Mendagri Sudah Tentukan Pengganti Bupati Cirebon

"Begitu nanti ada pengumuman resmi KPK bahwa yang bersangkutan ditahan, maka agar tata kelola pemerintahan di Cirebon tidak berhenti kami sudah menunjuk Sekda Kabupaten Cirebon sebagai Plt karena wakil bupatinya mencalonkan diri sebagai anggota DPR,"

Mendagri Sudah Tentukan Pengganti Bupati Cirebon

Telegraf, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan telah menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Cirebon untuk menggantikan posisi Sunjaya Purwadi Sastra.

Sunjaya diketahui tertangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (24/10/18) malam.

Tjahjo mengatakan Kemendagri menyiapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon Rachmat Sutrisno sebagai pelaksana tugas (Plt) untuk mengisi kekosongan pemerintahan di Cirebon.

“Begitu nanti ada pengumuman resmi KPK bahwa yang bersangkutan ditahan, maka agar tata kelola pemerintahan di Cirebon tidak berhenti kami sudah menunjuk Sekda Kabupaten Cirebon sebagai Plt karena wakil bupatinya mencalonkan diri sebagai anggota DPR,” kata Tjahjo di Gedung 3 Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (25/10/18).

Pasca OTT Bupati Cirebon, kepemimpinan di Kabupaten Cirebon menyisakan Sekretaris Daerah sebagai pimpinan tertinggi di pemerintahan Kabupaten Cirebon.

Wakil Bupati Cirebon Tasiya Soemadi sebelumnya sudah terlebih dulu masuk penjara karena kasus korupsi. Tasiya ditangkap pada April 2018 lalu dalam kasus korupsi dana bantuan sosial tahun 2009-2012.

Sebetulnya sudah ada pengganti Tasiya, dimana dari PDI Perjuangan selaku partai pengusung menunjuk Selly A Gantina sebagai pendamping Sunjaya. Namun, sejak September 2018, Selly juga mengundurkan diri karena mencalonkan diri sebagai calon legislatif dan telah terdaftar di Daftar Calon Tetap (DCT) untuk Dapil 8 Jabar.

Tjahjo menegaskan Kemendagri akan mengumumkan Plt Bupati Cirebon ini setelah KPK resmi menetapkan tersangka terhadap Sunjaya.

Hingga saat ini Bupati Cirebon asal PDI-Perjuangan itu masih menjalani pemeriksaan intensif di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Red)


Photo Credit : Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Antara/Akbar Nugroho Gumay

 

Share



Komentar Anda