Connect with us

Musik

Inspiratif, Perjuangan Dita Karang Si Idol Korea Selatan Asal Indonesia

Perempuan ini menjadi orang Indonesia pertama yang berhasil menjebol permusikan K-Pop. Sebagai main dancer di Secret Number

Bagikan Artikel

Published

on

Dita Karang


Telegraf – Penggemar K-Pop dalam negeri sempat dihebohkan dengan girlband pendatang baru bernama Secret Number yang baru saja memulai debutnya pada tahun 2020 lalu dengan merilis single “Who Dis?”. Pasalnya, salah satu membernya adalah orang asli Indonesia, yaitu Dika Karang.

Bernama lengkap Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang, perempuan ini menjadi orang Indonesia pertama yang berhasil menjebol permusikan K-Pop. Sebagai main dancer di Secret Number, Dita memainkan peran penting dalam grup musiknya.

Pencapaiannya untuk bisa berhasil menjadi seorang idol bukanlah hasil sulap mantra peri yang bisa dicapai dalam waktu semalaman saja. Sebaliknya, perempuan asal Yogyakarta ini harus bekerja keras melewati bermacam-macam rintangan untuk mencapainya.

Perjalanan Dita bermula dari ketertarikannya pada dunia tari. Impian masa kecilnya ternyata bukanlah menjadi idol, melainkan seorang performer. Oleh karena itu, sejak kecil dia berlatih balet dan mencoba jenis tarian modern.

Dalam live Instagram bersama Dian Sastro, dia mengaku mulai mengenal musik K-Pop ketika memasuki bangku SMP. Dita mulai sering melakukan cover dance dari grup 2NE1 yang cukup booming saat itu.

Memasuki bangku SMA, dia semakin mantap untuk menapaki karier sebagai seorang performer. Perempuan berusia 24 tahun ini pun mengambil kuliah di AMDA College and Conservatory of the Performing Arts di New York, Amerika Serikat.

Namun, keputusan tersebut tak mudah untuk direalisasikan. Keluarga Dita skeptis dengan cita-citanya. Demi mendapat restu dan meyakinkan kedua orang tua, dia pun berusaha mendapatkan beasiswa.

Akhirnya, beasiswa pun berhasil didapatkannya, meskipun bukan beasiswa penuh. Tetapi upaya ini cukup menyentuh hati orang tua Dita.

Setelah dua tahun masa perkuliahan berhasil diselesaikan, Dita mencoba peruntungan di bidang drama musikal sesuai jurusan kuliahnya, dan mendaftar di berbagai agensi atau drama musical based di AS.

Gagal berkali-kali dalam audisi tidak menyurutkan langkah Dita. Beberapa kali perempuan yang mengaku menggemari Chrisye ini sempat mendapatkan peran-peran kecil dalam drama musikal, tapi dia merasa cita-citanya belum terpenuhi.

Kemudian, dia menyadari minatnya pada musik Korea Selatan yang membuat Dita memutuskan mengambil kelas menari K-Pop di AS. Kerja kerasnya pun terbayarkan, akhirnya dia lolos audisi agensi VINE Entertainment di Korea yang menaunginya sekarang.

Setelah itu, Dita masih harus berlatih vokal dan mempelajari dengan cepat bahasa serta budaya Korea. Selama debutnya yang belum lama ini Dita dan rekan-rekannya di Secret Number telah mencatatkan berbagai prestasi.

Pada 2020, Secret Number mendapatkan penghargaan untuk kategori Best New Artist (Singer). Sebelumnya, grup yang terdiri dari lima perempuan ini juga menerima trofi pertama mereka karena masuk dalam 4th Ten Asia Top Ten Awards (TTA).

Tak hanya itu, perempuan penyuka kopi ini juga masuk nominasi perempuan tercantik dunia tahun 2021 versi TC Candler. Dia bersaing dengan tiga artis dalam negeri lainnya dan puluhan selebriti perempuan dunia lainnya.

Keturunan bangsawan

Di balik penampilan dan pembawaan Dita yang rendah hati, ternyata perempuan yang hobi melukis ini punya latar belakang keluarga “darah biru”. Dia masih memiliki hubungan darah dengan raja Bali. Nama depannya “Anak Agung Ayu” merupakan salah satu nama yang biasanya digunakan oleh keturunan raja dan bangsawan.

Pada 2020, dalam sebuah acara Fact in Star yang dipandu oleh Yves Loona, Dita pernah ditanya mengenai latar belakang keluarganya yang katanya berdarah bangsawan itu. Dia pun mengakui bahwa namanya biasa dipakai oleh keturunan bangsawan Bali.

Informasi tersebut sempat membuat semua member Secret Number terhenyak. Mereka sama kagetnya dengan para pembawa acara. Rupanya, Dita tak pernah membahasnya bersama anggota lain.

Menurut vlogger Sunny Dahye dalam akun Youtube SunnydahyeIn, keluarga Dita adalah pemilik dan pengelola Tegel Kunci, sebuah perusahaan yang memproduksi dan memasarkan tegel.

Dalam salah satu video yang diunggahnya Sunny menjelaskan bahwa dia pernah mendapatkan tote bag merek Tegel Kunci dari Dita. Dari pertemuan itu, Sunny mengetahui bahwa keluarga Dita adalah pemilik Tegel Kunci.

Dia juga sempat menceritakan kesan pertamanya ketika bertemu Dita. Awalnya dia tak tahu harus berekspektasi apa, namun setelah berbincang bersama, ternyata Sunny merasa nyambung dengan Dita. Menurutnya, Dita adalah orang yang sangat sangat baik. (Mela)


Photo Credit : Dita Karang (Foto Instagram : @dita.karang)


 

Bagikan Artikel
Advertisement
Click to comment

Musik

Festival Musik Rumah ‘Sederhana’ Kita Belajar Kebersamaan Melalui Musik

Published

on

By

Photo Credit : Petrus Briyanto Adi (berbaju putih), penggagas dan pengarah Festival Musik Rumah (FMR) dalam konfrensi pers di Jakarta Senin (9/7)/Doc/Telegraf

Telegraf – Festival Musik Rumah (FMR) adalah sebuah festival musik yang format sajian musiknya adalah live yang diadakan di rumah. FMR akan melibatkan 30 band hingga solois dari berbagai daerah bahkan negara, yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 19-21 Agustus 2022.

“Konser rumah menyajikan pengalaman yang khas dibanding bentuk live music lainnya. Di sana ada kehangatan, kekeluargaan, intim sekaligus apresiatif dan responsif seperti layaknya kita betah di suatu rumah. Tentunya banyak faktor yang menimbulkan fitur-fitur tersebut. Justru di Festival Musik Rumah inilah kita belajar dan bergotong royong untuk bisa merayakannya” ungkap Petrus Briyanto Adi (panggilan Adoy), penggagas dan pengarah Festival Musik Rumah (FMR) dalam konfrensi pers di Jakarta Senin (9/7).

Ia juga menjelaskan melalui ‘musik rumah’ sesungguhnya kita diajarkan bagaimana merawat gotong- royong dan kebersamaan melalui musik. Kita belajar dari musik, kita belajar dari rumah. Kita belajar dari kesederhanaan, kebersahajaan dan kerukunan dari musik dan juga dari rumah. Sebuah konsep partisipatoris yang meleburkan membumi antara musisi dengan para pencinta musik.

“Kami ingin FMR menjadi sarana belajar hidup bersama. Apa yang kami percaya penting untuk kita latih dan samakan semangatnya kita jadikan tema di setiap FMR. Tahun ini temanya adalah ‘sederhana,” tutur Adoy.

Dikesempatan yang sama Harry ‘Koko’ Santoso Pemerhati Musik mengatakan secara konsep sangat unik bahwa sebuah karya musik yang bagus bukan lahir dari konser -konser besar, atau dari hotel ke hotel, bahkan dari atas pesawat terbang. Tapi sebuah karya hebat musik lahir dari rumah – rumah yang membuat mereka tenang dan nyaman. Konser rumah ini secara positif akan menjadi sesuatu yang besar nantinya. Karena musik di tanah air butuh infrastruktur yang banyak.

Adoy menambahkan dari 30 yang akan berpartisipasi dalam FMR antara lain Jakarta tentunya Bandung (1), Salatiga (6), Selangor Malaysia (3), Phnom Phen Kamboja (3), Hamburg Jerman (1), Bali (2), Toraja (2), Lombok (1), dan Bogor (1).

Adoy menutup selain menjadi semangat bersama “sederhana” juga menjadi semacam panduan dalam berpartisipasi di dalam FMR2022. Bagaimana publik bisa turut menikmati FMR? Cara utama adalah dengan dating bertamu ke rumah-rumah konser di FMR2022 pada jadwal yang diumumkan. Namun jika tidak memungkinkan, konser-konser rumah ini dapat disaksikan liputannya / siaran langsungnya / dokumentasinya di kanal resmi FMR : http://festivalmusikrumah.id dan YouTube channel: Festival Musik Rumah.

Bagikan Artikel
Continue Reading

Musik

Prost Fest 2022 Local Pride for Music Festival in the Beach

Published

on

By

Photo Credit: Kaleb J salah satu musisi yang akan mengisi Prost Fest 2022/doc/PR Prost Fest 2022

Telegraf – Pelonggaran aturan pemerintah terkait Covid -19 mulai terasa, dunia musik semakin mengeliat setelah 2 tahun vakum, festival musik mulai bermunculan, mengawali bangkitnya musik Indonesia Prost Fest 2022 akan tampil selama dua hari.

Sederet musisi kenamaan dan musisi lokal bergabung dalam Prost Fest 2022 dengan mengambil konsep festival on the Beach yang akan berlangsung pada pada 13-14 Agustus 2022 di Pantai Mertasari, Sanur, Bali.

“Sebagai festival yang baru pertama kali diselenggarakan, Prost Fest 2022 ingin menjadi ajang unjuk talenta dan karya bagi para musisi Indonesia. Baik yang berskala Nasional maupun yang emerging new artists di industri musik Indonesia tanah air,” ungkap Muhamad Aldian, Program Director Prost Fest dalam konfrensi pers, di Jakarta Rabu (29/6).

Ia mengungkapkan musisi yang akan hadir antara lain Slank, Milledenials, Jason Ranti, Rub of Rub, Barasuara, Juicy Luicy, The Dare, Kaleb J, Shaggy Dog, Joni Agung & Double T, The Panturas, Rollfast, HIVI, The Adams, Navicula, The Hydrant, Ndarboy Genk, Nostress, Diskoria, Soulfood, Superman is Dead, Mahalini feat. dan juga Rizky Febian dan Manja juga akan mengisi di salah satu pangung Prost Fest 2022.

Totalnya akan ada 34 penampil! Mereka akan tampil di Prost Stage dan Singaraja Stage. Untuk Singaraja Stage, 70% – nya akan menjadi tempat bereksplorasinya para artist dan band local pride asli Bali. Ini adalah perwujudan dari salah satu misi Prost Fest 2022 yang ingin memperkenalkan talenta-talenta lokal Bali ke kancah yang lebih luas lagi.

Di kesempatan yang sama Bimbim, dedengkot sekaligus drummer Slank, mengatakan “Bali bisa jadi rumah kedua bagi kami, dan banyak karya-karya Slank terinspirasi dari sini.

“Tentu kita sangat dukung adanya gerakan untuk mempromosikan musisi-musisi lokal Bali terutama generasi muda dan baru muncul, untuk bisa tampil di skala yang lebih luas lagi. Makin banyak jam terbang dan kesempatan manggung di acara musik yang besar seperti salah satunya Prost Fest ini, semoga talenta mereka semakin terasah dan nama mereka semakin bersinar, akhirnya mampu bersaing di ranah musik nasional maupun internasional,” tuturnya.

Sementara itu Harianus Zebua selaku Head of Corporate and Marketing Communication OT Group, mengungkapkan Prost Fest 2022 adalah merupakan paket hiburan yang berkualitas sehingga sayang untuk di lewatkan.

“Bagi para festival goers, Prost Fest 2022 harus menjadi agenda yang wajib dikunjungi. Karena kami, telah menyiapkan sebuah paket hiburan yang berkualitas. Bukan hanya musik, tapi juga sebuah ekosistem ekonomi kreatif yang positif,” kata Harianus.

Untuk tiket sudah bisa di dapatkan melalui website www.prostfest.id. pukul 19:00 WIB hari ini (Kamis 30/6/22). Untuk indormasi hasil penjualan tiket Prost Fest 2022 sebagian akan didonasikan untuk pengembangan industri kreatif dan pariwisata di pulau Bali.

Bagikan Artikel
Continue Reading

Musik

Nagaswara Hadirkan Nagadigit, Dongkrak Penonton di Media Sosial

Published

on

By

Photo Credit : Hadir dalam peluncucan Nagadigit Rahayu Kertawiguna , Bimas Nurcahya, Bagus Trisakti, Hilkia Utomo, Fitri Carlina dan Mita The Virgin (Artis) /Doc/telegraf

Telegraf – Sebagai label musi di tanah air yang sudah menaungi berbagai kalangan artis, Nagaswara bekerjasama dengan Pragita Prabawa Pustaka dan Cerdas Solusi Indonesia meluncurkan inovasi baru multi chanel network (Nagadigit) yang berafiliasi dengan chanel chanel youtube.

Nagadigit diperuntukan untuk pencipta lagu, penyanyi dan aranger agar dapat akses di media sosial khususnya youtube agar viewer berkembang.

“Nagadigit adalah merupakan sebuah jaringan multi chanel yang berafiliasi dengan chanel chanel youtube. jadi disini kita memberikan layanan untuk pengembangan penonton,” tutur Rahayu Kertawiguna dalan peluncuran Nagadigit di Jakarta, Jum’at (24/6).

Ia mencontohkan siapapun yang apabila memiliki lagu ataukan akan mengcover lagu, dapat bergabung ke Nagadigit yang akan dibantu mengembangkan penontonynya di Youtube dengan cros promo antar chanel, baik talkshow, remik atau kompilasi dan sebagainya, dan yang menarik di Nagadigit Channel yang bergabung mendapatkan perlindungan dari para reuploader.

Hadir dalam peluncuran tersebut penyanyi Mita The Virgin yang ia sendiri memang sudah tergabung dalan naungan nagaswara, yang otomatis juga karya karyanya masuk dalam Nagadigit.

“Gabung dalam Nagadigit kita dapat perlindungan itu paling utama, karena sebagai pencipta lagu gak bisa ngontrol dimanapun orang pengen cover lagu aku, dengan bergabung di Nagadigit aku merasa tenang karena Nagadigit akan bisa mendeteksi siapa saja yang mengcover lagu ciptaanku,” ungkapnya.

Hal serupa juga di katakan pedangdut Fitri Carlina yang juga hadir dalam peluncuran, mengatakan bahwa sejak dirinya bergabung dengan Nagaswara, nama channel youtubenya selalu di cari masyarakat. Ia juga merasakan keuntungan manfaat yang kuar biasa baik untuk karirnya sebagai pedangdut dan pribadinya.

“Meski aku sudah bergabung di Nagaswara, channel aku pribadi selalu di cari dan ditanya-tanya channelnya apa. NagaDigit ini networknya aku perhatikan semakin berkembang dan lebih luas lagi, tak hanya di Indonesia bahkan sampai ke luar negri. itu yang aku rasakan,” kata Fitri.

Untuk informasi yang ingin bergabung bisa mendaftarkan diri melalui email di join@nagadigit.com dengan sebagai catatan, dan beberapa syarat.

Bagikan Artikel
Continue Reading

Musik

Don’t Kill Music Festival Yang Akan digelar Bebarengan Dengan Motocross Internasional MXGP

Published

on

By


Telegraf – Pandemi membuat seluruh kegiatan hiburan lumpuh, yang terbiasa manggung outdor tak bisa dilakukan. Bebarengan dengan MGXP event sport motocross tahunan, PT Rocket Motor Company, PT SEG (Samota Enduro Gemilang) menggelar festival DON’T KILL MUSIC 2022.

“Setelah 2 tahun kita dikurung, inilah saatnya dan bebarengan dengan event bertaraf internasional kita satukan panggung hiburan yang akan diselanggarakan 24-26 Juni di Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Karena musik menyatukan perbedaan yang ada juga kami menggandeng toko produksi seperti Mas Koko (Deteksi Production),” ujar Ivanka Slank selaku pengagas festival DON’T KILL MUSIC 2022, dalam jumpa pers di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan.

Dalam konser nanti Ivanka mengatakan ada 25 artis yang akan meramaikan konser tersebut, antara lain Slank, Denny Caknan Els Warouw dan Voice Of Baceprot, DON’T KILL MUSIC juga akan dimeriahkan oleh beberapa musisi luar negeri dari Asia dan Australia, DON’T KILL MUSIC juga akan mengandeng penyanyi penyanyi lokal.

Di kesempatan yang sama Bimbim salah satu personil Slank mengatakan, semoga festival ini bisa menjadi hiburan bagi masyarakat Sumbaawa dan menjadi moment untuk bangkit setelah tertutup pandemi.

“Semoga masyarakat dari pulau sebelah juga bisa nyebrang meramaikan festival nanti, dan semoga festival ini bisa membuka semua menyatukan antara musik dan Sport,” ungkapnya.

Diketahui MXGP (kejuaraan motocross dunia) adalah event sport motocross tahunan yang telah memasuki tahun ketiga belas Selama penyelenggaraannya di Indonesia. MXGP merupakan event bertaraf internasional karena melibatkan crosser – crosser dari berbagai negara yang akan bersaing menjadi yang terbaik dalam ajang olahraga bergengsi tersebut.

Bagikan Artikel
Continue Reading

Musik

Meidian “Bener Neng Matamu” Suka Dulu Baru Rilis Album

Published

on

By


Telegraf – Lagu koplo memang sedang menjadi lagu yang digandrungi oleh banyak orang. Melihat situasi tersebut Meidian salah satu aktor Indonesia yang sudah malang melintang di dunia sinetron dan FTV mencoba peruntungannya di dunia musik koplo.

“Sebelumnya aku sudah mengeluarkan 2 single album pop tapi belum rejeki, dan karena mungkin saingannya juga banyak,” ungkapnya dalam pres konfrens di bilangan jakart selatan, jumat (4/6).

Ia merilis single koplo tidak hanya melihat karena koplo sedang naik daun, tetapi ia mengaku bahwa senang dengan lagu koplo sejak lama. “Sejak Via Valen mempopulerkan lagu” sayang” aku langsung suka,” katanya.

Tidak mudah memang menyanyikan lagu berbahasa jawa, karena Meidian memang bukan asli Jawa melainkan Medan. Tantangan itu justru menjadi cambuk untuk bisa membawakan lagunya dengan luwes sehingga di terima di kalangan masyarakat.

Gerry Anaka sang pencipta lagunya mengatakan Bener Neng Matamu” memang sudah dibuat pada tahun 2021. lagu ini menceritakan tentang cinta yang bertepuk sebelah tangan, dimana seorang kekasih yang selalu berusaha memberikan kebahagiaan untuk pasangan nya, tetapi tidak pernah dihargai.

“Awalnya lirik musik ini berbahasa Indonesia, namun karena saya juga suka genre koplo dan dorongan dari tim lebel akhirnya diubah liriknya ke bahasa Jawa dengan arasemen musiknya mengusung dangdut koplo,” imbuhnya.

Bagikan Artikel
Continue Reading

Lainnya Dari Telegraf

close