Macbook Pro Keluaran Terbaru Tidak Ramah Dengan Para Photografer

Macbook Pro Keluaran Terbaru Tidak Ramah Dengan Para Photografer

Telegraf, Jakarta – Setelah menamatkan fungsi lubang kabel 3,5 mm pada iPhone 7 untuk earphone, kali ini Apple menghilangkan keberadaan lubang SD Card di dua produk teranyar MacBook Pro.

Dari dua varian terbaru varian MacBook Pro, baik yang memiliki Touch Bar maupun yang tidak, yang baru diperkenalkan Kamis (27/10) kemarin tak satu pun slot SD Card ditemui.

Hal itu tentu akan menyulitkan fotografer atau siapa pun yang kegiatannya banyak melibatkan peran kamera.

Salah satu sebabnya adalah hampir semua kamera yang ada di pasar saat ini seperti Fujifilm, Sony, Nikon, Pentax, Olympus, dan banyak lainnya mengandalkan peran SD Card sebagai medium penyimpan foto.

Dalam riwayatnya Apple merupakan produsen komputer yang dikenal ramah dengan fotografer. Berdasarkan laporan The Verge, Apple berjasa besar setelah pertama kali mengangkat “derajat” komposisi warna pada monitor komputer.

Tak heran produk komputer Apple selama ini kerap dianggap lekat dengan kalangan fotografer dan videografer.

Namun sebenarnya tak hanya lubang SD Card yang ditinggalkan oleh Apple di MacBook Pro terbaru. Lubang lain seperti HDMI juga tak lagi bisa ditemukan. Otomatis hanya USB-C atau Thunderbolt 3 saja yang memungkinkan pertukaran data di MacBook Pro dapat terjadi.

Laporan yang sama juga menilai teknologi transfer data nirkabel dari kamera ke komputer masih jauh dari kata memuaskan. Itu sebabnya keputusan Apple tak mengikutsertakan SD Card dapat berakhir sebagai blunder.

Seperti diketahui sebelumnya, Apple hanya menyertakan tiga Thunderbolt USB-C di MacBook Pro. Keputusan tersebut mengakibatkan hilangnya lubang Power, Thunderbolt, USB, DisplayPort, HDMI, dan VGA port.

Meski demikian ada satu kejutan lain yang diberikan Apple melalui produk terbaru mereka yaitu bertahannya lubang audio jack 3,5 mm. Tak seperti di iPhone 7, Apple justru tetap setia dengan konektor 3,5 mm di laptop yang berbanderol Rp19,5 juta – Rp22 juta itu. (red)

Foto : Apple MacBook Air and MacBook Pro 2016. | Reuters

KBI Telegraf