Lantik Pengurus Baru, Kemenpora dan SOina Siap Jadi Tuan Rumah SOWSG

Oleh : Indra Christianto

Telegraf – Pengurus Pusat Special Olympics Indonesia (SOina) periode 2023-2027 secara resmi dikukuhkan Menpora Dito Ariotedjo di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jakarta, Senin (18/12/2023) siang.

Kepengurusan periode ini kembali dipimpin oleh Ketua Umum Warsito Ellwein yang kembali terpilih dalam Musyawarah Nasional November 2023 di Jakarta.

Dalam kesempatan pengukuhan itu Menpora mengingatkan tugas berat para pengurus di seluruh Indonesia akan tugas-tugas yang akan segera dihadapi. Hal itu terutama untuk mewujudkan tawaran menjadi tuan rumah Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2027. Berbagai hal mesti disiapkan semenjak sekarang agar keinginan itu dapat terujud.

“Perlu saya sampaikan di sini bahwa 2 pekan lalu saya sudah membicarakan agenda Kemenpora bersama SOina ini dengan Bapak Presiden,” kata Dito kepada seluruh jajaran pengurus yang dilantik.

Untuk mendukung hal itu pihak Kemenpora pun juga menyiapkan diri.

“Saya minta kepada deputi III bidang Prestasi Olahraga untuk mensetarakan PP SOina dengan National Paralympics Committee (NPC),” ujarnya.

Hal itu diyakini Menpora akan memberi kesempatan lebih luas kepada para atlit bertalenta khusus, atau difabelitas intelektual untuk ikut berkarya bagi kemajuan bangsa.Pernyataan itu langsung disambut tepuk tangan meriah seluruh jajaran pengurus baru PP SOina yang dilantik.

“Ini merupakan tantangan dan dukungan yang luar biasa dari pak Menteri bagi kami di SOina,” kata Ketua Umum PP SOina Warsito Ellwein.

Warsito memandang langkah mensejajarkan SOina dan NPC merupakan dukungan sepenuhnya dari pemerintah bagi anak-anak bertalenta khusus yang ada di seluruh Indonesia. Mereka memang butuh kesempatan untuk berkembang lebih jauh seiring dengan tekad Indonesia untuk mewujudkan inklusi dalam kehidupan bernegara.

Kesempatan menjadi tuan rumah pertama kali didapatkan saat delegasi Indonesia yang terdiri dari Menpora dan Pengurus PP SOina bertemu dengan jajaran Pengurus Special Olympics International di Hotel Hilton Berlin, Jerman, Juni 2023. Dalam pertemuan itu CEO Special Olympics International menawarkan kesempatan kepada Indonesia untuk mengambil kesempatan menjadi tuan rumah Special Olympics World Summer Games.

Lainnya Dari Telegraf


 

Copyright © 2024 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved. Telegraf may receive compensation for some links to products and services on this website. Offers may be subject to change without notice. 

Telenetwork

Kawat Berita Indonesia

close