Melirik LMPV Murah Tapi Gak Murahan asal Negeri Tiongkok

Melirik LMPV Murah Tapi Gak Murahan asal Negeri Tiongkok

brand otomotif asal Tiongkok juga tertarik untuk memasarkan produknya guna menggempur pasar nasional.

Melirik LMPV Murah Tapi Gak Murahan asal Negeri Tiongkok

Telegraf, Jakarta – Berbicara tentang industri otomotif di Indonesia, memang cukup seksi bagi brand otomotif dunia. Bahkan brand otomotif asal Tiongkok juga tertarik untuk memasarkan produknya guna menggempur pasar nasional. Salah satunya yang sudah sering terdengar namanya, yaitu Wuling. PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) secara resmi menjadi anggota dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) sejak September 2016.

PT SGMW Motor Indonesia sendiri merupakan kolaborasi dari tiga pemegang saham utama, yaitu SAIC, General Motors, dan Guangxi Automobile. Tidak tanggung-tanggung, PT SGMW Motor Indonesia menggelontorkan investasi senilai USD 700 juta untuk pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Wuling Motors meluncurkan harga resmi dari LMPV Wuling Confero di Senayan City, Jakarta, awal Agustus 2017. Terdapat tiga varian yang ditawarkan, yaitu Confero dibanderol Rp 128,8 juta, Confero S C type seharga Rp 150,9 juta, dan Confero S L type senilai Rp 162,9 juta (on the road Jakarta). Dengan banderol harga tersebut, harga Confero bersenggolan dengan LCGC 7-seaters seperti duet Calya dan Sigra dan juga kelas LMPV seperti Xenia.

Bagaimana performa penjualannya? Berdasarkan data wholesales Gaikindo, selama September 2017, Wuling Confero terjual sebanyak 1.391 unit. Di saat yang sama, ‘kompetitor’ yang terlihat terancam memiliki performa yang lebih baik. Toyota Avanza terjual 8.083 unit, Toyota Calya terjual sebanyak 5.174 unit, Daihatsu Sigra terjual 3.878 unit, dan Daihatsu Xenia terjual 3.115 unit.

Dari segi penjualan mobil asal Tiongkok pada September 2017, Wuling Motors dengan Conferonya berada di peringkat ke-8 dengan penjualan 1.391 unit, berhasil mengalahkan Nissan (penjualan 1.173 unit) dan Datsun (penjualan 903 unit). Sayangnya, pada Oktober 2017, penjualan Wuling Confero menurun, dengan angka penjualan 903 unit.

Wuling Motors pun yang saat ini masih memutuskan untuk bermain di segmen LMPV dengan harga Rp 128,8 – 165,9 juta terlihat sangat tenang. Perlahan tapi pasti, kenaikan penjualan mobil mereka itu menunjukkan angka yang cukup positif. Sehingga pasar otomotif nasional kini tetap hidup. (Red)

Photo Credit : SGMW Motor Indonesia

A. Chandra S.

close