Ketua Umum PAN Angkat Bicara Soal Intimidasi di CFD

"Kita tidak melawan orang lain. Jangan sampai pengalaman Pilgub DKI itu (terulang karena) meninggalkan luka yang dalam. Nah ini pilpres jangan sampai begitu juga, kan kita tetap berkawan, bersahabat, kita tetap Indonesia,"

Ketua Umum PAN Angkat Bicara Soal Intimidasi di CFD

Telegraf, Jakarta – Ketua Umum MPR, Zulkifli Hasan mengimbau agar intimidasi tidak terjadi dalam masa-masa kontestasi pemilihan umum (pemilu) seperti ini kendati perbedaan pendapat dan dukungan dinilainya biasa dalam berdemokrasi.

“Itu kan biasa ada yang dukung A dan B, dalam kontestasi kan biasa, yang penting jangan saling intimidasi, jangan saling mengklaim yang terbaik saya, kamu yang terjelek,” ujar Zulkifli di Gedung DPR/MPR, Senin (30/04/18).

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PAN itu terkait dengan viralnya sebuah video yang menunjukkan adanya intimidasi dari warga ke warga lainnya, terkait dengan perbedaan dukungan kepada calon presiden (capres) yang akan berkontestasi di Pemilu 2019 yang terjadi di area Car Free Day (CFD) di Jakarta, Minggu (30/04/18).

Ia juga meminta kepada masyarakat agar menyampaikan aspirasi dengan tertib dan damai tanpa menghalalkan segala cara, terlebih merusak persatuan. Menurutnya, jika di pemilihan presiden ada dua kandidat, maka mereka yang berkontestasi itu juga masih sama-sama anak negeri.

“Kita tidak melawan orang lain. Jangan sampai pengalaman Pilgub DKI itu (terulang karena) meninggalkan luka yang dalam. Nah ini pilpres jangan sampai begitu juga, kan kita tetap berkawan, bersahabat, kita tetap Indonesia,” terangnya.

Ia juga menilai, sedianya CFD harus bebas dari ajang politik apapun, termasuk kampanye politik. Namun jika untuk menyampaikan aspirasi dengan tetap menjaga agar tidak membuat rusuh dinilainya masih diperbolehkan.

“Yang paling penting menurut saya, jangan sampai merah putih ini koyak, jangan sampai persatuan ini pecah. Ada cara yang terhormat tidak perlu harus saling menghabisi satu dengan yang lain,” papar Zulkifli yang menjadi ketua umum PAN menggantikan Hatta Rajasa ini. (Red)


Photo Credit : Ketua Umum MPR, Zulkifli Hasan mengimbau agar intimidasi tidak terjadi dalam masa-masa kontestasi politik. | Antara

 

Tanggapi Artikel