Maestro Musik Folk Leonard Cohen Tutup Usia

Maestro Musik Folk Leonard Cohen Tutup Usia

"Ayah saya meninggal secara tenang di rumahnya di Los Angeles dengan menyadari bahwa dia baru saja menyelesaikan salah satu rekaman terbaiknya."

Maestro Musik Folk Leonard Cohen Tutup Usia

Telegraf, Los Angeles – Penyanyi dan penyair berpengaruh asal Kanada, Leonard Cohen, tutup usia di umur 82 tahun. Kabar tersebut disampaikan oleh halaman resmi Leonard Cohen di Facebook hari ini sekitar pukul sembilan pagi Waktu Indonesia Barat.

Anak pertamanya, Adam, mengonfirmasi kepada Rolling Stone dalam sebuah pernyataan, “Ayah saya meninggal secara tenang di rumahnya di Los Angeles dengan menyadari bahwa dia baru saja menyelesaikan salah satu rekaman terbaiknya.” Ia melanjutkan, “Dia menulis sampai akhir hayatnya dengan humor uniknya.”

Leonard Cohen baru saja mengeluarkan album keempatbelas sekaligus terakhirnya pada pertengahan Oktober 2016. Album yang diberi judul You Want It Darker tersebut direkam awal tahun ini di kediamannya. Dalam sebuah wawancara bersama New Yorker Leonard Cohen mengatakan, “Saya sudah siap mati. Saya harap tidak terlalu tak nyaman. Cukup itu saja.”

Leonard Cohen adalah salah satu figur terpenting bagi musik folk Kanada. Pengaruhnya satu tingkat di bawah Bob Dylan dan setara Paul Simon juga Joni Mitchell. Vokal bass yang menghantui dengan gitar berdawai nilon yang berdenting pelan menjadi kekuatannya. Ditambah lirik yang membicarakan spiritualitas, seks, cinta dan benci, perang dan perdamaian, sampai ekstasi dan depresi.

Sejak kecil, beliau sudah banyak menulis lirik yang kemudian mengarahkannya berkarier sebagai penyair. Buku puisi Let Us Compare Mythologies dirilis pada 1956 selepas kelulusan kuliahnya. Setelahnya buku The Spice-Box of Earth yang dirilis pada 1961 menjadi bukunya yang pertama dirilis di Kanada melalui penerbitan McClelland & Stewart. Buku ini membuatnya dipuji sebagai suara baru dunia puisi Kanada.

Namun setelah merilis beberapa buku puisi dan novel, ia merasa kariernya stagnan. Pada 1967, Cohen pindah ke Amerika Serikat dan dengan cepat menjadi bagian dari kolektif Factory yang dibentuk oleh Andy Warhol. Album Songs of Leonard Cohen (1967) dan Songs from a Room (1969) menancapkan namanya sebagai bagian penting dari musik folk Amerika yang sedang berkembang.

Salah satu hit terbesar Leonard Cohen adalah “Hallelujah”, lagu folk yang kemudian lebih dikenal karena dibawakan ulang oleh mendiang Jeff Buckley. Lagu tersebut bahkan telah dinyanyikan oleh penyanyi berbagai generasi mulai dari sekaliber Bob Dylan hingga Pentatonix. (Red)

Foto : Sang maestro musik folk Leonard Cohen. | Reuters

 

KBI Telegraf

close