Layani Transaksi Generasi Digital, BNI Keluarkan Cinta

Layani Transaksi Generasi Digital, BNI Keluarkan Cinta

“BNI senantiasa berinovasi dengan teknologi terkini dan membuka lebar peluang kolaborasi dengan fintech/startup. Cinta adalah Intelligent Advisor yang merupakan hasil kolaborasi antara BNI dengan startup AI BJTech, yang dipersembahkan bagi masyarakat luas demi kemajuan bangsa dan menghadapi tantangan revolusi industri ke 4,"

Layani Transaksi Generasi Digital, BNI Keluarkan Cinta


Telegraf, Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI meluncurkan channel baru berbasis chatting dengan nama “Cinta”, singkatan dari Chat with your INTelligent Advisor. Dengan kata lain Cinta adalah AI chatbot atau intelijensia buatan yang digunakan BNI untuk melayani generasi digital dalam melakukan transaksi perbankan

SEVP Teknologi Informasi BNI Dadang Setiabudi menambahkan, Cinta memiliki kemampuan mempelajari dan menganalisa perilaku pengguna aplikasi chat, sehingga dapat mengerti keinginan penggunanya.

Cinta dapat memberikan penawaran produk, transaksi, dan program promo yang sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan masing-masing pengguna.

Cinta memanfaatkan budaya chatting yang sudah akrab dengan masyarakat sebagai alat utama untuk melakukan transaksi perbankan. Teknologi chatbot yang dilengkapi oleh natural language processing (NLP), membuat Cinta dapat bercakap dengan bahasa kasual sehingga masyarakat merasa seperti sedang chatting dengan manusia.

“Cinta juga memberikan kemudahan akses perbankan bagi masyarakat, tanpa ribet, yaitu cukup dengan menambahkan BNI Cinta sebagai teman melalui aplikasi pesan (aplikasi chatting). Harapannya, semakin banyak dan luas masyarakat yang mendapatkan layanan informasi serta bertransaksi perbankan di BNI dengan adanya kemudahan akses melalui Cinta ini,” ujar Dadang di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (04/03/2018).

Saat ini Cinta hadir di beberapa aplikasi chatting terpopuler, yaitu Facebook messenger (FBM) dengan nama BNI CINTA, di Twitter dengan nama @bni_cinta, dan di LINE dengan nama BNI CINTA (profile ID @bnicinta). Adapun fiturnya adalah informasi seputar produk layanan BNI, program promosi BNI, locator (ATM, Cabang BNI dan Agen 46).

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara mengatakan, ke depan sebaiknya dibuka peluang untuk menggunakan aplikasi chatting yang diciptakan oleh anak negeri atau anak-anak muda berbakat dan kreatif asli Indonesia.Tidak menutup kemungkinan penggunaan aplikasi Cinta untuk menjawab pertanyaan pengguna yang memakai bahasa daerah di Indonesia.

Sementara itu, GM Divisi E-banking BNI Anang Fauzie mengatakan, fitur ini akan segera dikembangkan dengan pelayanan perbankan seperti pembukaan rekening, pembayaran atau pembelian, akses layanan permodalan bagi usaha kecil dan menengah, serta produk layanan lain seperti asuransi, kartu kredit, dan pinjaman konsumer. Cinta juga terintegrasi dengan Yap! dan channel digital BNI lainnya seperti Mobile Banking, BNI contact center, Agen46, dan ATM.

“BNI senantiasa berinovasi dengan teknologi terkini dan membuka lebar peluang kolaborasi dengan fintech/startup. Cinta adalah Intelligent Advisor yang merupakan hasil kolaborasi antara BNI dengan startup AI BJTech, yang dipersembahkan bagi masyarakat luas demi kemajuan bangsa dan menghadapi tantangan revolusi industri ke 4,” jelasnya.

Anang menuturkan, tren industri keuangan global sudah memasuki era industri keuangan 4.0 (Banking 4.0). Presiden Jokowi meminta perbankan Indonesia segera beradaptasi terhadap perkembangan industri tersebut yang serba digital.

“BNI melihat trend dan tantangan tersebut di atas sebagai peluang dan menyiapkan berbagai servis digital. Sebelumnya BNI telah meluncurkan Yap! (dompet elektronik dengan tiga pilihan sumber dana) dengan media QR code sebagai media transaksi yang mudah dan murah,” imbuhnya.

Chatbot merupakan program komputer yang dapat berkomunikasi dalam format percakapan. Program ini dirancang untuk dapat menyimulasikan bagaimana manusia akan saling merespon dalam suatu percakapan.

Artificial intelligence (AI) adalah merupakan kecerdasan buatan yang ditambahkan pada suatu sistem yang bisa diatur dengan formula sesuai dengan kebutuhan. AI ini juga merupakan learning machine yang mampu melakukan analisa perilaku orang yang berhubungan dengannya. AI ditanam di dalam chatbot, sehingga dalam berkomunikasi chatbot dapat mengenali profile pengguna dan mengarahkan percakapan sesuai profiling-nya. (Red)


Photo Credit : PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI luncurkan aplikasi channel baru berbasis chatting yaitu (Cinta) Chat with your INTelligent Advisor. | Techinasia

KBI Telegraf

close