Kunjungan Presiden Afrika Selatan di Kediaman Megawati Dihadiri Ahok-Djarot

"Kami sangat menaruh perhatian terhadap partai, karena bagi kami partai berperan besar terhadap pemerintahan. Kami membahas soal pemerintahan, ekonomi, apa yang dapat kita lakukan untuk mempererat hubungan dan juga hubungan partai,"

Kunjungan Presiden Afrika Selatan di Kediaman Megawati Dihadiri Ahok-Djarot


Telegraf, Jakarta – Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengunjungi presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Rabu, (08/03/2017).

Dalam pertemuan tersebut, Megawati didampingi oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dan beberapa pengurus partai serta pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat.

Sementara Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma datang bersama beberapa menteri, termasuk menteri pertanian, menteri kehutanan, dan menteri perindustrian.

Setelah melakukan pertemuan tertutup selama sekitar satu jam hingga pukul 12.15 WIB dengan Presiden Afrika Selatan, Megawati menjelaskan bahwa kunjungan Presiden Zuma itu merupakan kunjungan balasan.

Megawati menuturkan bahwa ketika menjabat sebagai Presiden dia mengunjungi Afrika Selatan dan  bertemu dengan Thabo Mbeki yang ketika itu menjadi presiden serta mantan Presiden Nelson Mandela.

“Kunjungan Presiden Afrika Selatan saat ini adalah kunjungan yang bukan bicara dari negara ke negara, tapi kunjungan pada level yang lain,” katanya.

Megawati menambahkan bahwa dia dan Presiden Zuma membicarakan kerja sama antara PDI Perjuangan dan ANC, partai Jacob Zuma.

Pada forum tersebut, Megawati menjajaki kerja sama antara PDIP dengan partai yang menjadi kendaraan Zuma. “Dalam kapasitas Ibu Mega sebagai ketua partai, tentu saja ada kerja sama antarparpol juga akan didorong” ungkap Hasto.

Zuma pun menyatakan rasa bahagianya dapat berkunjung ke Indonesia yang menurutnya telah lama menjalin kerja sama dengan negaranya.

Baca Juga :   Banyak Yang Takut, Sudah 6.029.941 Orang Divaksin Covid-19

Secara khusus, Jacob mengatakan kunjungannya ke kediaman Ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri karena menurutnya Megawati berperan dalam sejarah negara, sebelum ia kembali ke negaranya usai menghadiri acara Indian Ocean Rim Association (IORA).

“Kami menyampaikan rasa terima kasih dan hormat kepada Ibu Megawati, karena ia masih berkontribusi terhadap sejarah negara,” kata Jacob.

Jacob mengaku bahwa pertemuannya dengan Presiden kelima RI tersebut untuk membahas masalah pemerintahan serta ekonomi.

“Kami sangat menaruh perhatian terhadap partai, karena bagi kami partai berperan besar terhadap pemerintahan. Kami membahas soal pemerintahan, ekonomi, apa yang dapat kita lakukan untuk mempererat hubungan dan juga hubungan partai,” jelasnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama satu jam tersebut juga dihadiri oleh pasangan calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat dan sejumlah Menteri dari Afrika seperti Menteri Perikanan, Kehutanan, dan Pertanian. (Red)

Photo credit : Antara/Aprillio Akbar


KBI Telegraf

close