MoU Bulog-ADDI Akan Turunkan Harga Daging Rp80 Ribu

MoU Bulog-ADDI Akan Turunkan Harga Daging Rp80 Ribu

"Kami memfasilitasi nota kesepahaman Bulog ADDI. Fasilitasi ini merupakan salah satu langkah konkret Kemendag untuk mendorong turunnya harga daging di pasar rakyat. Harga jual daging yang disepakati dalam nota kesepahaman tersebut maksimal sebesar Rp80.000/kg,"

MoU Bulog-ADDI Akan Turunkan Harga Daging Rp80 Ribu


Telegraf, Jakarta – Jelang natal dan Tahun Baru dimana kebutuhan pokok masyarakat kembali naik, khususnya Daging Kebutuhan utuk natal dan tahun baru semakin bertambah, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita,optimis harga dagingsapi  mengalami penurunan hingga level Rp80 ribu perkilo, sebagai dampak kerjasama yang dilakukan  dilakukan oleh Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) dan Asosiasi Distributor Daging Indonesia (ADDI).

“Kami memfasilitasi nota kesepahaman Bulog ADDI. Fasilitasi ini merupakan salah satu langkah konkret Kemendag untuk mendorong turunnya harga daging di pasar rakyat. Harga jual daging yang disepakati dalam nota kesepahaman tersebut maksimal sebesar Rp80.000/kg,” kata Enggar di kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (21/12).

Lebih lanjut Enggar menyatakan, ini merupakan upaya stabilisasi harga daging untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat. Dimana perum Bulog akan berperan sebagai penyedia stok daging dan ADDI sebagai pelaku distribusi.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan antara Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti dengan Ketua Umum ADDI Ahmad Hadi. Turut hadir pada acara tersebut Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Plt. Deputi Bidang Penegakan Hukum dan Direktur Direktorat Investigasi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Setya Budi Yulianto.

Mendag Enggar menegaskan, dalam nota kesepahaman disepakati bahwa Perum Bulog dan ADDI akan menyediakan dan mendistribusikan daging sapi untuk pasar rakyat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dengan harga tertinggi di tingkat konsumen sebesar Rp80 ribu/Kg.

“Diharapkan nota kesepahaman ini dapat memberikan dampak nyata turunnya harga di pasaran dan membantu masyarakat untuk memperoleh daging dengan harga yang terjangkau,” ujarnya. (Red)

Photo credit : Ist. Photo


KBI Telegraf

close