Mensos: Berkat PKH, 300 Ribu Warga Sudah Mandiri

"Kemarin, di Tegal ada 600 lebih masyarakat yang keluar. Di Kuningan kita bisa lihat sendiri dan salah satu itu (Wartinah) yang sudah sukses dengan usaha ciloknya,"

Mensos: Berkat PKH, 300 Ribu Warga Sudah Mandiri

Telegraf, Jakarta – Menteri Sosial (Mensos) Idrus Mahram mengatakan sampai saat ini sudah ada sebanyak 300 ribu lebih warga di seluruh Indonesia yang menyatakan diri keluar dari Program Keluarga Harapan (PKH).

“Tahun ini ada 300 ribu lebih masyarakat yang menyatakan diri keluar dari penerima bantuan PKH, karena mereka sudah mandiri dan mampu,” kata Mensos Idrus Marham di Kuningan, Jawa Barat, Jumat (27/04/18).

Keluarnya warga tersebut kata Idrus, sebagai bentuk suksesnya program yang digulirkan pemerintah, karena para penerima bisa mengolah bantuan tersebut untuk berwirausaha.

Seperti di Tegal Jawa Tengah tercatat ada lebih dari 600 warga yang keluar dan banyak daerah lain yang juga warganya sudah enggan menerima bantuan PKH.

“Kemarin, di Tegal ada 600 lebih masyarakat yang keluar. Di Kuningan kita bisa lihat sendiri dan salah satu itu (Wartinah) yang sudah sukses dengan usaha ciloknya,” ujarnya.

Menteri Idrus menjelaskan masyarakat yang secara sadar keluar dari penerima PKH atau berhasil keluar dari kemiskinan menunjukan peningkatan yang cukup signifikan.

Dan ini diakuinya sangat luar biasa, karena mereka bisa mandiri setelah dibantu oleh pemerintah melalui PKH ini.

Sementara itu salah seorang warga yang sudah keluar dari peserta PKH asal Kabupaten Kuningan, Wartinah (38) mengatakan awalnya memang dia merupakan salah satu penerima bantuan PKH.

Namun dengan berbekal bantuan yang diberikan, dirinya kemudian membuat usaha dengan berjualan cilok, dari modal awal Rp350 ribu, kini dia bisa menghasilkan omset kotor per hari Rp2,5 juta.

“Alhamdulillah saat ini saya malah mempekerjakan 16 orang dan saya sudah keluar dari PKH,” kata Wartini. (Red)


Photo Credit : Menteri Sosial (Mensos) Idrus Mahram katakan sampai saat ini sudah ada sebanyak 300 ribu lebih warga di seluruh Indonesia yang menyatakan diri keluar dari Program Keluarga Harapan (PKH). | Koes W. Widjojo

Share