Kunjungi Imos, Jokowi Berikan Apresiasi Industri Motor Dalam Negeri

Kunjungi Imos, Jokowi Berikan Apresiasi Industri Motor Dalam Negeri

"Saya kira ini sesuatu yang bagus sekali. Bisa ekspor sebanyak itu. Kedua yang paling penting local content hampir rata-rata sudah di atas 90 persen. (Sampai) 95-97 persen. Saya tanya tadi, hampir 45 negara yang sudah dimasuki oleh produk sepeda motor kita. Ini bagus sekali,"

Kunjungi Imos, Jokowi Berikan Apresiasi Industri Motor Dalam Negeri


Telegraf, Jakarta – Pameran Indonesia Motorcycle Show (Imos) 2018 tengah berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun hadir mengunjungi helatan pameran otomotif nasional tersebut, Sabtu (03/11/18).

“Saya ingin melihat progres kemajuan di bidang produksi sepeda motor. Sekarang produksi nasional kita sudah 6,5 juta sepeda motor. Hampir 600.000-an itu ekspor. Ini yang bagus,” katanya pada media.

Selama berkeliling melihat stand dan sempat menaiki beberapa motor, Jokowi didampingi oleh panitia Imos, Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

“Saya kira ini sesuatu yang bagus sekali. Bisa ekspor sebanyak itu. Kedua yang paling penting local content hampir rata-rata sudah di atas 90 persen. (Sampai) 95-97 persen. Saya tanya tadi, hampir 45 negara yang sudah dimasuki oleh produk sepeda motor kita. Ini bagus sekali,” terangnya.

Tak hanya motor sport yang mencuri perhatian Jokowi, beberapa motor gaya klasik juga tak lepas dari perhatiannya. Terlihat Jokowi kembali tergoda untuk naik ke sepeda motor Royal Enfield yang memiliki tampilan klasik namun dirancang sebagai motor adventure.

Jokowi datangi IMOS

Jokowi sendiri merupakan presiden Indonesia yang sering memperlihatkan hobinya naik sepeda motor. Bahkan dalam menjalankan tugas kenegaraannya, Jokowi juga pernah menggunakan sepeda motor custom miliknya sendiri.

Seperti melakukan peninjauan kerja ke Sukabumi, dimana Jokowi menggunakan sepeda motor custom yang dibelinya dari modifikator tanah air. Motor gaya chopper dengan warna emas tersebut dirancang khusus sesuai dengan postur Jokowi, dan menggunakan basis dari model Royal Enfield.

Selain itu, Jokowi juga tengah membangun motor jenis tracker menggunakan basis sepeda motor Kawasaki W175. Sepeda motor ini menggendong mesin berkapasitas 177cc single, W175 mampu menyemburkan torsi hingga 13,2 Nm pada 6.000 RPM. Kekuatan maksimalnya pun mampu mencapai 9,6 kW (13 PS) pada 7.500 RPM.

Presiden mengaku hanya memegang beberapa sepeda motor yang dipamerkan. “Hanya pegang-pegang saja. Masa enggak boleh,” ungkap Jokowi ketika ditanyakan oleh para awak media soal apakah ada sepeda motor yang dibeli olehnya.

Jokowi menambahkan, dirinya baru membeli sepeda motor sekitar 3 minggu lalu. “Cuma belum keluar. Ya motor sepeda motor. Nanti suatu saat akan keluar,” pungkasnya. (Red)


Photo Credit : Presiden Joko Widodo dalam gelaran IMOS 2018. FILE/Dok/Ist. Photo

KBI Telegraf

close