Moretrash, Aplikasi Pintar Mengubah Sampah Menjadi Uang

Menurut Devid Adi Surya selaku Founder dan CPO moretrash.id mengatakan melalui aplikasi ini kami berusaha memberikan pengalaman terbaik (best customer experience) dalam memilah dan membuang sampah secara mudah dan tepat.

Moretrash, Aplikasi Pintar Mengubah Sampah Menjadi Uang

Telegraf, Jakarta – Isu terkait penanggulangan sampah sudah sangat mengkhawatirkan di Indonesia ada 175.000 ton sampah yang dihasilkan setiap hari, itu besarnya sama seperti 650 kali pesawat Boeing 747. Seperti hal nya di Tangerang menurut Bupati Tangerang Ahmed Zaki dimana produksi sampah per hari mencapai 1.700 ton dengan kapasitas penampungan sampah sebanyak 900 ton. Di Tangerang Selatan Menurut Airin Rachmi selaku Walikota produksi sampah harian sendiri mencapai 1.000 ton dan itu sudah penuh sekali.

Solusi yang paling mudah untuk membantu menekan produksi sampah dari rumah yaitu dengan pemilihan sampah. Pemilihan bisa berhasil apabila di mulai dari sekarang dan dilakukan oleh seluruh anggota keluarga.

Akan tetapi masih banyak yang gagal karena tidak mengerti bagaimana caranya. Hal pertama yang mesti dilakukan dalam pemilihan sampah adalah dengan menyediakan dua tempat sampah, kemudian sampah dipisah  atau dipilah menjadi sampah basah ( organik ) dan sampah kering ( anorganik ).

Sampah basah atau organik meliputi sampah sisa makanan, kulit buah dan bahan-bahan lainnya. Tempat sampah basah sebaiknya ditaruh di dapur agar mudah diakses. Sementara itu, sampah kering atau anorganik dimasukan ke dalam tempat sampah kering walaupun jenis kategori sampah anorganik bermacam-macam seperti kertas, kardus, botol plastik, galon, kaleng, kipas, magicom paku dan lain-lain tapi sampah ini masih memiliki nilai jual untuk ditukar menjadi rupiah.

Setelah itu sampah kering atau anorganik bisa kalian bawa ke pengepul sampah kering terdekat atau apabila Anda tidak punya cukup waktu dan tidak tau dimana pengepul sampah kering terdekat bisa menggunakan aplikasi moretrash.id untuk menjemput sampah Anda dirumah dengan mudah dan tepat.

Menurut Devid Adi Surya selaku Founder dan CPO moretrash.id mengatakan melalui aplikasi ini kami berusaha memberikan pengalaman terbaik (best customer experience) dalam memilah dan membuang sampah secara mudah dan tepat.

Fitur di moretrash.id menjadi salah satu bentuk dukungan kami dalam mengurangi jumlah produksi sampah di Indonesia dengan mendukung trend eco-lifestyle di era digital. Kami percaya solusi pengelolahan sampah digital seperti moretrash.id, akan semakin banyak orang-orang lebih peduli terhadap lingkungan dan mau memilah sampah sebelum dibuang.

Fitur-fitur di moretrash.id tidak hanya membantu pengguna untuk membuang sampah menjadi rupiah, tapi memberi kemudahan bagi pemulung atau trash picker (sebutan moretrash.id) untuk mendapat lebih banyak sampah dan mengetahui letak sampah yang tersedia tanpa perlu capek keliling-keliling setiap waktu.

Kami juga berharap segera merilis fitur penjemputan dan pengelolahan sampah basah atau organik untuk diubah menjadi listrik (renewable energy) sehingga visi kami untuk mengelola sampah untuk tidak masuk lagi ke TPA (zero trash to landfill) dapet segera terwujud sehingga Indonesia menjadi negara bebas sampah berbasis teknologi. (red)



Komentar Anda