Menpar: Garut Bisa Jadi Destinasi Wisata Unggulan

"Kalau di pariwisata itu mensejahterakan, maka kita (pemerintah) tidak akan terlalu banyak pidato, misal Bali ada cultural industry, tunjukan nilai komersialnya,"

Menpar: Garut Bisa Jadi Destinasi Wisata Unggulan

Telegraf, Bandung – Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya menyatakan, masyarakat Kabupaten Garut, Jawa Barat (Jabar), harus sadar wisata sebagai upaya memberikan keuntungan dan kesejahteraan dari sektor pariwisata.

“Masyarakat Garut harus sadar wisata, tingkatkan hospitality (keramahan),” kata Menpar saat menghadiri Gebyar Pesona Budaya Garut di Lapang Ciateul, Kabupaten Garut, Kamis (22/02/2018).

Arief menuturkan, pariwisata tentunya telah memberikan keuntungan bagi masyarakat, seperti yang telah terjadi di beberapa daerah lainnya di Indonesia. Menurutnya, jika pariwisata telah memberikan keuntungan bagi masyarakat tentunya akan terus dijaga bahkan ditingkatkan kesadaran wisatanya.

“Kalau di pariwisata itu mensejahterakan, maka kita (pemerintah) tidak akan terlalu banyak pidato, misal Bali ada cultural industry, tunjukan nilai komersialnya,” katanya.

Menpar menyampaikan, pihaknya terus berkomitmen membangun industri pariwisata di Indonesia, termasuk di Kabupaten Garut perlu terus dikembangkan agar memiliki daya tarik bagi wisatawan. Pemerintah daerah (Pemda) maupun masyarakatnya, harus sadar terhadap berbagai potensi daerahnya, kemudian dikembangkan menjadi destinasi wisata yang layak dikunjungi.

“Garut bisa saja jadi destinasi unggulan, acara ini bagus sebagai salah satu dari 100 top event nasional, Garut tidak banyak pilihan ekonomi jadi pariwisata harusnya jadi nomor satu,” katanya.

Menpar juga menyarankan kepada Pemda agar menangani masalah pungutan liar di kawasan wisata sebagai upaya menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan. “Penanganan pungli (pungutan liar) itu jadi tugas pemda setempat supaya diberantas, karena mengganggu wisatawan,” katanya. (Red)


Photo Credit : Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya menyatakan, masyarakat Kabupaten Garut, Jawa Barat (Jabar), harus sadar wisata. File/Dok/Ist. Photo

Share



Komentar Anda