Komisioner Ditangkap Polisi, KPU Pastikan Pilkada Tidak Terganggu

"Saya kira enggak ada masalah, nggak ada dampak sama sekali, kami tetap kerja sesuai undang-undang yang ada, sesuai tupoksi kita, walau ada satu komisioner diduga terima suap dari salah satu bakal paslon,"

Komisioner Ditangkap Polisi, KPU Pastikan Pilkada Tidak Terganggu

Telegraf, Jakarta – Komisioner KPU Ilham Saputra menegaskan bahwa penangkapan komisioner KPU Garut Ade Sudrajat tidak akan berdampak pada tahapan Pilkada 2018 di Kabupaten Garut. Menurut Ilham, tahapan pilkada akan berjalan seperti biasa dan sesuai dengan yang sudah diatur.

“Saya kira enggak ada masalah, nggak ada dampak sama sekali, kami tetap kerja sesuai undang-undang yang ada, sesuai tupoksi kita, walau ada satu komisioner diduga terima suap dari salah satu bakal paslon,” ujar, Minggu (25/2/2018).

Ilham mengatakan bahwa pihaknya sudah menghubungi KPU Provinsi Jawa Barat terkait kasus penangkapan ini. KPU Jabar, kata dia membenarkan adanya penangkapan tersebut terkait kasus suap untuk meloloskan salah satu bakal calon di Pilkada Garut.

“Agar memudahkan pihak kepolisian melakukan proses hukum, sebab kan ini juga mengusung asas praduga tak bersalah, dan teman-teman ini kan baru menjadi tersangka, kami akan melakukan pemberhentian sementara agar nanti proses hukumnya berjalan lancar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ilham mengakui bahwa kasus penangkapan tersebut bisa membuat kepercayaan publik terhadap penyelenggara bisa menurun. Apalagi, kata dia, KPU sedang menggalakkan penyelenggara yang profesional, berintegritas, netral dan transparan.

“Kami sedang menegaskan bahwa kami (KPU) adalah penyelenggara yang profesional, yang berintegritas. Jadi sekali lagi ini adalah pukulan bagi kami,” katanya.

Agar kasus suap seperti ini tidak terjadi lagi ke depannya, Ilham berharap penyelenggara bekerja sesuai tupoksi dan peraturan yang berlaku.

“Ya harus jalankan tugas sesuai tupoksi kita, sesuai undang-undang dan jangan lakukan pelanggaran dan bekerjalah dengan integritas dan profesional,” pungkasnya. (Red)


Photo Credit : Komisioner KPU Ilham Saputra tegaskan bahwa penangkapan komisioner KPU Garut Ade Sudrajat tidak akan berdampak pada Pilkada 2018 di Kabupaten Garut. | File/Dok/Ist. Photo

Tanggapi Artikel