Telegraf – Sebuah buku kecil berjudul Menembus Keterbatasan diserahkan oleh Ketua Umum PP Special Olympics Indonesia (SOina) Warsito Ellwein kepada Koordinator Pengembangan Koleksi, Direktorat Deposit dan Pengembangan Koleksi, Perpustakan Nasional, Republik Indonesia, Ramadhani Mubaroq, pada Jum’at (16/12/2022) petang.
Buku kecil itu merupakan kumpulan karya anak-anak bertalenta khusus, atau disabilitas intelektual, anggota SOina. Antologi yang terdiri dari limapuluh karya itu merupakan pertama karya tulis anak-anak bertalenta khusus yang tersimpan di sana. Sebelumnya disabilitas intelektual kesulitan untuk memenuhi kriteria untuk mendapatkan ISBN.
Para penulis berkisah tentang dirinya dan perjuangan mereka hingga dapat meraih penghargaan atas kemenangan di berbagai ajang perlombaan baik lokal maupun internasional. Salah satunya, Kemal M Rizky Avicenna bercerita dengan lancar, kemampuannya bermain bocce dan memainkan alat musik biola serta keikutsertaan dalam Special Olympics Indonesia sejak 2009.
Dalam tulisan berjudul “Biarkan Kami Menang dan Berani Untuk Mencobanya” mahasiswa program inklusi sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta ini, meminta dukungan pemerintah bagi para atlit berkebutuhan khusus. Perjalanan ataupun perjuangan para atlit, termasuk dirinya, untuk mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional bukan hal yang mudah.
Benar, Kemal adalah salah satu sosok anak bertalenta khusus yang mendapat dukungan penuh keluarga dan lingkungannya. Dia menjadi sosok yang tampil penuh percaya diri. Pada kesempatan penyerahan buku itu, Kemal tampil berduet dengan penyanyi Lisa Ariyanto menjadi Master of Ceremony.
Penulis lain Sthepanie Handojo lewat karangan berjudul “Prestasiku” tanpa malu bertutur kegiatannya selama masa pandemic. Dia tak lupa mencantumkan prestasinya sebagai peraih emas cabang olahraga renang di banyak kejuaran di berbagai negara. Penghargaan dari Kemenpora, 28 Oktober 2017, sebagai Atlet Berprestasi pun disebutkan bersama sederet penghargaan lain.
Beberapa penulis lain mengirimkan naskah menarik sebagaimana milik Kemal dan Sthepanie, namun kualitas secara umum tak merata. Karya lain ada yang pendek dan amat sederhana meskipun sang penulis punya prestasi yang mengagumkan di dunia internasional. Hal itu bisa dimengerti.
Kekhususan Anak
Sebagaimana disebutkan dalam pengantar buku ini merupakan pembuktian bahwa setiap anak hadir dengan kekhususan mereka. Keberterimaan orangtua dan keluarga adalah modal bagi anak bertalenta khusus atau disabilitas intelektual untuk berkembang. Bila mereka diberi kesempatan pasti bisa meraih prestasi mesti harus bergelut dengan keterbatasan.
Sudah pasti karya-karya tulis itu tak mudah dihasilkan mengingat keadaan para penulisnya.
Butuh sebuah proses berliku terhitung sejak para pengurus SOina menginisiasi kursus menulis itu. Menurut Herlina Kristianti, inisiator sekaligus editor, pada awalnya dia bertindak sebagai pembimbing. Lewat komunikasi siber, baik pertemuan via Zoom maupun WhatsApps, para peserta dibimbing untuk menuangkan ide secara tertulis.
“Ini tak mudah, karena ketika mereka mendengar kata prestasi saja sulit memahaminya,” ujarnya.
Untuk itu para pembimbing beserta orang tua yang menyertainya mencari jalan agar peserta bisa mengerti apa yang dimaksud dengan prestasi. Setelah berhasil barulah peserta bisa bertutur apa saja yang telah mereka capai selama ini dan bagaimana upaya atau perjuangan untuk mencapainya.
Butuh waktu tiga bulan bagi para peserta untuk menyelesaikan karyanya dan mengirim kepada editor. Tak semua bisa menyelesaikan dua topik yakni perjuangan meraih prestasi dan profil penulis sendiri. Hambatan teknis juga muncul. Tak semua memiliki komputer sehingga pembimbing memberi toleransi peserta menuliskannya pada kertas. Hasilnya dikirim lewat telepon pintar kepada editor. Sebagian lagi hanya bisa menuangkannya dalam gambar karena tidak mampu menulis.
Menurut Herlina para orangtua amat terkejut melihat hasil penerbitan buku ini. Kendati sejak awal mereka antusias membantu anak-anaknya untuk mengikuti kursus menulis, seperti hasil akhir tak pernah terbayangkan.
Tuntutan untuk bersabar dan mengerti kondisi peserta kursus amat tinggi mengingat kondisi pandemi yang juga mempengaruhi mental mereka.
“Kadang ada yang menghubungi kami lewat tengah malam, untuk menyampaikan idenya menulis,” ujar Herlina.
Pesan seperti itu, tentu mesti segera direspon agar idea itu tidak hilang. Koleksi baru Perpustakaan Nasional ini merupakan sesuatu yang istimewa. Para orangtua para penulis pun takjub.
Saat awal mendapat tawaran ikut kursus menulis mereka tak percaya anak-anak mereka akan mampu. Menulis dipandang sebagai aktifitas sulit dan hanya akan dapat dilakukan oleh orang-orang yang memiliki tingkat daya pikir yang tinggi. Sedangkan anak-anak mereka berada di posisi sebaliknya.