastikan uang yang kita transfer memiliki perlindungan untuk dikembalikan. Beberapa marketplace memiliki rekening bersama. Uang yang ditransfer masuk ke dalam rekening market place yang bersangkutan, bukan ke penjual. Jadi ketika penjual tidak bisa mengirimkan barangnya, tidak bisa dikontak, maka uang bisa segera dikembalikan.

Kalau penjualannya dilakukan di market place (Tokopedia, Shopee, blibli.com) pastikan ada tanda atau mark yang menyatakan toko online tersebut, stars, rising stars, atau penjual rekomendasi. Perhatikan pula komentar-komentar pembeli apakah mendapatkan review bagus.

Baca Juga :   Perkuat Literasi Digital, Kominfo Ajak Bijak Gunakan Medsos di Era Digital

Kejahatan di dunia maya yang mencatut nama SANKEN, sebelumnua mendapat sorotan dari Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane. Menurutnya, kejahatan dengan menggunakan web palsu SANKEN, tidak saja merugikan SANKEN, melainkan juga masyarakat menjadi korbannya.

“Dalam kasus ini ada dua pihak yang dirugikan, SANKEN dan masyarakat yang menjadi korban penipuan. Sebaiknya, selain SANKEN, para korban juga melaporkan kasus ini ke polisi,” kata Neta Pane.

Mengingat sudah adanya sejumlah korban, ia pun meminta Polda Metro Jaya bekerja cepat mengungkap dan menangkap pelakunya agar tidak semakin banyak lagi korban berjatuhan. Terlebih pihak SANKEN sudah melaporkan kasus ini kepada Polda Metro Jaya.

Teddy mengaku modus penipuan baru yang membawa nama SANKEN itu sudah merusak nama baik SANKEN yang selama ini selalu dijaga dan juga merugikan konsumen setia SANKEN.

“Jangan sampai masyarakat yang melakukan transaksi pada media sosial dan website penipuan dengan mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening yang diminta pelaku. Masyarakat jangan langsung percaya jika ada penawaran yang di luar logika”, tegasnya.

Teddy menambahkan, SANKEN tidak pernah menjual produknya di media sosial seperti Instagram atau Facebook. Jika ingin membeli produk SANKEN sebaiknya dilakukan di toko toko elektronik terdekat, situs situs terpercaya atau di platform-platform ternama seperti Tokopedia, JD.ID, blibli.com, Lazada, Bukalapak, Shopee, dan lainnya.

Saat ini SANKEN memiliki media sosial resmi di Instagram: @sankencorp, Facebook: SANKEN, Website: www.sanken.co.id. Media sosial ini digunakan untuk komunikasi antara SANKEN dengan konsumen bukan sebagai media jual beli produk. (AK)


Ilustrasi Photo: SHUTTERSTOCK

Atti K.

close